015099000_1445343774-hutankalimantan

Hutan merupakan suatu tempat dimana dipenuhi dengan beraneka pepohonan dan tanaman dalam jumlah yang banyak, sebagai tempat tinggal para hewan, dan berfungsi menampung cadangan air serta sebagai paru – paru dunia.

Hutan memiliki aneka manfaat dan fungsi bagi kehidupan umat manusia. Tanpa hutan kehidupan di muka bumi akan hancur.

Hutan ada beraneka tipe, namun secara umum semua tipe hutan memiliki manfaat dan fungsi yang sangat penting bagi berlangsungnya kehidupan di muka bumi. Tanpa hutan, manusia dan makhluk – makhluk hidup yang lainnya mungkin akan cepat punah.

Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang memiliki hutan terbesar kedua setelah negara Brazil. Total luas hutan di Indonesia pada tahun 2005 menurut Badan Statistik Nasional di Indonesia terdapat kurang lebih 120 Ha hutan di Indonesia.

Namun belakangan jumlah luas hutan di Indonesia semakin menyusut, hal ini disebabkan oleh aktifitas manusia yang selalu merusak habitat dan ekosistem hutan tanpa mereka sadari.

Aktifitas seperti pembukaan lahan baru, ilegal logging, dan juga pembakaran hutan turut mempengaruhi turunnya jumlah luas hutan di Indonesia pada setiap tahunnya. Hal ini sangat memprihatinkan sekali.

Pulau Kalimantan merupakan pulau terbesar di Indonesia, dimana pulau Kalimantan juga merupakan pemasok terbesar sebagai pemilik lahan hutan tropis yang terbesar yang diikuti oleh pulau Papua setelah itu.

Perkembangan jaman dimana pembangunan sekarang sangatlah masiv, termasuk di pulau Kalimantan. Aktifitas pembangunan di pulau Kalimantan turut mempengaruhi berkurangnya hutan tropis di sana. Jikalau hal ini tidak segera dicegah atau dicari solusinya, maka generasi mendatang mungkin tidak akan mengenal hutan atau dengan kata lain hutan hanya tinggal cerita.

Ada beberapa alasan kenapa kita sebagai generasi penerus wajib mencintai hutan di pulau Kalimantan, alasan – alasan tersebut antara lain :

1. Hutan di Kalimantan Merupakan Salah Satu Penyumbang Paru – Paru Dunia yang Terbesar

Mengingat hutan di pulau Kalimantan pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya sebagai penyumbang terbesar kedua hutan sedunia setelah negara Brazil, maka sebagai generasi muda kita wajib ikut berupaya menjaga dan melestarikan hutan di pulau Kalimantan.

Kenapa hutan dikatakan sebagai paru – paru dunia? Karena dengan adanya hutan, oksigen di muka bumi dapat disalurkan, setelah hutan mengikat karbondioksida sebagaimana fungsi hutan. Jadi hutan diibaratkan seperti organ paru – paru layaknya paru – paru bagi manusia.

Dengan mengingat total luas hutan di pulau Kalimantan, sudah selayaknya juga pemerintah Indonesia juga turut berperan serta menjadi pelopor upaya menjaga dan melestarikan hutan di Indonesia termasuk hutan di pulau Kalimantan.

2. Hutan Mampu Mencegah Banjir dan Tanah Longsor

Salah satu fungsi hutan bagi kehidupan makhluk hidup merupakan sarana mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor. Belakangan tidak hanya di Indonesia namun juga di belahan dunia, bencana banjir dan tanah longsor mulai marak.

Banjir dan tanah longsor terjadi akibat penggundulan hutan oleh aktifitas manusia yang tidak bertanggung jawab. Siapakah yang akan menyimpan air jika hutan mulai di gunduli dan dibakar untuk kepentingan manusia belaka, sedangkan banjir dan tanah longsor merupakan bencana alam yang selalu dihindari manusia.

Banjir dan tanah longsor dapat menyebabkan kerugian materiil dan imateriil yang sangat merugikan manusia. Itulah kenapa hutan di pulau Kalimantan juga wajib menjadi perhatian khusus bagi kita sebagai generasi muda.

3. Hutan sebagai Tempat Tinggal Alami Habitat Hewan

Hewan merupakan makhluk yang mesti dapat hidup berdampingan secara selaras dengan manusia. Hutan di pulau Kalimantan banyak sekali dihuni oleh aneka satwa, salah satunya orang utan yang terkenal di dunia berasal dari pulau Kalimantan.

Namun dengan menurunnya jumlah hutan di Indonesia termasuk di pulau Kalimantan, tidak hanya orang utan namun hewan lainnya juga mengalami semacam gejala kepunahan. Manusia diciptakan Tuhan bukan sebagai makhluk tunggal yang satu – satunya hidup di muka bumi ini.

Hewan ataupun satwa wajib kita lindungi juga agar kehidupan dapat berjalan dengan selaras dan seimbang. Bagaimanakah nasib anak cucu kita jika mereka ingin mengenal satwa yang kita kenal sekarang, jikalau habitat mereka kita rusak?

Jika satwa mengalami kepunahan, mereka mungkin akan menganggapnya hanya sebagai dongeng belaka.

4. Hutan Dapat Menghasilkan Kayu yang Berguna Bagi Kehidupan Manusia

timber-industry-711504_960_720

Photo: pixabay.com

Salah satu manfaat dari adanya hutan adalah dari hutanlah kayu – kayu yang digunakan sebagai sarana membangun rumah kita diambil.

Apabila manusia dapat mengelola dengan baik penanaman pohon dan mengambil sedikit kayu, serta menanaminya kembali, maka kehidupan antara manusia dengan hutan dapat berjalan seimbang pada porsinya.

Pada kenyataannya pepohonan di hutan ditebangi secara liar, dan manusia tidak mau melakukan penanaman kembali sehingga menyebabkan hutan menjadi gundul, lantas bagaimanakah nanti manusia jika akan membangun rumah, darimanakah kayu dapat diambil ketika hutan sudah gundul?

Serta bagaimanakah manusia jika menginginkan kayu untuk kepentingan yang lainnya jika hutan kita gundul? Itulah alasan kenapa kita wajib menjaga hutan di Indonesia, termasuk hutan di Kalimantan.

5. Hutan Sebagai Salah Satu Penghasil Sumber Makanan

blackberry-12058_960_720

Photo: pixabay.com

Hutan tidak serta merta berupa pepohonan dan tumbuhan liar, namun ada juga tanaman buah – buahan di dalam hutan, dimana buah merupakan salah satu sumber makanan bagi manusia juga tidak hanya hewan yang membutuhkan buah – buahan.

Manusia sebagai makhluk hidup omnivora yakni sebagai pemakan segala tidak hanya daging namun juga merupakan pemakan buah dan sayuran. Berbicara soal sayuran, hutan merupakan penghasil sayuran juga, sehingga manusia memiliki kewajiban menjaga dan melestarikan hutan secara maksimal sesuai dengan potensinya.

6. Hutan Merupakan Tempat Menyimpan Cadangan Air Tanah

Hutan juga memiliki fungsi menyimpan cadangan air tanah. Air bersih yang digunakan oleh manusia pada kesehariannya tidak luput dari peran adanya hutan di sekitar kita. Tanpa hutan bagaimanakah manusia akan menggunakan air tanah sebagai air minum untuk kebutuhan mereka sehari – hari?

Air merupakan faktor penting dalam kehidupan semua makhluk hidup di muka bumi, jadi sudah sepantasnya kita berupaya menjaga dan melestarikan hutan agar pasokan air bersih kita menjadi maksimal, jadi kita tidak kekurangan air bersih. Jikalau kita kekurangan air, nasib kehidupan kita sebagai manusia bagaimana? Hehe mari renungkan sejenak.

7. Hutan Dapat Menyuburkan Tanah Sehingga Tanah Dapat Dimanfaatkan oleh Manusia Untuk Bercocok Tanam

Tanpa kita sadari dengan adanya hutan, tanah di sekitar kita juga ikut subur. Hal ini disebabkan jika ekosistem yang ada disekitar kita masih terjaga dengan baik. Berbagai macam organisme yang ada di hutan turut berperan dalam menyuburkan tanah, sehingga tanahpun dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk bercocok tanam.

Itulah kenapa hutan sangat penting dalam menjadikan tanah sehingga tanah menjadi subur dan gembur.

Hutan merupakan karunia Tuhan yang wajib kita syukuri dan kita lestarikan. Sudah selayaknya pula manusia pada jaman sekarang ikut memikirkan kenapa hutan dari tahun ke tahun menjadi menurun luasnya.

Itulah alasan – alasan kenapa kita wajib mencintai hutan, salah satunya hutan yang ada di pulau Kalimantan.

Demikian artikel dari kami perihal 7 alasan kenapa kita sebagai manusia wajib mencintai hutan di pulau Kalimantan. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam.