Sel Hewan

Sel Hewan: Struktur dan Fungsi Organel Sel Hewan

Sel hewan adalah sel eukariotik yang tidak memiliki dinding sel serta kloroplas. Sel hewan berbeda dengan sel tumbuhan yang juga merupakan sel eukariotik dari segi dinding sel yang menjaga integritas serta menjaga bentuk sel tumbuhan, oleh karena itu sel hewan memiliki variasi dalam bentuk bahkan dapat bersifat elastis contoh sel penyusun kulit manusia. Sesuai dengan namanya, sel hewan adalah sel yang menyusun jaringan jaringan pada tubuh hewan atau dapat pula menjadi sebagai organisme seluler seperti pada protozoa. Selain perbedaan fundamental diatas seperti dinding sel dan kloroplas, masih ada beberapa hal yang menjadi perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan yang sekaligus menjadi ciri khas dari sel hewan. Berikut beberapa ciri khas sel hewan.
  1. Memiliki lisosom dan vakuola, apabila memiliki vakuola akan sangat kecil bahkan tidak ada.
  2. Memiliki organel mitokondria sebagai satu satunya organel penghasil energi, akan tetapi jumlahnya lebig banyak.
  3. Jumlah atau area Retikulum Endoplasma sel hewan lebih luas dari sel tumbuhan.
  4. Sel hewan memiliki sentrosol yang bersentriol.
  5. Sel hewan memiliki matriks ekstraselular (MES) yang berada diatas membran sel hewan.
  6. Sambungan sel hewan terdiri atas 3 jenis yaitu ketat, demosom, dan sambungan celah pada sel hewan.
  7. Berbeda dengan sel tumbuhan, pembelahan sel hewan tidak memerlukan adanya pembentukan lempeng sel pada saat telofase, dengan bantuan sentrosol bersentriol.
  8. Dalam mencari makanan atau sumber nutrisi, sel hewan bersifat heterotrof.
Berdasarkan penjelasan diatas, mari kita beranjak ke pertanyaan Bagaimana struktur sel hewan?Atau Seperti apa struktur sel hewan?
Struktur Sel hewan seperti pada gambar dibawah ini, dapat anda lihat sangat berbeda dengan struktur sel tumbuhan yang memiliki dinding sel. Pada gambar sel hewan dibawah ini, terlihat letak inti sel hewan berada di dekat daerah sentral yang merupakan pusat informasi atau herediter dan pengendali sel itu sendiri. Pada gambar, dapat anda lihat organel organel yang ada seperti Retikulum Endoplasma kasar dan Halus, mitokondria, Lisosom, apparatus golgi, ribosom, peroksisom, sentrosom, mikrovilis, flagela, serta berbagai macam sitoskeleton.
Dari struktur sel hewan diatas dapatlah anda perhatikan bahwa ada beberapa organel sel hewan yang hanya dimiliki olehnya yaitu lisosom, sentriol serta flagela (akan tetapi dapat ditemukan pada beberapa jenis sperma tumbuhan).
Setelah itu mari kita lanjutkan ulasan ke fungsi organel organel yang dimiliki oleh sel hewan. Untuk mempersingkat penjelasan saya batasi hanya membahas organel khusus pada sel hewan yaitu lisosom, sentrosom dan flagela.
Lisosom adalah organel pada sel hewan yang tidak dimiliki oleh sel tumbuhan (setidaknya hingga sekarang ini). Pengertian Lisosom adalah kantong bermembran yang berisi enzim enzim hidrolitik yang digunakan oleh sel hewan untuk mencerna makromolekul seperti makanan. Perlu diketahui bahwa lisosom berisikan enzim enzim yang bekerja optimum pada kondisi asam sehingga apabila lisosom pecah dalam sitoplasma sel, enzim tersebut tidak akan terlalu aktif karena pH dalam sitoplasma berada pada kisaran netral. Walaupun begitu, autodigesti atau perusakan sel sendiri akan terjadi apabila jumlah kebocoran lisosom berlebih pada sel hewan. Lisosom merupakan organel yang tidak kalah pentingnya dalam sel hewan. Organel sel hewan yang enzim enzim dan membran nya disusun oleh retikulum endoplasma kasar ini yang dibantu oleh apparatus golgi (sering dikenal sebagai badan golgi). Dalam mempelajari lisosom, akan dijelaskan tentang apa itu fagositosis dan autofagi. Contoh pentingnya kerja organel lisosom dalam sel hewan adalah pada penyakit Tay-Sachs yang sering disebut sebagai penyakit peyimpanan lisosomal.
Sentrosom adalah organel sel hewan yang terletak di dekat inti sel (nukleus). Sentrosom sering dianggap sebagai pusat pengaturan mikrotubulus khususnya dalam pembelahan sel hewan. Dalam sentrosom akan muncul sepasang sentriol (centriole) yang tersusun atas 9 sel triplet mikrotubulus yang tersusun membentuk cincin. Ukuran diameter sentriol pada sel hewan sekitar 250 nm. Fungsi organel ini sendiri sebagai pusat kendali mikrotubulus dan memiliki peran penting dalam pembelahan sel hewan. Perlu diketahui bahwa tidak semua sel hewan memiliki sentrosom.

struktur lisosom pada sel hewan, struktur organel sel hewan

Struktur lisosom pada sel hewan

Flagela adalah penjuluran mikrotubulus pada sel hewan yang berfungsi sebagai alat gerak pada umumnya. Flagela dan silia berbeda, baik itu dari segi panjang, jumlah per sel, pola denyut dan lain lain. Namun, flagela dan silia memiliki persamaan secara sruktural, yaitu masing masing memiliki inti yang tersusun atas mikrotubulus yang diselubungi pelebran membran plasma. Susunan mikrotubulus yaitu sembilan doblet. Dalam menggerakkan flagela, sel hewan mengandalkan protein dinein (dynein) dan protein penaut silang. Protein dinein adalah protein motorik besar yang berfungsi atas pergerakan melengkung flagela sel hewan yang digerakkan menggunakan ATP. Selain protein dinein, pergerakan flagela juga dibantu oleh protein penaut silang yang akan menjaga bentuk mikrotubulus pada flagela sehingga saat bergerak, dua doblet yang berkaitan tidak akan tergelincir jauh melainkan menekuk. Perlu diketahui bahwa pada umumnya memang, sel hewan saja yang memiliki flagela akan tetapi, pada beberapa sperma sel tumbuhan terdapat flagela.
Selain organel sel hewan, mari kita lanjutkan ke pembahasan matriks ekstraselular Sel Hewan.
Matriks Ekstraselular sel hewan tersusun atas glikoprotein yang disekresikan oleh sel. Seperti yang kita ketahui, glikoprotein adalah protein yang berikatan secara kovalen dengan karbohidrat. Glikoprotein dalam Matriks Ekstraselular sel hewan dapat anda temukan dalam bentuk kolagen. Kolagen inilah yang membentuk serat serat kuat di luar sel. Sekitar 40 % dari total protein dalam tubuh manusia adalah kolagen. MES sendiri memiliki fungsi sebagai sensor tentang bagaimana keadaan di luar sel hewan dan diinformasikan ke inti sel melalui komunikasi kimiawi.Sekian ulasan singkat tentang sel hewan, Struktur, Fungsi, Organel Sel Hewan.

sel hewan struktur dan fungsi organel sel hewan

Struktur Sel Hewan

sumber:https://belajarbiologi.com/2014/10/sel-hewan-struktur-dan-fungsi-organel-sel-hewan.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: