silabus kelas XI

Kompetensi Inti          :

KI 1       : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2       : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI 3       : Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4       : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar Materi pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1   Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghargai keberagaman agama dengan menjunjung tinggi keharmonisan.dalam kehidupan bermasyarakat  

 

 

 

 

 

2.1  Menumbuhkan kesadaran individu untuk memiliki tanggungjawab publik dalam ranah perbedaan sosial
3.1  Memahami tinjauan Sosiologi dalam mengkaji mobilitas sosial dalam masyarakat

 

4.1  Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi tentang mobilitas sosial dengan menggunakan tinjauan Sosiologi

 

1.    Hubungan antara Mobilitas Sosial dengan Status Sosial

 

Mengamati:

 

Mengamati   Hubungan antara Mobilitas Sosial dengan Status Sosial di masyarakat

Mengkaji dari berbagai sumber informasi tentang Hubungan antara Mobilitas Sosial dengan Status Sosial l dalam masyarakat

 

Menanya:

 

Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang proses pembentukan   kelompok sosial dan mendiskusikannya berdasarkan pengetahuan Sosiologi dengan berorientasi pada praktik pengetahuan yang menumbuhkan sikap religiositas dan etika sosial

 

Mencoba :

1.   Mengidentifikasi hasil diskusi berdasarkan data yang diperoleh tentang Hubungan antara Mobilitas Sosial dengan Status Sosial

Menalar :

1.    Menganalisis realitas dan data   tentang Hubungan antara Mobilitas Sosial dengan Status Sosial yang terjadi   di masyarakat

Membentuk jaringan :

Mempresentasikan hasil pengamatan dan pengkajian tentang Hubungan antara Mobilitas Sosial dengan Status Sosial di masyarakat

 

 

Tes:

 

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa   tentang pengelompokkan sosial

 

Tugas:

 

Merumuskan kesimpulan dari hasil pengamatan dan kajian tentang pengelompokkan sosial di masyarakat

 

 

 

Observasi:

Penilaian tentang perilaku saling menghormati, tanggung jawab,disiplin, toleransi, jujur, kerjasama, gotong royong, cinta damai, responsif dan pro aktif   serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri, atau kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

 

 

30 mnt Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan masyarakat di lingkungan setempat


This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: