Satuan Pendidikan : SMA
Kelas /Semester : XII /1-2
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI3 : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4 : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |
1.1 Memahami, menghargai, dan menerima perbedaan kegiatan ritual sebagai akibat (implikasi) dari keberagaman ajaran agama,religi/kepercayaan yang dianut. |
|
|
|
|
|
|
2.1 Menentukan sikap positif dalam menghadapi berbagai permasalahan terkait dengan kesetaraan dan perubahan sosial budaya dalam masyarakat multikultur | ||||||
2.2 Melestarikan nilai-nilai budaya sehubungan dengan adanya dampak perubahan sosial-budaya, perkembangan IPTEK dan globalisasi. | ||||||
2.3 Memiliki kebanggaan terhadap nilai-nilai budaya bangsa sebagai warisan nenek moyang | ||||||
2.4 Memberikan apresiasi terhadap setiap hasil karya budaya bangsa. | ||||||
3.1 Menganalisis berbagai masalah terkait dengan kesetaraan dan hubungannya dengan perubahan sosial-budaya, perkembangan IPTEK dalam masyarakat multikultur | Kesetaraan dan hubungannya dengan perubahan sosial budaya: | Mengamati:
Mendiskusikan konsep kesetaraan dan hubungan dengan perubahan sosial-budaya melalui contoh-contoh yang diamati dari lingkungan setempat.
Menanya: Melakukan studi literatur dan diskusi untuk mempertanyakan berbagai pendapat para ahli tentang kesetaraan dan hubungannya dengan perubahan sosial, misalnya emansipasi, kesetaraan gender, persamaan hak, keadilan
Mengeksplorasi: Melakukan studi literatur, diskusi, dan eksplorasi dan berperan aktif dalam menumbuhkan sikap positif berkaitan dengan berbagai persoalan tentang kesetaraan, keadilan dalam kondisi masyarakat yang selalu berubah.
Mangasosiasi: Menghubungkan antara konsep atau pemikiran para ahli dengan kenyataan yang ada di masayarakat terkait dengan berbagai pandangan inidividu atau kelompok tentang kesetaraan, emansipasi, persamaan hak, dan keadilan
Mengkomunikasikan: Menyiapkan bahan-bahan presentasi dan menyajikan dalam berbagai bentuk baik secara lisan maupun tertulis, misalnya resume atau ringkasan, catatan penting, tanggapan/komentar, karikatur, refleksi dan kesimpulan tentang kesetaraan dan hubungannya dengan perubahan sosial budaya:yang ada di masyarakat setempat. |
Tugas:
Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang pengertian konsep kesetaraan dan hubngannya dengan perubahan sosial budaya . Observasi (unjuk kerja): Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,d |