|
S I L A B U S
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Cianjur Kelas : x (Sepuluh)
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI Semester : GANJIL
Alokasi Waktu : 18 X 2 JAM = 36 JAM Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : Memehami Perilaku Keteraturan Hidup Sesuai Dengan Nilai dan Norma Yang berlaku Dalam masyarakat.
Kompetensi Dasar :
1.1.Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan.
1.2. Mendiskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
1.3. Mendiskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
Indikator |
Materi pokok/ Pembelajaran |
Nilai Imtaq |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi waktu |
Sumber / Bahan / Alat |
1.1.1 Mendifinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode
1.1.2.Mendiskripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial
1.1.3.Mengidentifikasi data tentang realita sosial masyarakat
1.2.1.Menjelaskan pengertian Nilai dan Norma sosial
1.2.2. Mengidentifikasi nilai dan norma Membedakan nilai dan norma
1.2.3.Mengklasifikasi kan kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
1.3.1.Mendifinisiikan interaksi sosial dan dinamika sosia
1.3.2. Menjelaskan faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial
1.3.3. Menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan keteraturan sosial.
|
· Sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat.
· Nilai dan norma
· Interaksi sosial dan dinamika sosial .
|
v Siswa dapat menyadari dan mengembangkan ilmu pengetahuan akan mengangkat derajat manusia dan lingkungan Hadis: ” Tuntutlah Ilmu sampai ke negeri Cina ” Q.s. 58 : 11
Q.S. Ali Imran : 112
Q.S. Al Ma’un : 1-7
Q.S. 49 : 13
|
§ Tatap Muka : 1. Apresepsi materi sosiologi 2. Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang konsep dasar dan metode sosiologi menurut para ahli.
§ Tugas Berstruktur ; Pekerjaan Rumah
§ Tatap Muka : 1. Secara kelompok mendiskusikann masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari – hari tentang hubungan berbagai konsep realitas sosial .
§ Tugas Terstruktur : Pekerjaan Rumah
§ Tatap Muka : 1. Secara individu menggali informasi melalui media massa tentang realitas sosial masyarakat.
§ Tugas Terstruktur : Pekerjaan Rumah
§ Kegiatan Mandiri tidak Terstruktur : pembuatan kliping
§ Tatap Muka : 1. Secara individu menggali informasi tentang pengertian nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat
§ Tugas Terstruktur : Pekerjaan Rumah
§ Tatap Muka : 1. Secara individu dapat membedakan antara nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat
§ Tugas Terstruktur : Pekerjaan Rumah
§ Tatap Muka : 1. Secara kelompok berdiskusi tentang kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat 2. Merumuskan solusi dalam penanganan pelanggaran nilai dan norma
§ Tugas Terstruktur : Pekerjaan rumah
§ Tatap Muka : 1. Secara individu menggali informasi dari berbagai reverensi perpustakaan tentang interaksi sosial dan dinamika sosial
§ Tugas Terstruktur : Pekerjaan Rumah
§ Tatap Muka : 1.Menyimpulkan temuan pustaka tentang interaksi sosial dan dinamika sosial 2.Secara kelompok mendiskusikan kartu kasus yang sudah disiapkan guru. § Tugas Terstruktur : Pekerjaan Rumah
§ Tatap Muka :
2. Secara individu mengungkapkan pengalaman berinteraksi sosial dalam masyarakat.
3. Secara individu menerapkan pola-pola interaksi untuk terbentuk keteraturan sosial.
|
Non tes : Performance ( tugas kelompok / individu)
Laporan diskusi Mempresentasikan hasil diskusi
Non tes : Performen dan kliping (kelompok/individu) Tes : Lisan
Tes : Tulis PG dan Uraian
Tes : Lisan
Non Tes : Laporan singkat
Non Tes : Portofolio
Laporan singkat
Tes : Tulis PG
Non Tes Performan
Kuis
Tes : Tulis PG dan Uraian singkat
|
4 JP
2 JP
2 JP
2 JP
2 JP
4 JP
4 JP
4 JP
4 JP
2 JP
2 JP
2 JP
|
Sosiologi Jilid I, Yudistira Theory and Application of Soscioloy
Sosiologi X, Erlangga, Yudistira
Artikel/ Gambar
Qustioner
Sosiologi X, Erlangga, Yudistira
Sosiologi, Yudistira, Erlangga
Media Cetak / media elektronik . Internet
Sosiologi X, Yudistira, Theory and Application of sociology
Pengantar Sosiologi Soerjono Soekamto .
Soaiologi I, Erlangga, Yudistira
Gambar , Foto , CD LCD
Sosiologi 1, Esis, Kun Maryati
Sosiologi 1 Theory and Aplication of Sociology
Lembar Evaluasi |
|
S I L A B U S
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Cianjur Kelas : x (Sepuluh)
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI Semester : GENAP
Alokasi Waktu : 19 X 2 JAM = 38 JAM Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian
Kompetensi Dasar :
2.1. Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian
2.2. Mendeskrifsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial
2.3. Menerapkan aturan-aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat
Indikator |
Materi pokok/ Pembelajaran |
Nilai Imtaq |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian | Alokasi waktu | Sumber / Bahan / Alat |
2.1.1.Mendifinisiikan sosialisasi dan pembentukan kepribadian .
2.1.2. Mengidentifikasikan faktor-faktor pembentukan kepribadian
2.1.3. Menjelaskan pengaruh kebudayaan terhadap pembentukan kepribadian
2.2.1.Mengidentifikasi-kan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna
2.2.2.Mengklasifikasi jenis – jenis perilaku menyimpang
2.2..3.Mendiskripsikan cara – cara untuk -menanggulangi terjadinya perilaku menyimpang .
2.3.1.Mengidentifikasi Jenis – jenis lembaga pengendalian social.
2.3.2.Mendiskripsikan berbagai cara pengendalian social
2.3..3.Mendiskripsikan akibat tidak berfungsinya lembaga sosial .
2.3.4.Mendifinisikan aturan – aturan sosial dalam kehidupan masyarakat |
· Sosialisasi dan pembentukan kepribadian
· Perilaku menyimpang .
· Pengendalian Sosial |
Siswa mendapatkan pendidikan awal dari keluarga menjadi pondasi bagi kita sebagaimana pendidikan Luqman kepada anaknya. Q.S. Lukman : 12-19
Q.S. 23 : 1- 4 Q.S. 3 : 147-148
Siswa dapat mencontoh perilaku Rosulullah sebagai teladan yang baik bagi kita. Q.S. 33 : 21 Q.S. 2 : 286
Siswa dapat memehami perzinahan adalah larangan dan dosa besar. ”lataqrobu jinnah”
Q.S. Al Anfal : 2 |
§Tatap Muka : 1. Secara individu mengamati proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian di lingkungan terdekat. 2. Secara individu menceritakan hasil pengamatan tentang proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian. § Tugas Terstruktur : Pekerjaan Rumah
§ Tatap Muka : i. 1. Secara kelompok mendiskusikan tentang pembentukan kepribadian dengan kebudayaan § Tugas terstruktur : Pekerjaan Rumah
§ Tatap Muka : 1. Secara kelompok mendiskusikan hubungan sosialisasi dengan pembentukan kepribadian. § Tugas Terstruktur : Pekerjaan Rumah
§Tatap Muka: 1. Secara individu menggali informasi melalui data – data kepustakaan dan media massa tentang prilaku menyimpang 2. Secara individu mengamati perilaku menyimpang yang terjadi di masyarakat sekitar
1. Secara kelompok diskusi untuk menyimpulkan solusi yang tepat untuk menanggulangi terjadinya perilaku menyimpang .
Pekerjaan Rumah
§ Tatap Muka ; 1. Secara klasikal menggali informasi melalui kajian yang terjadi di masyarakat tentang pengendalian sosial § Tugas Terstruktur : Pekerjaan rumah
§ Tatap Muka : 1. Secara klasikal mengkomunikasikan secara lisan dan tulisan tentang jenis-jenis lembaga pengendalian sosial yang ada di masyarakat.
Pekerjaan Rumah
§ Tatap Muka ; 1. Secara kelompok menggali informasi melalui wawancara dengan guru BK, Kepala Sekolah, Pembina Kesiswaan tentang cara-cara pengendalian sosial
Pekerjaan Rumah
§ Tatap Mukan : 1. Secara klasikal mendiskusikan peran guru BK, Kepala Sekolah, Pembina Kesiswaan dalam cara menangani kasus di sekolah.
2. Bekerjasama antar siswa untuk menyimpulkan solusi yang paling tepat dalam cara pengendalian sosial yang terjadi di sekitar sekolah.
3.Secara individu memberikan opini atau ulasan tentang akibat tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial.
4.Secara klasikal melalui ulasan tentang tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial
5.Secara individu melalui wawancara dengan RT, RW tentang aturan – aturan sosial dalam kehidupan masyarakat
§ Kegiatan Mandiri tidak Terstruktur : Mengumpulkan bahan-bahan portofolio
|
Lembar pangamatan
Performen
Non tes : Laporan diskusi Diskusi Presentasi
Non Tes : Performence
T es : Tulis PG dan Uraian
Non Tes : Performrn dan laporan hasil pengamatan Tes : Lisan
Laporan Kuis
Laporan
Tes : Tulis PG dan Uraian Tes : Lisan
Performen
Kuis Performen
Performan Resume
Performan Laporan
Pembuatan Portofolio Presentasi
Tes lisan
Tes : Tulis PG |
4 JP
4 JP
2 JP
2 JP
4 JP
2 JP
2 JP
2 jam
4 JP
2 JP
2 JP
2 JP
2 JP
2 JP |
Sosiologi 1, Sosiologi Islam Sosiologi 1 Yudistira Tafsir Al Quran
Sosiologi x, Yudistira
Sosiologi 1, Theory and Application of Sociology
Lembar Evaluasi
Sosiologi 1 Kaset CD/Film, LCD
Sosiologi x , Yudistira
Qustioner
Sosiologi x, Airlangga
Sosiologi 1, Theory and Application of Sociology
Sosiologi 1, Penerbit esis, kun maryatis Sosiologi X,Yudistira
Sosiologi X, Airlangga, Penerbit Esis
Sosiologi X, Yudistira
Sosiologi X,erlangga
Sosiologi X, esis
Theory and application of Sociology
Lembar Evaluasi |