PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER KONSERVASI GUNA MEWUJUDKAN KONSERVASI BEREPUTASI #1

Universitas Negeri Semarang ( UNNES ) adalah salah satu universitas di Indonesia yang menjunjung tinggi budaya konservasi, hal itu nampak dari lingkungan kampus Universitas Negeri Semarang ( UNNES ), lingkungan yang begitu asri dan rindang, lingkungan yang mempunyai banyak pepohonan hijau dan lingkungan yang pengelolaan sampahnya cukup optimal.
Sesuai dengan tema yang sudah ditentukan yaitu tentang membangun rumah ilmu untuk mewujudkan universitas konservasi bereputasi, pada artikel yang singkat ini, saya akan sedikit menjelaskan pengertiaan dari kalimat membangun rumah ilmu .
Membangun rumah ilmu, sebelum kita mengetahui pengertian dari membangun rumah ilmu itu, alangkah baiknya kalau kita mengerti pengertian dari rumah ilmu itu sendiri. Rumah Ilmu adalah suatu tempat atau hunian yang kita tempati dan kita gunakan untuk mencari dan memperoleh imu ( Belajar ) , pengertian tersebut dapat menunjukan kepada kita bahwa maksud dari rumah ilmu itu adalah sekolah atau lebih khususnya lagi yaitu kampus Universitas Negeri Semarang. Jadi pengertian dari membangun rumah ilmu itu sendiri adalah upaya kita semua untuk membangun dan membuat kampus Universitas Negeri Semarang itu agar menjadi lebih nyaman, asri, rindang dan lebih bereputasi sehingga proses mencari ilmu di tempat tersebut menjadi lebih tentram dan berjalan dengan tenang.
Salah satu upaya kita untuk membangun kampus Universitas Negeri Semarang agar lebih nyaman,asri, rindang dan lebih bereputasi adalah dengan cara menerapkan 11 nilai-nilai karakter konservasi kepada warga kampus Universitas Negeri Semarang. Namun sebelum kita menyebutkan lebih lanjut mengenai 11 nilai-nilai karakter konservasi, kita harus tahu lebih dahulu apa itu pengertian dari nilai dan karakter konservasi .
Nilai adalah sifat-sifat atau hal-hal yang penting atau berguna bagi kehidupan manusia. Nilai merupakan sesuatu yang dapat menyempurnakan manusia dengan hakikatnya. Karena itu nilai memiliki bermacam makna, yaitu mengandung arti berguna, arti baik atau indah, dan mengandung arti mempunyai kualitas yang dapat menyebabkan orang mengambil suatu sikap. Sedangkan karakter adalah tabia, sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan kita dengan orang lain.
Selanjutnya, setelah kita mengetahui pengertian masing-masing dari nilai dan karakter, saya akan menyebutkan 11 nilai-nilai karakter konservasi, di antara 11 nilai-nilai karakter konservasi di antaranya yaitu :
a. Religius
b. Jujur
c. Cerdas
d. Adil
e. Tanggung Jawab
f. Peduli
g. Toleran
h. Demokratis
i. Cinta Tanah Air
j. Tangguh
k. Santun
Dengan menerapkan 11 nilai-nilai karakter konservasi tersebut tadi, diharapkan para dosen dan mahasiswa dapat membangun kampus Universitas Negeri Semarang lebih maju lagi, sehingga nantinya kampus Universitas Negeri Semarang menjadi lebih bereputasi karena nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh para dosen dan mahasiswanya.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER KONSERVASI GUNA MEWUJUDKAN KONSERVASI BEREPUTASI #1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: