cara awam memperbaiki kipas angin

ya langsung saja, saya akan berbagi cara memperbaiki kipas, jadi hemat nggak perlu ke tukang service kipas.

  1. kalau kotor, bersihkan dulu kotorannya. jangan takut membuka kipas, soalnya sparepart kipas yang mudah rusak banyak yang jual, harganya pun murah. tapi selama nggak dibanting atau diinjak, nggak akan rusak kok. untuk membersihkan, cukup buka casing dan di hilangkan debunya, kemudian teteskan sedikit minyak goreng atau oli motor yang masih baru ke rotornya (bagian berputar dari kipas)
  2. cek apakah sudah bisa berputar dengan normal atau belum, kalau belum silahkan baca nomor 3.
  3. jika belum, silahkan nyalakan kipas, apakah ada sedikit terasa getaran atau tidak. jika tidak, lihat nomor 4, jika ada lihat nomor 5.
  4. jika sama sekali tidak bergetar, cek tegangan sumber, lalu kabel power, lalu tombol-tombol, jika masih tidak bisa, buka stator dari kipas kemudian cari sekering/thermal fuse, kemudian di lepas saja dan kabelnya dihubungkan atau di short. thermal fuse
  5. bila ada sedikit getaran, pertama cek dulu busing dari kipas dengan cara memutar kipas yang telah diberi oli dan dibersihkan, apakah masih terasa berat atau tidak, busing berfungsi sebagai bantalan jadi jika rusak, akan menghambat perputaran rotor kipas. jika busing tidak rusak, maka penyebab kerusakannya adalah kapasitor dari kipas, berbentuk kotak berwarna hitam biasanya di baut ke bagian belakang kipas. lepas saja dan beli di toko elektronik, beli kapasitor dengan spesifikasi yang sama dengan membawa contoh barangya ke toko.

semoga membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: