Computational Thinking

Nama: Muhammad Ma’mun Efendi
NIM: 4611422081
Prodi: Teknik Informatika
Tugas Resume mata kuliah Sistem Operasi
Computational Thinking
Materi kali ini adalah membahas tentang Computational Thinking atau
dalam bahasa indonesia disebut Pemikiran Komputasional.

Apa yang dimaksud dengan Computational Thinking?


Computational thinking merupakan suatu pemikiran secara komputasional untuk
memecahkan suatu problematika.


Terus bagaimana caranya dalam memecahkan problematika tersebut?

Cara yang digunakan dalam Computational Thinking dalam memecahkan
problematika yaitu dengan mengurai tiap-tiap masalah dan membaginya menjadi
bagian-bagian yang lebih kecil agar lebih efisien. Selain itu Computational
Thinking bisa juga disebut sebagai metode penyelesaian suatu problematika
yang dirangkai agar Manusia, sistem maupun kedua-duanya bisa
memecahkannya.

Apakah ada Tahapan-tahapan proses dalam Computational Thinking ?

Pasti ada, dalam Computational Thinking terdapat beberapa Tahapan yang harus
dilakukan agar dapat berjalan dengan baik. Berikut Taha pam-tahapan tersebut:
Decomposition atau Dekomposisi

Dekomposisi merupakan tahapan pertama dalam Computational
Thinking. Cara Kerja Dekomposisi ini ialah memecah suatu problematika
yang tergolong kompleks dan dibagi menjadi bagian yang lebih simpleks.
Oleh karena itu, Kita bisa memecahkan masalah secara runtut dan lebih
teliti karena bisa dilakukan dengan satu per satu masalah.
Pattern Recognition atau Pengenalan Pola

Tahap kedua adalah Pengenalan Pola, sesuai namanya cara kerja dalam
tahapan ini yaitu mengenali suatu pola. Dengan adanya penegenalan pola
pemecahan masalah akan lebih mudah. Proses lebih jelasnya dalam
Tahapan ini yaitu dengan memindai masalah dan menemukan persamaan
yang ada.
Abstraction atau Abstraksi

Tahap ketiga yaitu Abstraksi, Bagaimana cara kerjanya? Hal yang
pertama yang harus dilakukan dalam tahapan ini yaitu Melihat dan
meneliti masalah yang ada. Setelah itu masuk ke proses generalisasi serta
mengidentifikasi informasi yang tersedia. Sehingga nantinya bisa dilihat
yang mana informasi penting itu terletak dan informasi yang kurang
penting atau tidak berkaitan akan terabaikan.
Algorithm atau Algoritma

Tahapan terakhir yaitu Algoritma, Algoritma tidaklah asing bagi
mahasiswa informatika yang sering membuat program. Program yang
dibuat harus dipikirkan menggunakan Algoritma terlebih dahulu. Jadi
bagaimana prosesnya dalam Computational Thinking? Yang pertama
yaitu development system, membuat list intruksi dan tahapan problem
solving.
Bagaimana Karakteristik seseorang dalam Computational Thinking
Dalam Computational Thinking Seseorang bisa dilihat dari karakteristiknya.
Berikut ciri-cirinya:
Dapat membuat rumusan masalah serta memecahkannya melalui
perangkat komputer
Dapat men-klasifikasikan data serta menganalisisnya.
Dapat membuat presentasi data dengan suatu model.
Dapat meneliti bagaimana solusinya dengan tahapan-tahapan efektif.
Dapat membuat suatu hal menjadi sebuah ke -umuman dalam penyelesaian
beberapa masalah tidak sama.

Apakah Computational Thinking memiliki kelebihan dan kekurangan ?

Berpikir secara komputasional jelas memiliki kelebihan diantaranya yaitu:
Dengan adanya Pemikiran Komputasional ini masalah yang tergolong
kompleks dan susah dipecahkan akana menjadi lebih simpleks.
Pemikiran Komputational ini bisa melatih pemikiran kita dan mengubah
cara berpikir kita menjadi lebih kreatif dan teratur serta logis dalam
melakukan suatu hal maupun memecahkan masa lah-masalah yang ada.
Dengan Pemikiran Komputasional membuat kita dapat merumuskan
problematika dengan memecah masalah tersebut k e bagian-bagian yang
lebih simpleks sehingga kita tidak terlalu kesusahan.
Tapi disampinng kelebihan tersebut ternyata Computational thinking juga
memilki beberapa kekurangan, diataranya yaitu:
Seringkali seseorang yang berpikir komputasional malah dianggap tidak
kreatif, lah kok bisa? Karena orang pemikiran komputasional ini terlalu
terpaku dengan aturan dan urutan yang ada dalam memecahkan masalah
sehingga dianggap tidak memiliki inovasi tersendiri atau disebut tidak
krreatif.
Kalah dalam hal kepopuleran dibandingkan teknik pemecahan masalah
yang lainnya yang lebih mengandalkan kreativitas.
Yang terakhir yaitu banyak juga orang yang belum tahu tentang
pemikiran komputasional ini secara mendalam.


Apakah kamu berminat menggunakan Pemikiran Komputasional ini? Jika iya berikut adalah penerapannya yang bisa kalian ikuti nantinya.

Penerapan Computational Thinking bisa dilakukan di berbagai bidang yang ada
dalam pemecahan masalah. Tahapan yang harus dilakukan dalam menjalankan
penerapan Pemikiran Komputasional ini yaitu:

o Mmbuat rincian atau detail masalah
Ini merupakan tahapan pertama yang harus kalia n lakukan. Buatlah
analisis masalah. Setelah itu, jelaskan makna dari masalah tersebut. Yang
terakhir tentukann solusi apa yang bisa diterapkan untuk masalah itu.
o Tentukan Algoritma dalam memecahkan masalah tersebut
Tahap ini adalah tentang pencarian algoritma yang tepat dalam
pemecahan masalah tersebut. Sebisa mungkin carilah algoritma yang
paling efisien dalam pemecahan masalah tersebut.
o Implementasi, Solusi serta Evaluasi
Tahap terakhir dalam penerapan Computational Thinking yaitu buatlah
solusi terlebih dahulu. Tentukan solusi yang terbaru dan buat evaluasi
juga secara runtut dalam tes kebenaran data sementara milikmu. Lalu
ubah atau edit data sementaramu itu sampai tidak dapat terubah lagi.
Nantinya kamu akan dapat melihat apakah solusimu itu dapat secara
otomatis tergeneralisasi atau tidak.

Virtual Memory

PENGERTIAN VIRTUAL MEMORY

Memori pada komputer baik itu komputer desktop, laptop (termasuk laptop) atau smartphone (tablet dll) mengacu pada komponen penyimpanan data sementara atau RAM (Random Access Memory), dalam beberapa hal kapasitas RAM menentukan kecepatan kinerja komputer. , mengapa? Karena data yang disimpan di RAM menentukan jumlah data yang akan diproses, kemudian diproses ya, karena RAM tidak memproses instruksi (bisa berupa data), pemrosesan dilakukan oleh prosesor.

Menautkan data bolak-balik antara disk dan RAM membutuhkan waktu lebih lama daripada mengaksesnya langsung dari memori. Artinya, semakin banyak memori virtual yang digunakan, semakin lambat komputer Anda. Meskipun memori virtual memungkinkan komputer Anda menjalankan lebih banyak program dari biasanya, yang terbaik adalah memiliki memori fisik sebanyak mungkin. Ini memungkinkan komputer Anda untuk menjalankan sebagian besar program langsung dari RAM, menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan memori virtual. Jika Anda memiliki lebih banyak RAM, komputer Anda akan bekerja lebih sedikit, menjadikannya mesin yang lebih cepat.

 

Apa arti sebenarnya dari memori virtual ini?

 

Memori adalah perangkat keras yang digunakan komputer Anda untuk memuat sistem operasi dan menjalankan program.

Ini terdiri dari satu atau lebih sirkuit RAM, masing-masing dengan beberapa modul memori.

Jumlah memori komputer sebenarnya terbatas pada jumlah RAM yang terpasang.

Ukuran memori yang umum adalah 256 MB, 512 MB, dan 1 GB. Karena komputer Anda memiliki jumlah RAM yang terbatas, Anda dapat kehabisan memori jika Anda menjalankan terlalu banyak program secara bersamaan.

Di sinilah memori virtual berperan.

Memori virtual meningkatkan jumlah memori yang tersedia untuk komputer dengan menambahkan “ruang alamat” atau tempat penyimpanan data.

Ini dilakukan dengan menggunakan ruang disk untuk memesan penyimpanan tambahan.

Namun, karena hard drive jauh lebih lambat daripada RAM, data yang disimpan dalam memori virtual harus dipetakan kembali ke memori sebenarnya agar dapat digunakan. Menautkan data bolak-balik antara disk dan RAM membutuhkan waktu lebih lama daripada mengambil data langsung dari memori.

Ini berarti semakin banyak memori virtual yang digunakan, semakin memperlambat komputer Anda.

Meskipun memori virtual memungkinkan komputer Anda untuk menjalankan lebih banyak program daripada yang seharusnya, yang terbaik adalah memiliki memori fisik sebanyak mungkin.

Manajemen Memori

Nama: Muhammad Ma’mun Efendi

NIM: 4611422081

Prodi: Teknik Informatika

Rombel : 2

 

Tugas Sistem Operasi

Merangkum materi Manajemen Memori

 

MANAJEMEN MEMORI

  1. Pengertian Manajemen Memori

Sebelum kita membahas tentang pengertian Manajemen Memori, Alangkah baiknya kita harus mengetahui dulu apa definisi dari Memori itu sendiri. Memori adalah sebuah pusat dari operasi yang ada dalam sistem komputer modern, selain itu memori juga merupakan tempat penyimpanan dimana sebuah informasi disimpan dan diatur dengan baik dan benar. Memori merupakan array besar kata atau byte, atau yang biasa disebut dengan alamat.

Setelah mengetahui definisi Memori barulah kita bahas apa itu Manajemen memori. Manajemen Memori adalah sebuah aktivitas pengelolaan memori komputer. Di dalam proses pengelolaan tersebut terdapat cara untuk mengalokasikan memori proses yang didasarkan dengan sebuah permintaan, dan melepaskannya utuk di gunakan ulang saat tidak diperlukan, serta menjaga dan mempertahankan alokasi ruang memori dari proses tersebut.

Memori utama sangat penting untuk dilakukan pengelolaannya yaitu pada pemrosesan fasilitas input dan output secara efisien, sehingga memori dapat dapat menampung sebanyak mungkin proses dan sebagai upaya agar pemrorgram atau proses tidak dbatasi oleh kapasitas memori fisik pada sistem komputer.

 

  1. Fungsi Manajemen Memori

Memori perlu dimanajemen agar:

  1. Data dan Perintah dapat diakses dengan cepat oleh CPU.
  2. Tercapainya efisiensi terhadap Memory Usage yang terbatas.
  3. Transfer data dari Memori atau ke Memori dari CPU dapat lebih efisien.
  4. Mengelola Informasi yang terpakai maupun yang tidak terpakai.
  5. Memori dialokasikan ke dalam proses yang memerlukan.
  6. Memori dapat didealokasikan dari proses yang telah selesai.
  7. Meningkatnya Utilitas CPU.
  8. Mengelola Swapping atau Paging antara Main Memory atau Disk.

 

  1. Jenis-jenis Manajemen Memori

Terdapat 2 jenis Manajemen Memori yaitu statis dan dinamis, dengan pemartisian statis, jumlah lokasi dan ukuran proses di memori tidak beragam tiap waktu secara tetap. Sedangkan pemartisian Manajemen Memori dinamis, jumlah,lokasi, dan ukuran proses di memori dapat berseragam sepanjang waktu.

Ciri-ciri pemartisian statis Ciri-ciri pemartisian dinamis
Pembagian memori ditentukan pada awal dan tidak dapat dirubah Alokasi memori ditentukan ketika runtime
Ukuran pada partisi bisa sama atau berbeda Pada tiap proses diberikan alokasi sesuai kebutuhan.
   

 

Baik Pemartisian statis dan dinamis masing-masing mempunyai kesulitan yang dihadapi yaitu:

Kesulitan yang dihadapi pemartisian statis Kesulitan yang dihadapi pemartisian dinamis
Size Program lebih besar dari Size Partisi External Fragmentation
Memory Usage yang tidak efisien Ruang kosong dimemori banyak, tetapi dibagi-bagi
Internal Fragmentation  

 

  1. Tipe-tipe Manajemen Memori
  • Berdasarkan keberadaan swapping
  1. Manajemen tanpa swapping ( Manajemen Memori tanpa pemindahan proses antara Main Memory dan disk selama eksekusi berlangsung )
  2. Manajemen dengan swapping ( Manajemen Memori dengan pemindahan citra proses antara Main Memory dan disk selama eksekusi berlangsung )

 

  • Berdasarkan Alokasi Memori
  1. Contiguous Allocation / Alokasi Memori Berurutan
  • Pada alokasi ini, setiap proses menempati satu blok tunggal lokasi memori yang berurutan.
  • Kelebihan : Sederhana, tidak ada rongga memori bersebaran, proses berurutan dapat dieksekusi dengan cepat.
  • Kekurangan : Memori boros,tidak dapat disisip.
  1. Non Contiguous Allocation / Alokasi Memori tidak berurutan
  • Program / proses ditempatkan pada beberapa segen berserakan, tidak perlu saling berdekatan atau berurutan. Biasanya digunakan untyuk lokasi memori maya sebagai lokasi page-page
  • Kelebihan : Sistem dapat dimanfaatkan main memory secara lebih efisien, dan sistem operasi asih dapat menyisip protes bila jumlah lubang-lubang memopricukup untuk memuat proses yang akan dieksekusi.
  • Kekurangan : Memerlukan pengendalian yang lebih rumit dan memori jadi banyak yang berserakan tidak terpakai.
  1. Syarat Manajemen Memori
  2. Relokasi

Prossesor dan Sistem Operasi harus mampu mentrasfer memory reference ( dalam bentuk code program) ke alamat fisik yang mengalokasikan program dalam Main Memory.

  1. Proteksi

Pengguna tidak boleh mengakses beberapa bagian dari wilayah Sistem Operasi.

  1. Sharing

Second Memory pada Manajemen Memory dapat mengontrol sharing area pada Main Memory.

  1. Organisasi Logika

Sistem Operasi dan perangkat keras berusaha untuk dapat berhubungan dengan pengguna program dalam satu modul.

  1. Organisasi Fisik

Pada Main Memory dengan Second Memory pada Longterm Schedulling harus ada Settings yang jelas.

 

Pengantar Sistem Operasi

Nama : Muhammad Ma’mun Efendi

NIM    : 4611422081

Prodi  : Teknik Informatika

 

TUGAS RESUME MATERI PENGANTAR SISTEM OPERASI

 

SISTEM OPERASI

  1. Pengertian Sistem Operasi

            Sistem Operasi merupakan sebuah penghubung antara Computer User dengan Computer Hardware. Sebelum  adanya Sistem Operasi, Penggunaan Komputer hanya menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring perkembangan zaman, Pengetahuan dan teknologi pun semakin berkembang juga, sekarang ini terdapat berbagai sistem operasi dengan kelebihan masing-masing. Untuk lebih memahami Sistem Operasi kalian harus mengetahui dulu apa tujuan memperlajari Sistem Operasi serta bagaiman konsep dasar mengenai sistem operasi tersebut.

-Tujuan Mempelajari Sistem Operasi yaitu :

Dapat merancang sendiri maupun memodifikasi sistem yang telah ada sesuai  kebutuhan kita, supaya kita dapat memilih alternatif sistem operasi serta dapat memaksimalkan penggunaan sistem operasi sehingga teknik sistem operasi dapat diterapkan pada aplikasi-aplikasi lainnya.

Setelah mengetahui tujuan mempelajari Sistem Operasi, kita juga harus mengetahui Tujuan Sistem Operasi untuk apa.

-Tujuan Sistem Operasi :

1) Mengeksekusi User Programs dan memecahkan masalah User dengan lebih mudah.

2) Membuat Komputer lebih nyaman untuk digunakan.

3) Menggunakan Hardware Komputer dengan cara yang efisien

 

A. Definisi Sistem Operasi

            Sistem Operasi memiliki beberapa definisi yaitu Sistem Operasi sebagai Resource Allocator, Sistem Operasi sebagai Control Program, dan Sistem Operasi sebagai Pemerintah.

1) Sistem Operasi sebagai Resource Allocator

Maksud dari Resource Allocator yaitu Sistem Operasi berfungsi sebagai alat yang dapat menempatkan sumber daya secara efisien. Sistem Operasi memberi resource bagi program tertentu dan User sesuai dengan kebutuhan. Selain itu Sistem Operasi juga menentukan permintaan yang diberikan resource sehingga sistem komputer berjalan secara efisien dan fair. Sistem Operasi dipandang sebagai Resource Allocator juga dikarenakan Sistem Operasi juga bisa menjadi Manajer dari resource contohnya antara lain CPU time, Memory Space, File Storage Input / Output Device, dan lain lain.

 

2) Sistem Operasi sebagai Control Program

Maksud dari Control Program ini dikarenakan Sistem Operasi dapat mengontrol perangkat Input / Output Device dan User Program yang berbeda. Selain itu Sistem Operasi juga dapat mengontrol eksekusi User Program untuk mencegah error penggunaan komputer yang tidak tepat.

 

3) Sistem Operasi sebagai Pemerintah

Disebut Pemerintah karena Sistem Operasi ini dapat mempengaruhi penggunaan komponen yang tepat (H/W, S/W, data).

B. Fungsi Sistem Operasi

Sistem Operasi memiliki beberapa fungsi diantaranya :

1) Sistem Operasi sebagai Extended Machine

Dikatakan Extended Machine karena Sistem Operasi memiliki fungsi yaitu menyembunyikan kompleksitas pemrograman hardware dari Programmer atau User.

2) Sistem Operasi sebagai Resource Manager

Sistem Operasi memiliki fungsi mengatur dan mengefisienkan penggunaan sumber daya komputer (Computer Resources). Adapun tugas utama Sistem  Operasi sebagai  Resource Manager yaitu :

1) Memantau penggunaan semua resources

2) Menerapkan aturan (Policy)

3) Mengalokasikan resources yang diminta

4) Mengambil kembali (Dealokasi) resource

           

C. Kategori Sistem Operasi

  • Single User – Single Tasking (SU-ST)

Satu komputer hanya bisa digunakan oleh satu user dan hanya bisa menjalankan    satu program disatu waktu.

Contoh : DOS (Disk Operating System), MS-DOS (Microsoft DOS-IBM   Compatible, PC-DOS (Personal Computer DOS-IBM), dan DR-DOS (Digital        Research DOS-Novell).

 

  • Multi User – Single Tasking (MU-ST)

Satu Komputer dapat digunakan oleh banyak user, namun tiap user hanya bisa       menjalankan 1 program aplikasi disatu waktu

Contoh : Novell Netware (3.x, 4.x)

 

  • Single User – Multi Tasking (SU-MT)

Satu Komputer dipakai oleh satu user dan dapat menjalankan banyak program       disatu   waktu,

Tampilan Desktop GUI contoh : Windows, MacOS, Linux, Java Desktop System, Symbian, Palm OS, dan lain-lain

 

  • Multi User – Multi Tasking (MU-MT)

Satu komputer dipakai bersamaan oleh banyak User yang dapat menjalankan banyak program disatu waktu

Contoh : Unix, Linux, FreeBSD, dan Sun Solaris.

 

  1. Struktur Sistem Komputer

Sistem Komputer dapat terbagi menjadi 4 Komponen yaitu :

1) Hardware – Menyediakan sumber daya Komputasi dasar.

Contoh : CPU, Memory, Perangkat Input / Output

2) Operating System – Mengontrol dan mengkoordinasi penggunaan hardware      diantara berbagai aplikasi dan user.

3) Program Aplikasi – Menentukan cara dimana sumber daya sistem digunakan     untuk             menyelesaikan masalah komputasi user.

4) User (Pengguna)

Contohnya yaitu Manusia, Mesin, dan Komputer lain.

 

 

 

Walkthrough Game : Resident Evil 2 Remake Leon part 1

Halo…kawan-kawan, Terimakasih telah mengunjungi blog saya. Ini merupakan Postingan pertama saya di #blogunnes. Pada postingan kali ini saya akan membahas Walkthrough dari Game Resident Evil 2 Remake.Resident Evil 2 Remake ini menceritakan tentang perjalanan Leon S. Kennedy dan Claire Redfield.  Pada kali ini saya akan membahas Part Leon.

Gas Station

Gas Station (Prologue)

Awal cerita berlatar di Gas Station. baik Leon maupun Claire memiliki cerita utama masing-masing, namun siapapun yang kalian pilih , latar awal atau prolognya pasti bertempat di Gas Station.

Investigate the Store

Investigate the Store

Eksplor ke dalam toko, Cari pintu yang sedikit terbuka. dan masuk ke ruangan tersebut, nanti kalian akan menemukan seorang polisi yang tergigit oleh Zombie. Bunuh Zombie tersebut menggunakan Matilda Handgun yang kalian punya. Cukup tembak seperlunya saja sampai zombie terjatuh atau mati. Setelah itu eksplor diruangan tersebut dan temukan kunci untuk membuka pintu ruangan selanjutnya. Setelah ke ruangan selanjutnya bunuh zombie polisi baju biru kemudian langsung pergi ke pintu keluar. Disitu Leon akan bertemu dengan Claire

bertemu Claire

Leon dan Claire bersama-sama pergi ke Racoon City, Ketika Mereka telah sampai di racoon city, Namun terjadi Ledakan besar dari mobil tangki minyak sehingga mereka terpisah. Leon melanjutkan perjalanannya sendirian, Dia menuju ke Police Station.

Police Station

Get to the Police Station

Get to the Police Station

Lewati kerumunan Zombie, Lalu pergi menuju gang kecil seperti gambar diatas. Telusuri Jalan tersebut sampai menemukan Gerbang masuk Police Station

Polie Station

Dalam Police Station

Kamu telah tiba di Main Hall Police Station, Simpan Progress Game mu di mesin ketik dan ada tempat seperti brankas atau disebut Stash, kalian bisa menyimpan item yang tidak terlalu penting disitu, agar inventory kalian tidak penuh di hip pouch. ambil handgun ammo dan First Aid Spray. Kemudian interaksi laptop simbol Red RPD dan akan muncul video polisi yang sedang melawan zombie. setelah itu buka map dengan pencet tombol M.

Map Police Station

Sebelum kamu pergi ke pintu East Hallway, perhatikan bahwa pintu ke West Hallway di segel sebuah kotak yang dilapisi pita kuning. pintu yang lebih jauh lagi didalam sana terkunci oleh spade key. disekitar itu ada patung perempuan dengan 3 slot medali.

Pergi ke atas tangga, Kalian bisa mengeksplor lantai dua dimana di situ terdapat patung singa memegang perisai dengan beberapa simbol dibawahnya. lalu di balcony sisi barat memiliki pintu yang juga membutuhkan Spade key. di ujung balcony ada peluru handgun. dan di sebelah timur waiting room ada green herb untuk memulihkan HP. brankas yang terkunci dan file pamflet panduan di atas meja. dan pintu mengarah keluar juga membutuhkan Spade key.

Setelah kalian mengeksplor lantai dua, turun lagi ke lantai satu lalu pergi kearah pintu yang bertuliskan tanda “keep out!” buka pintu dengan cara menarik tuas yang berada disebelah kiri pintu.

investigate the east side

Namun Sayangnya, pintu tersebut ternyata rusak dan hanya membuka sedikit. interaksi celah dibawah pintu tersebut. Leon dapat masuk dengan merangkak melewatinya.

Investigate the East Side

Investigate the east side

Leon memasuki East hall yang dimana tempat tersebut banjir dan penuh dengan darah. Beberapa langkah kedepan terdapat fuse box ang dimana kehilangan satu fuse. dan pintu untuk pergi ke East Office terkunci. Belok ke kanan dan lewati kabinet yang menghalangi jalan. Kalian bisa mendorongnya kesamping. Belok ke kiri dan masuk ke Restrooms untuk mendapatkan First Aid Spray. kemudian keluar dari ruangan tersebut lalu lanjutkan penelusuran lagi ke depan dan nanti kalian akan mendengar suara orang minta tolong dari arah Watchman’s Room. kalian masih sempat menarik keluar orang tersebut namun dia sudah keburu meninggal dengan badan yang terpisah. Di scene tersebut leon mengambil  sebuah file Officer’s notebook yang berisi gambar 3 patung dengan 3 medali simbol disetiap patung.

Setelah kalian mendapatkan file tersebut. waktunya kembali ke main hall. Namun nantinya kalian akan dihadang beberapa zombie. Jika kalian kekurangan peluru, Cek supply closet kalian akan menemukan handgun ammo dan Wooden Boards ( menutup jendela yang terbuka).

Ketika Leon merangkak kembali ke dalam Mainhall, ada satu zombie yang menarik kaki leon untung ada Liutenant Marvin Branagh yang menyelamatan Leon dengan menariknya dan menutup pintu tersebut.

Marvin

Marvin berpikir notebook yang kalian dapat itu merupakan kunci untuk keluar hidup-hidup. tapi kalian membutuhkan 3 medali untuk  di pasang di kaki patung. Marvin kemudian memberikanmu pisau untuk digunakan menyobek isolasi kuning yang menutup tuas pintu West hall.

Oke mungkin cukup ini saja. Perjalanan berikutnya akan saya bahas di part ke 2, Terimakasih sebelumnya bagi yang sudah membaca Walkthrough ini. Enjoy Gaming!

Skip to toolbar