Silabus Sosiologi Kelas X

Posted by: Ayustya Citarestu in Sosiology Add comments

 

Form : 4/ IK 7.3.1/SOSIOLOGI

S I L A B U S

 

 

Nama Sekolah                     : SMA Negeri 1 Cianjur                                                                                                                                                      Kelas                      : x (Sepuluh)

Mata Pelajaran                    : SOSIOLOGI                                                                                                                                                                       Semester                : GANJIL

Alokasi Waktu                     : 18 X 2 JAM = 36 JAM                                                                                                                                                     Tahun Pelajaran  : 2010/2011

Standar Kompetensi           : Memehami Perilaku Keteraturan Hidup Sesuai Dengan Nilai dan Norma Yang berlaku Dalam masyarakat.

 

Kompetensi Dasar               :

 

1.1.Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan.

1.2. Mendiskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

1.3. Mendiskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial

 

 

 

Indikator

 

Materi pokok/

Pembelajaran

 

Nilai Imtaq

 

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian  

Alokasi waktu

 

Sumber / Bahan / Alat

 

1.1.1 Mendifinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.1.2.Mendiskripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.1.3.Mengidentifikasi data tentang realita sosial masyarakat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.2.1.Menjelaskan pengertian Nilai dan Norma sosial

 

 

 

 

 

 

 

 

1.2.2. Mengidentifikasi   nilai dan norma

Membedakan nilai dan norma

 

 

 

 

 

1.2.3.Mengklasifikasi kan kasus pelanggaran nilai dan norma yang  berlaku dalam masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.3.1.Mendifinisiikan interaksi sosial dan dinamika sosia

 

 

 

 

 

 

 

 

1.3.2.      Menjelaskan faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial

 

 

 

1.3.3.      Menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan keteraturan  sosial.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·   Sosiologi  sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·   Nilai dan norma

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·   Interaksi sosial dan dinamika

sosial .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

v Siswa dapat

menyadari dan mengembangkan ilmu pengetahuan akan mengangkat derajat manusia dan lingkungan

Hadis: ” Tuntutlah Ilmu sampai ke negeri Cina ”

Q.s. 58 : 11

 

Q.S. Ali Imran : 112

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Q.S. Al  Ma’un :

1-7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Q.S. 49 : 13

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Tatap Muka :

1.      Apresepsi materi sosiologi

2.    Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang konsep dasar dan metode sosiologi menurut para ahli.

 

§  Tugas Berstruktur ;

Pekerjaan Rumah

 

 

§  Tatap Muka :

1.   Secara kelompok mendiskusikann  masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari – hari

tentang hubungan berbagai   konsep realitas sosial .

 

§  Tugas Terstruktur :

Pekerjaan Rumah

 

§  Tatap Muka :

1.      Secara individu menggali informasi melalui media massa tentang  realitas sosial masyarakat.

 

§   Tugas Terstruktur :

Pekerjaan Rumah

 

§    Kegiatan Mandiri tidak Terstruktur : pembuatan kliping

 

 

 

 

 

 

§ Tatap Muka :

1.      Secara individu menggali informasi tentang pengertian nilai dan norma sosial  dalam kehidupan masyarakat

 

§  Tugas Terstruktur :

Pekerjaan Rumah

 

 

§  Tatap Muka :

1.      Secara individu dapat membedakan antara nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat

 

§  Tugas Terstruktur :

Pekerjaan Rumah

 

 

§  Tatap Muka :

1.      Secara kelompok berdiskusi tentang kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat

2.      Merumuskan solusi dalam penanganan pelanggaran nilai dan norma

 

§  Tugas Terstruktur :

Pekerjaan rumah

 

§  Tatap Muka :

1.      Secara individu menggali informasi dari berbagai reverensi perpustakaan tentang interaksi sosial dan dinamika sosial

 

§  Tugas Terstruktur :

Pekerjaan Rumah

 

 

§  Tatap Muka :

1.Menyimpulkan temuan pustaka tentang interaksi sosial dan dinamika sosial

2.Secara kelompok mendiskusikan kartu kasus yang sudah disiapkan guru.

§  Tugas Terstruktur :

Pekerjaan Rumah

 

 

§  Tatap Muka :

  1. Secara klasikal merumuskan faktor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi dan dinamika sosial.

2.      Secara individu mengungkapkan pengalaman berinteraksi sosial dalam masyarakat.

 

3.      Secara individu menerapkan pola-pola interaksi untuk terbentuk keteraturan sosial.

 

 

 

Non tes :

Performance ( tugas kelompok / individu)

 

 

 

 

 

 

 

Laporan diskusi

Mempresentasikan hasil diskusi

 

 

 

 

 

 

 

 

Non tes :

Performen dan kliping (kelompok/individu)

Tes : Lisan

 

 

 

 

 

 

 

Tes : Tulis

PG dan Uraian

 

 

 

Tes : Lisan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Non Tes :

Laporan singkat

 

 

 

 

 

 

Non Tes : Portofolio

 

Laporan singkat

 

 

 

 

 

 

 

 

Tes : Tulis

PG

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Non Tes

Performan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kuis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tes : Tulis

PG dan Uraian singkat

 

 

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

4  JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

Sosiologi  Jilid I, Yudistira

Theory and Application of Soscioloy

 

 

 

 

 

 

 

Sosiologi X, Erlangga, Yudistira

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel/

Gambar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Qustioner

 

 

 

 

 

Sosiologi X, Erlangga, Yudistira

 

 

 

 

 

 

 

 

Sosiologi, Yudistira, Erlangga

 

 

 

 

 

 

 

 

Media Cetak / media elektronik .

Internet

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sosiologi X, Yudistira, Theory and Application of sociology

 

 

 

 

 

 

Pengantar Sosiologi

Soerjono Soekamto .

 

 

 

 

 

 

 

 

Soaiologi I,

Erlangga, Yudistira

 

 

 

 

Gambar , Foto , CD

LCD

 

Sosiologi 1,  Esis, Kun Maryati

 

 

Sosiologi 1 Theory and Aplication of Sociology

 

 

 

Lembar Evaluasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Form : 4/ IK 7.3.1/SOSIOLOGI

S I L A B U S

 

 

Nama Sekolah                     : SMA Negeri 1 Cianjur                                                                                                                                                      Kelas                      : x (Sepuluh)

Mata Pelajaran                    : SOSIOLOGI                                                                                                                                                                       Semester                : GENAP

Alokasi Waktu                     : 19 X 2 JAM = 38 JAM                                                                                                                                                     Tahun Pelajaran  : 2010/2011

Standar Kompetensi           : Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan  kepribadian

 

Kompetensi Dasar               :

 

2.1. Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian

2.2. Mendeskrifsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial

2.3.  Menerapkan aturan-aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat

 

 

 

Indikator

 

Materi pokok/ Pembelajaran

 

Nilai Imtaq

 

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian Alokasi waktu Sumber / Bahan / Alat
 

2.1.1.Mendifinisiikan  sosialisasi dan  pembentukan kepribadian .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.1.2. Mengidentifikasikan faktor-faktor pembentukan kepribadian

 

 

 

 

 

 

2.1.3. Menjelaskan pengaruh kebudayaan terhadap pembentukan kepribadian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.2.1.Mengidentifikasi-kan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.2.2.Mengklasifikasi  jenis – jenis perilaku menyimpang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.2..3.Mendiskripsikan cara – cara untuk -menanggulangi terjadinya perilaku  menyimpang .

 

 

 

 

 

 

 

 

2.3.1.Mengidentifikasi   Jenis – jenis lembaga  pengendalian social.

 

 

 

 

 

 

 

2.3.2.Mendiskripsikan berbagai cara pengendalian social

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.3..3.Mendiskripsikan akibat tidak berfungsinya lembaga sosial .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.3.4.Mendifinisikan aturan – aturan

sosial dalam kehidupan masyarakat

 

·   Sosialisasi dan pembentukan kepribadian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

· Perilaku   menyimpang .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Pengendalian Sosial

 

Siswa mendapatkan pendidikan awal dari keluarga menjadi pondasi bagi kita sebagaimana pendidikan

Luqman kepada anaknya.

Q.S. Lukman : 12-19

 

 

 

 

 

 

Q.S. 23 : 1- 4

Q.S. 3 : 147-148

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa dapat mencontoh perilaku Rosulullah sebagai teladan yang baik bagi kita.

Q.S. 33 : 21

Q.S. 2 : 286

 

 

 

 

 

 

 

Siswa dapat memehami perzinahan adalah larangan dan dosa besar.

”lataqrobu jinnah”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Q.S. Al Anfal : 2

 

§Tatap Muka :

1.      Secara individu mengamati proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian di lingkungan terdekat.

2.      Secara individu menceritakan hasil pengamatan tentang proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.

§   Tugas Terstruktur :

Pekerjaan Rumah

 

 

 

§   Tatap Muka :

i.       1. Secara kelompok mendiskusikan tentang pembentukan kepribadian dengan kebudayaan

§   Tugas terstruktur :

Pekerjaan Rumah

 

 

§ Tatap Muka :

1.      Secara kelompok  mendiskusikan hubungan sosialisasi  dengan pembentukan kepribadian.

§  Tugas Terstruktur :

Pekerjaan Rumah

 

 

 

 

 

 

§Tatap Muka:

1.      Secara individu menggali informasi melalui data – data kepustakaan dan media massa tentang prilaku menyimpang

2.      Secara individu mengamati perilaku menyimpang yang terjadi di masyarakat sekitar

  • Tugas Terstruktur : Pekerjaan Rumah

 

 

  • Tatap Muka :
  1. Secara individu megungkapkan kembali hasil pengamatan yang di dapat di masyarakat sekitar.
  2. Secara kelompok mendiskusikan jenis – jenis perilaku menyimpang

 

 

 

 

  • Tatap Muka :

1.             Secara kelompok diskusi  untuk menyimpulkan solusi yang tepat  untuk  menanggulangi terjadinya perilaku menyimpang .

  • Tugas terstruktur :

Pekerjaan Rumah

 

 

§ Tatap Muka ;

1.      Secara klasikal menggali informasi melalui kajian  yang terjadi di masyarakat tentang pengendalian sosial

§  Tugas Terstruktur :

Pekerjaan rumah

 

§ Tatap Muka :

1.      Secara klasikal mengkomunikasikan secara lisan dan tulisan tentang jenis-jenis lembaga pengendalian sosial yang ada di masyarakat.

  • Tugas Terstruktur :

Pekerjaan Rumah

 

§ Tatap Muka ;

1.      Secara kelompok menggali informasi melalui wawancara dengan guru BK, Kepala Sekolah, Pembina Kesiswaan tentang cara-cara pengendalian sosial

 

  • Tugas Terstruktur :

Pekerjaan Rumah

  • Kegiatan Mandiri tidak Terstruktur : Membuat Laporan

 

 

§ Tatap Mukan :

1.      Secara klasikal mendiskusikan peran guru BK, Kepala Sekolah, Pembina Kesiswaan dalam cara menangani kasus di sekolah.

 

2.      Bekerjasama antar siswa untuk menyimpulkan solusi yang paling tepat dalam cara pengendalian sosial yang terjadi di sekitar sekolah.

 

3.Secara individu memberikan opini atau ulasan tentang akibat tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial.

 

4.Secara klasikal  melalui ulasan tentang tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial

 

5.Secara individu melalui wawancara dengan RT, RW tentang aturan – aturan sosial  dalam kehidupan masyarakat

 

§  Kegiatan Mandiri tidak Terstruktur : Mengumpulkan bahan-bahan portofolio

 

 

Lembar pangamatan

 

Performen

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Non tes :

Laporan diskusi

Diskusi

Presentasi

 

 

 

 

Non Tes : Performence

 

 

 

 

 

 

 

T es  : Tulis

PG dan Uraian

 

 

Non Tes :

Performrn dan laporan hasil pengamatan

Tes : Lisan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Laporan

Kuis

 

 

 

 

 

Laporan

 

 

 

 

Tes : Tulis

PG dan Uraian

Tes : Lisan

 

Performen

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kuis

Performen

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Performan

Resume

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Performan

Laporan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembuatan Portofolio

Presentasi

 

Tes lisan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tes : Tulis PG

 

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

2  JP

 

 

 

 

 

2 jam

 

 

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

Sosiologi 1, Sosiologi Islam Sosiologi 1 Yudistira

Tafsir Al Quran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sosiologi  x, Yudistira

 

 

 

 

 

 

 

 

Sosiologi 1, Theory and Application of Sociology

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Evaluasi

 

 

 

Sosiologi 1

Kaset CD/Film, LCD

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sosiologi x , Yudistira

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Qustioner

 

Sosiologi x, Airlangga

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sosiologi 1, Theory and Application of  Sociology

 

 

 

 

 

 

 

 

Sosiologi 1,

Penerbit esis, kun maryatis

Sosiologi X,Yudistira

 

 

 

 

 

 

 

Sosiologi X, Airlangga, Penerbit Esis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sosiologi X, Yudistira

 

Sosiologi X,erlangga

 

Sosiologi X, esis

 

Theory and application of  Sociology

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Evaluasi

Leave a Reply


Lewat ke baris perkakas