pengertian microsoft word dan fungsinya untuk pengguna

pengertian microsoft word dan fungsinya untuk pengguna

kanglukman.orgpengertian microsoft word dan fungsinya untuk pengguna – pada saat ini hampir seluruh merk komputer ataupun laptop menggunakan microsoft word sebagai aplikasi pengolah kata.

microsoft word adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang sangat populer dan banyak digunakan diseluruh dunia pada saat ini. sebuah aplikasi yang dikembangkah oleh perusaan raksasa Microsoft.

menurut saya pribada, pengolah kata keluaran microsoft ini sangat mudah dipergunakan untuk keperluan tugas seperti membuat makalah, membuat surat dan lain sebagainya. dibandingkan pengolah kata lainnya, microsoft word saya nilai lebih unggul dalam berbagai hal, walaupun tidak semuanya.

Dalam sejarah perkembangan microsoft office ini, banyak mengalami versi atau update terbarunya, sampai yang update terakhir adalah microsoft office 2013, berikut adalah beberapa versi microsoft dari awal kemunculannya sampai sekarang : Ms office 1998, office 2003, office 2007, office 2010, dan office 2013.

Sejarah Microsoft Word Microsoft Word

pada 25 oktober 1983, microsoft mengeluarkan atau memperkenalkan microsoft word kepada masyarakat umum untuk pertama kalinya di PC. pada saat itu pengolah kata masih di dominasi oleh wordstar dan wordperfect.

pada masanya saat itu, microsoft word sudah menawarkan sesuatu yang baru dari program pengolah kata, yakni adalah satu – satunya pengolah kata yang bisa menampilan cetak temal dan cetak miring.

Pada tahun 1987, versi Word for Macintosh, Word 3.0 dirilis. versi microsoft word yang dirilis ini menawarkan banyak fitur yang mengunggulkan produk mereka dibandingkan yang lainnya, tetapi meskipun banyak menawarkan fitur yang banyak, versi ini memiliki kekurangan, yakni banyaknya celah atau bug.

menanggapi programnya banyak memiliki bug, pihak microsoft meresponnya dengan cukup sigap, selang beberapa bulan kemudian, purusahaan raksasa tersebut mengupdate versi yang baru, yakni microsoft word 3.01 yang di klaim lebih stabil dari pendahulunya.

sejarah perkembangan microsoft word terus berlanjut, pada tahun 1989, microsoft kembali merilis updaten terbarunya, yaitu word 4.0. pada versi ini microsoft mengalami sukses besar dan juga versi ini sangat stabil dibandingkan versi sebelumnya.

pada tahun selanjutnya, microsoft kembali membuat sebuah terobosan besar dalam dunia pengolahan kata, yakni dengan menerbitkan sebuah pengolah kata untuk windows, yakni microsoft windows 3.0, microsoft untuk windows ini di bandrol dengan harga US$500. penjualan microsoft word menuai sukses yang besar dan mulai menguasai pasar dunia hingga saat ini.

versi terbaru dari Microsoft Word adalah Microsoft Word 2013, menggantikan versi pendahulunya word 2007 dan word 2010. pada versi word 2013 ini di klaim memiliki user interface sangat baik dari pendahulunya, dan juga fitur terbarunya yakni SkyDrive. keunggulan skydrive adalah kita bisa menyimpan data file secara online, penyimpanan data file secara online dapat membantu kita mengakses file dengan mudah.

Cara Membuka Microsoft Office Word 

cara pertama

  • Klik tombol start yang ada di task bar
  • klik tombol all program
  • cari folder microsoft office
  • lalu double klik pada microsoft word

cara kedua

  • klik start pada task bar
  • lalu ketik di pencarian ” microsoft word ” atau tulis “word ” saja

Fungsi Menu Toolbar

Bagian-bagian Toolbar Terdiri Dari :

  • Title Bar adalah nama lembar kerja yang sedang digunakan.
  • Menu bar terdiri dari beberapa bagian menu yang merupakan kelompok dari perintah word yang terdiri dari Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review dan View.
  • Ruler line adalah baris yang mengatur penghentian  tabulasi dan batas pengetikan dilayar serta pengaturan paragraf.
  • Scroll Bar berfungsi untuk menggulung layar keatas dan kebawah.

Fungsi Microsoft Word

sebagai sebuah aplikasi pengolah angka, microsoft word memilik banyak fungsi untuk menunjang banyak kemudahan untuk penggunanya yang diantaranya dapat kita lihat sebagai berikut :

  • membuat sebuah surat
  • membuat sebuah tabel
  • membuat sebuah tulisan dengan berbagai variasi (word Art)
  • memasukan sebuah gambar
  • membuat sebuah dokumen

Manfaat Microsoft word

microsoft word telah membantu jutaan orang dalam menyelesaikan tugas, baik itu oleh siswa, karyawan maupun hanya sekedar belajar, fungsi microsoft word sebagai pengolah kata sangat berguna untuk mempermudah pekerjaan manusia. berikut adalah beberapa manfaat microsoft word bagi penggunanya :

memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan

manfaat microsoft word yang pertama adalah untuk menyelesaikan pekerjaan, kebanyakan dari kita banyak menggunakan microsoft word untuk menyelesaikan suatu pekerjaan seperti membuat dokumen, surat dan lain sebagainya.

dengan adanya microsoft word yang memiliki fungsinya sebagai pengolah kata ini, kita dapat menyesuaikan lembar kerja, tulisan dan ukuran fonnya selsuai dengan selera kita, tidak hanya itu kita juga dapat memperbaiki tulisan apabila ada kesalahan sebelum di cetak.

Menghemat Waktu dalam Pekerjaan

secara umum, microsoft word bagi sebagian orang dapat menghemat waktu, contohnya dalam microsoft word terdapat sebah fitur yang bernama mail marge yang berfungsi untuk membuat surat massal. bisa dibayangkan apabila kita membuat 1000 surat dengan sistem mengetik satu demi satu, tentunya microsoft word lebih efesien dan menghemat waktu.

Menghemat Kertas dan Biaya.

Di dalam fungsi microsoft word , setelah mengetik atau membuat sebuah dokumen, kita bisa save file ke dalam komputer kita, tidak harus di cetak, kita dapat menyimpannya dulu baru mencetak apabila di perlukan.

jadi otomatis apabila hal tersebut dilakukan maka akan menghemat pemakaian kertas dan biaya juga, apalagi pada jaman sekarang sudah sisitim online, kita dapat saling berbagi dokumen lewat online, tidak perlu di cetak.

Kelebihan Microsoft Word

  •  interface yang terdapat pada microsoft word ini sangat bersahabat bagi penggunanya.
  • dapat memilih format penyimpanan dokumen
  • terdapat banyak pilihan template lembar kerja.
  • terdapat banyak jenis font yang memanjakan pengguna
  • terhubung denganskydrive
  • mempunyai interface printview dan reading view.

Kekurangan Microsoft Word

  • harga dari microsoft word ini tergolong mahal untuk yang orinya (kecuali bajakan).
  • memakan ruang hardisk yang lumayan besar.

sumber:http://www.kanglukman.org/2015/09/pengertian-microsoft-word-dan-fungsinya.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: