silabus kelas X

Satuan Pendidikan                  : Sekolah Menengah Atas

Mata Pelajaran                         : Sosiologi

Kelas/Program                         : X/Ilmu Sosial

Semester                                   : 1 (satu)

Kompetensi Inti :
  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dalam ilmu pengentahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

 

Kompetensi Dasar Materi pokok Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/bahan/alat
1.1      Mensyukuri keberagaman agama dalam kehidupan sosial dan kebudayaan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa.

2

2.1      Merespon secar a positif barbagai permasalahan bangsa terkait dengan keberagaman sosial dan budaya yang ada dimasyarakat.

3

3.1      Mendeskripsikan peran dan fungsi sosiologi dan antropologi dalam mengkaji berbagai fenomena sosial dan budaya yang terjadi di masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Unit 1

Sosiologi dan Antropologi sebagai Disiplin Ilmu

A.      Manusia sebagai Indovidu dan Makhluk Sosial

B.      Ilmu Sosiologi

C.      Ilmu Antropologi

D.      Hubungan Sosiologi dan Antropologi

E.       Fungsi Sosiologi dan Antropologi

·         Menjelaskan tentang perbedaan manusia sebagai individu dan makhluk sosial, definisi sosiologi, dan sifat-sifat sosiologi.

·         Mengamati penjelasan guru tentang manusia sebagai individu dan makhluk sosial.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang penjelasan guru.

·         Mampu mengemukakan pendapat sendiri terkait dengan pertanyaan dari siswa lainnya.

·         Mengumpulkan data/informasi tambahan tentang manusia sebagai individu dan makhluk sosial, definisi sosiologi, dan sifat-sifat sosiologi.

·         Mengerjakan tugas berkaitan dengan materi yang disampaikan.

·         Siswa mengumpulkan hasil tugasnya untuk dinilai.

·         Menyimpulkan tentang manusia sebagai individu dan makhluk sosial, definisi sosiologi, dan sifat-sifat sosiologi.

·         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan dan membacakan laporannya.

·         Menegaskan kembali pada materi manusia sebagai individu dan makhluk sosial, definisi sosiologi, dan sifat-sifat sosiologi dan meluruskan jika terjadi salah konsep.

·         Menjelaskan tentang sejarah perkembangan sosiologi, perkembangan sosiologi di Indonesia, dan konsep-konsep dasar sosiologi

·         Mengamati bagan yang ditmpilkan guru tentang tentang hubungan sosiologi dengan masalah-masalah sosial.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang masalah sosial-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat.

·         Mampu mengemukakan pendapat sendiri terkait dengan pertanyaan dari siswa lainnya.

·         Mampu menuliskan beberapa masalah sosial yang sering terjadi dalam masyarakat

·         Mengerjakan tugas berkaitan dengan materi yang disampaikan.

·         Mengumpulkan hasil tugasnya untuk dinilai.

·         Menyimpulkan tentang sejarah perkembangan sosiologi, perkembangan sosiologi di Indonesia, dan konsep-konsep dasar sosiologi.

·         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan dan membacakan laporannya.

·         Menegaskan kembali pada materi manusia sebagai individu dan makhluk sosial dan meluruskan jika terjadi salah konsep.

·         Mengamati video yang ditampilkan oleh guru tentang masalah sosial.

·         Mengamati masalah untuk dapat memecahkan permasalahan.

·         Membagi kelompok diskusi.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang sosiologi sebagai metode.

·         Berdiskusi dengan temannya memecahkan masalah yang ditampilkan melalui video

·         Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.

·         Menggali informasi dari buku sumber tentang sosiologi sebagai metode dan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungannya.

·         Mengumpulkan informasi tambahan tentang sosiologi sebagai metode.

·         Menyimpulkan hasil diskusi tentang sosiologi sebagai metode.

·         Menyimpulkan pemecahan permasalahan yang ditampilkan guru melalui video.

·         Mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok lain dan ditanggapi oleh kelompok lainnya.

·         Memberikan penegasan pada materi sosiolog sebagai metode dan meluruskan jika terjadi salah konsep.

·         Menjelaskan tentang ilmu antropologi.

·         Mengamati penjelasan guru tentang pengertian antropologi, cabang-cabang ilmu antropologi, dan konsep-konsep dalam antropologi.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang penjelasan guru.

·         Mampu mengemukakan pendapat sendiri terkait dengan pertanyaan dari siswa lainnya.

·         Mengumpulkan data/informasi tambahan tentang pengertian antropologi, cabang-cabang ilmu antropologi, dan konsep-konsep dalam antropologi.

·         Mengerjakan tugas berkaitan dengan materi yang disampaikan.

·         Siswa mengumpulkan hasil tugasnya untuk dinilai.

·         Menyimpulkan tentang pengertian antropologi, cabang-cabang ilmu antropologi, dan konsep-konsep dalam antropologi.

·         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan dan membacakan laporannya.

·         Menegaskan kembali pada materi pengertian antropologi, cabang-cabang ilmu antropologi, dan konsep-konsep dalam antropologi.

·         Menjelaskan tentang hubungan sosiologi dan antropologi.

·         Mengamati penjelasan guru tentang hubungan sosiologi dan antropologi.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang penjelasan guru.

·         Mampu mengemukakan pendapat sendiri terkait dengan pertanyaan dari siswa lainnya.

·         Mengumpulkan data/informasi tambahan tentang hubungan sosiologi dan antropologi.

·         Mengerjakan tugas berkaitan dengan materi yang disampaikan.

·         Siswa mengumpulkan hasil tugasnya untuk dinilai.

·         Menyimpulkan tentang hubungan sosiologi dan antropologi.

·         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan dan membacakan laporannya.

·         Menegaskan kembali pada materi hubungan sosiologi dan antropologi.

·         Menjelaskan tentang fungsi sosiologi dan antropologi.

·         Mengamati penjelasan guru tentang fungsi sosiologi dan antropologi.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang penjelasan guru.

·         Mampu mengemukakan pendapat sendiri terkait dengan pertanyaan dari siswa lainnya.

·         Mengumpulkan data/informasi tambahan tentang fungsi sosiologi dan antropologi.

·         Mengerjakan tugas berkaitan dengan materi yang disampaikan.

·         Siswa mengumpulkan hasil tugasnya untuk dinilai.

·         Menyimpulkan tentang fungsi sosiologi dan antropologi.

·         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan dan membacakan laporannya.

·         Menegaskan kembali pada materi fungsi sosiologi dan antropologi jika terjadi salah konsep.

·

Tugas kelompok

 

Pengamatan sikap

 

Tes unjuk kerja

 

Tes tertulis

 

Portofolio

 

 

 

 

 

18 x 45’

 

 

 

 

 

 

 

 

Sosiologi untuk SMA dan MA kelas X Advanced Learning Sociology 1, Janu Murdiyatmoko dan citra handayani, penerbit PT Grafindo Media Pratama

Artikel, gambar, dari berbagai media massa

 

Kamus Sosiologi

 

Koran, majalah, TV, internet.

 

 

1

2

2.1      Merespon secara positif berbagai permasalahan bangsa terkait dengan keberagaman sosial dan budaya yang ada di masyarakat

1

2

3

3.1      Mendeskripsikan peran dan fungsi Sosiologi dan Antropologi dalam mengkaji berbagai fenomena sosial dan budaya yang terjadi di masyarakat

3.2

3.3      Mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai dan norma sebagai pembentuk kepribadian sebagai dasar untuk membangun hubungan (interaksi) sosial yang harmonis

Unit 2

Nilai dan Norma Sosial sebagai Pembentukan Kepribadian

A.      Nilai

B.      Norma

C.      Peran Nilai dan Norma dalam Sosialisasi

D.      Nilai dan Norma sebagai Pembentukan Kepribadian

·         Mengaitkan pembelajaran yang sudah diberikan dengan pembelajaran yang akan diberikan.

·         Memberi pengantar tentang pokok bahasan baru yaitu nilai dan norma sosial. Tidak lupa untuk menjelaskan pula tentang fungsi nilai dan norma sosial dalam hidup bermasyarakat.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang nilai-nilai sosial.

·         Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas 4 orang.

·         Masing-masing nomor yang sama berkumpul menjadi kelompok kecil untuk mendiskusikan materi yang diberikan,

·         Setelah kelompok kecil selesai berdiskusi, masing-masing siswa berdasarkan nomor kembali ke kelompok intinya untuk bergabung mendiskusikan hasil dari diskusi kelompok kecil.

·         Membuat kesimpulan dari hasil diskusi

·         Membuat kesimpulan tentang kebesaran Tuhan YME dikaitkan dengan nilai-nilai sosial yang ada di masyarakat.

·         Mempresentasikan hasil diskusinya.

·         Menegaskan kembali pada materi fungsi sosiologi dan antropologi jika terjadi salah konsep.

·         Mengamati peta konsep pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran.

·         Mengamati pengertian norma yang dijelaskan oleh guru.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang norma-norma sosial.

·         Tanya jawab tentang materi pengertian norma, tingkatan dan macam-macam norma.

·         Mengumpulkan informasi tambahan tentang norma-norma sosial dari berbagai sumber (buku paket, sumber buku lain)

·         Mengumpulkan informasi tambahan tentang macam-macam norma dari internet.

·         Menyimpulkan tentang norma-norma sosial.

·         Menyimpulkan kekuasaan Tuhan YME dikaitkan dengan norma sosial.

·         Membacakan hasil diskusinya, siswa dari kelompok lain boleh bertanya, menanggapi, atau menyanggah.

·         Memberi penegasan terhadap materi jika terjadi salah konsep.

·         Mengamati peta konsep pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran.

·         Mengamati peran nilai dan norma dalam sosialisasi yang dijelaskan oleh guru.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang peran nilai dan norma dalam sosialisasi.

·         Tanya jawab tentang materi peran nilai dan norma dalam sosialisasi.

·         Mengumpulkan informasi tambahan peran nilai dan norma dalam sosialisasi dari berbagai sumber (buku paket, sumber buku lain)

·         Mengumpulkan informasi tambahan tentang peran nilai dan norma dalam sosialisasi.

·         Menyimpulkan tentang peran nilai dan norma dalam sosialisasi.

·         Menyimpulkan kekuasaan Tuhan YME dikaitkan dengan peran nilai dan norma dalam sosialisasi.

·         Membacakan hasil diskusinya, siswa dari kelompok lain boleh bertanya, menanggapi, atau menyanggah.

·         Memberi penegasan terhadap materi jika terjadi salah konsep.

·         Mengamati peta konsep pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran.

·         Mengamati nilai dan norma sebagai pembentuk kepribadian yang dijelaskan oleh guru.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang nilai dan norma sebagai pembentuk kepribadian.

·         Tanya jawab tentang materi nilai dan norma sebagai pembentuk kepribadian.

·         Mengumpulkan informasi tambahan nilai dan norma sebagai pembentuk kepribadian dari berbagai sumber (buku paket, sumber buku lain).

·         Mengumpulkan informasi tambahan nilai dan norma sebagai pembentuk kepribadian.

·         Menyimpulkan tentang nilai dan norma sebagai pembentuk kepribadian.

·         Menyimpulkan kekuasaan Tuhan YME dikaitkan dengan nilai dan norma sebagai pembentuk kepribadian.

·         Membacakan hasil diskusinya, siswa dari kelompok lain boleh bertanya, menanggapi, atau menyanggah.

·         Memberi penegasan terhadap materi jika terjadi salah konsep.

Tugas kelompok

 

Pengamatan sikap

 

Tes unjuk kerja

 

Tes tertulis

 

Portofolio

 

12 x 45’ Sosiologi untuk SMA dan MA kelas X Advanced Learning Sociology 1, Janu Murdiyatmoko dan citra handayani, penerbit PT Grafindo Media Pratama

 

Artikel dari koran dan internet

 

Kamus Sosiolog

 

Masyarakat setempat

 

Data instansi/lembaga

 

 

3.4      Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi dan Antropologi dalam memahami hubungan sosial antar individu dan kelompok

3.5      Mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai dan norma sebagai pembentuk kepribadian sebagai dasar untuk membangun hubungan (interaksi) sosial yang harmonis

Unit 3

Interaksi Sosial

A.      Tindakan Sosial

B.      Interaksi Sosial

C.      Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial dan Keteraturan Sosial

D.      Organisasi Sosial

·         Menjelaskan tindakan sosial menurut Max weber berikut tipe-tipe tindakan sosial menurut Max Weber.

·         Menyimak penjelasan dari guru tentang tindakan sosial.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang pengalaman berinteraksi dengan orang lain dengan teman sebangku.

·         Mampu menceritakan pengalaman berinteraksi sosial dengan teman sebangku.

·         Mengumpulkan data/informasi tambahan tentang tindakan sosialdari berbagai sumber lain (buku paket, sumber buku lain).

·         Mendiskusikan tipe-tipe tindakan sosial menurut Max Weber berikut contoh-contohnya.

·         Menyimpukan tentang tindakan sosial beserta contohnya dalam kehidupa sosial.

·         Menyimpulkan kebesaran Tuhan YME dikaitkan dengan tindakan sosial.

·         Membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Siswa yang lain bisa menanggapi hasil diskusi kelompok.

·         Membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok.

·         Menjelaskan tentang pengertian interaksi sosial dan dinamika sosial.

·         Menyimak penjelasan dari guru tentang tentang pengertian interaksi sosial dan dinamika sosial.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang pengalaman berinteraksi dengan orang lain dengan teman sebangku.

·         Mampu menceritakan pengalaman berinteraksi sosial dengan teman sebangku.

·         Mengumpulkan tugas mandiri yang disampaikan pada pertemuan sebelumnya.

·         Mendiskusikan pola-pola hubungan interaksi sosial, faktor-faktor yang memengaruhi interaksi sosial, dan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.

·         Menyimpukan interaksi sosial.

·         Menyimpulkan kebesaran Tuhan YME dikaitkan dengan interaksi sosial.

·         Membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Siswa yang lain bisa memberikan tanggapn.

·         Membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok.

·         Menjelaskan tentang bentuk-bentuk interaksi sosial: hubungan ketaraturan sosial dan interaksi sosial, dan bentuk-bentuk interaksi sosial, dan organisasi sosial.

·         Menyimak penjelasan dari guru tentang tentang bentuk-bentuk interaksi sosial: hubungan ketaraturan sosial dan interaksi sosial, dan bentuk-bentuk interaksi sosial, dan organisasi sosial.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang bentuk-bentuk interaksi sosial dan keteraturan dengan teman sebangku.

·         Mampu menceritakan pengalaman bentuk-bentuk interaksi sosial dan keteraturan dengan teman sebangku.

·         Mengumpulkan tugas mandiri yang disampaikan pada pertemuan sebelumnya.

·         Mencari bahan tentang bentuk interaksi sosial dari sumber lain.

·         Menyimpukan mencari bahan tentang bentuk-bentuk interaksi sosial.

·         Menyimpulkan kebesaran Tuhan YME dikaitkan dengan keteraturan sosial.

·         Membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Siswa yang lain bisa memberikan tanggapn.

·         Membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok.

·         Menjelaskan tentang organisasi sosial: organisasi formal dan oraganisasi informal.

·         Menyimak penjelasan dari guru tentang tentang organisasi sosial.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang organisasi sosial dengan teman sebangku.

·         Mampu menceritakan pengalaman organisasi sosial dengan teman sebangku.

·         Mengumpulkan tugas mandiri yang disampaikan pada pertemuan sebelumnya.

·         Mencari bahan tentang bentuk organisasi sosial dari sumber lain.

·         Menyimpukan mencari bahan tentang organisasi sosial.

·         Menyimpulkan kebesaran Tuhan YME dikaitkan dengan oraganisasi sosial.

·         Membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Siswa yang lain bisa memberikan tanggapan.

·         Membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok.

 

 

Tugas kelompok

 

Pengamatan sikap

 

Tes unjuk kerja

 

Tes tertulis

 

Portofolio

 

12 x 45’

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sosiologi untuk SMA dan MA kelas X Advanced Learning Sociology 1, Janu Murdiyatmoko dan citra handayani, penerbit PT Grafindo Media Pratama

Artikel dari koran dan internet

 

Gambar, foto, CD,

 

Masyarakat setempat

 

 

 

 

 

Silabus

Satuan Pendidikan                  : Sekolah Menengah Atas

Mata Pelajaran            : Sosiologi

Kelas/Program                         : X/Ilmu Sosial

Semester                                  : 2 (dua)

Kompetensi Inti :
  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dalam ilmu pengentahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kompetensi Dasar Materi pokok/

pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber/bahan/alat
3.6      Mengkaji adanya berbagai bentuk perilaku menyimpang atau sub-kebudayaan menyimpang sebagai konsekuensi dari ketidakharmonisan hubungan sosial.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Unit 4

Perilaku Menyimpang

A.      Perilaku Menyimpang sebagai Akibat Sosialisasi yang Tidak Sempurna

B.      Sub Kebudayaan Menyimpang

C.      Bentuk-Bentuk Penyimpangan

D.      Contoh-Contoh Perilaku Menyimpang

E.       Teori-Teori Perilaku Menyimpang

F.       Sikap-Sikap Antisosial

G.      Lembaga-Lembaga Pengendalian Sosial

·         Menyimak penjelasan guru tentang definisi perilaku menyimpang.

·         Mengamati peta konsep yang ditampilkan guru melalui proyektor.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang perilaku menyimpang.

·         Mendiskusikan teori-teori perilaku menyimpang dan faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku menyimpang dalam masyarakat.

·         Mengumpulkan data/informasi tambahan tentang perilaku menyimpang sebagai akibat dari sosialisasi yang tidak sempurna.

·         Mencatat hal-hal penting dari informasi yang diperoleh.

·         Menyimpulkan tentang perilaku menyimpang sebagai akibat dari sosialisasi yang tidak sempurna.

·         Menyimpulkan bahwa perilaku menyimpang sebagai akibat dari sosialisasi yang tidak sempurna merupakan salah satu peringatan dari Tuhan YME kepada manusia yang melampaui batas.

·         Membacakan hasil diskusi di depan kelas. Siswa dari kelompok lain memberikan pendapat dan tanggapan. Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal.

·         Membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok.

·         Menyimak penjelasan guru tentang sub kebudayaan menyimpang.

·         Mengamati peta konsep yang ditampilkan guru melalui proyektor.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang sub kebudayaan menyimpang.

·         Mendiskusikan sub kebudayaan menyimpang dalam masyarakat.

·         Mengumpulkan data/informasi tambahan tentang sub kebudayaan menyimpang.

·         Mencatat hal-hal penting dari informasi yang diperoleh.

·         Menyimpulkan tentang perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisas nilai-nilai sub kebudayaan menyimpang.

·         Menyimpulkan bahwa tentang perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisas nilai-nilai sub kebudayaan menyimpang salah satu teguran dari Tuhan YME kepada manusia yang telah berlebih-lebihan.

·         Membacakan hasil diskusi di depan kelas. Siswa dari kelompok lain memberikan pendapat dan tanggapan. Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal.

·         Membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok.

·         Mendengarkan penjelasan guru tentang bentuk-bentuk penyimpangan sosial.

·         Mengamati peta konsep yang ditampilkan guru melalui proyektor.

·         Mengumpulkan tugas yang disampaikan pada pertemuan sebelumnya, yaitu membuat kliping yang berkaitan dengan bentuk-bentuk penyimpangan dalam masyarakat.

·         Membagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus perilaku menyimpang yang terjadi dalam keluarga yang baik-baik dan taat beragama.

·         Mengumpulkan informasi tambahan tentang bentuk-bentuk perilaku menyimpang dari berbagai sumber lain (buku paket, sumber buku lain).

·         Mencatat informasi penting dari informasi yang diperoleh.

·         Menyimpulkan tentang bentuk-bentuk penyimpangan.

·         Menyimpulkan tentang bentuk-bentuk penyimpangan sebagai peringatan dari Tuhan YME bahwa manusia dapat lalai, maka dari hal itu siswa diharapkan dapat menjadi siswa yang selalu taat kepada Tuhan YME.

·         Membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan siswa yang lain menanggapinya. Dalam diskusi ini, guru berperan sebagai moderator atau pemandu diskusi kelas.

·         Mengumpulkan hasil diskusi kepada guru untuk dinilai.

·         Membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok.

·         Mendengarkan penjelasan guru tentang contoh-contoh perilaku menyimpang.

·         Mengamati peta konsep yang ditampilkan guru melalui proyektor.

·         Mengumpulkan tugas yang disampaikan pada pertemuan sebelumnya, yaitu mengerjakan review Unit 4.

·         Membagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus yang sedang trend di televisi tentang contoh-contoh perilaku menyimpang.

·         Mengumpulkan informasi tambahan tentang contoh-contoh perilaku menyimpang dari berbagai sumber lain (buku paket, sumber buku lain).

·         Mencatat informasi penting dari informasi yang diperoleh.

·         Menyimpulkan tentang contoh contoh perilaku menyimpang.

·         Menyimpulkan tentang contoh contoh perilaku menyimpang sebagai peringatan dari Tuhan YME bahwa manusia akan mendapat balasan di dunia.

·         Membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan siswa yang lain menanggapinya. Dalam diskusi ini, guru berperan sebagai moderator atau pemandu diskusi kelas.

·         Mengumpulkan hasil diskusi kepada guru untuk dinilai.

·         Membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok.

·         Mendengarkan penjelasan guru tentang teori-teori perilaku menyimpang.

·         Mengamati peta konsep yang ditampilkan guru melalui proyektor.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang teori-teori perilaku menyimpang.

·         Mampu memberikan pendapat tentang jawaban seputar pertanyaan mengenai teori-teori perilaku menyimpang.

·         Mengumpulkan informasi tambahan tentang teori-teori perilaku menyimpang dari berbagai sumber lain (buku paket, sumber buku lain).

·         Mencatat informasi penting dari informasi yang diperoleh.

·         Menyimpulkan tentang teori-teori perilaku menyimpang.

·         Menyimpulkan tentang teori-teori perilaku menyimpang sebagai peringatan dari Tuhan YME bahwa manusia akan mendapat balasan di dunia dan akhirat.

·         Membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan siswa yang lain menanggapinya. Dalam diskusi ini, guru berperan sebagai moderator atau pemandu diskusi kelas.

·         Mengumpulkan hasil diskusi kepada guru untuk dinilai.

·         Membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok.

·         Mendengarkan penjelasan guru tentang sikap-sikap antisosial.

·         Mengamati peta konsep yang ditampilkan guru melalui proyektor.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang sikap-sikap antisosial.

·         Mampu memberikan pendapat tentang jawaban seputar pertanyaan mengenai sikap-sikap antisosial.

·         Mengumpulkan informasi tambahan tentang sikap-sikap antisosial dari berbagai sumber lain (buku paket, sumber buku lain).

·         Mencatat informasi penting dari informasi yang diperoleh.

·         Menyimpulkan tentang sikap-sikap antisosial.

·         Menyimpulkan tentang sikap-sikap antisosial sebagai anugrah dari Tuhan YME bahwa manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda.

·         Membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan siswa yang lain menanggapinya. Dalam diskusi ini, guru berperan sebagai moderator atau pemandu diskusi kelas.

·         Mengumpulkan hasil diskusi kepada guru untuk dinilai.

·         Membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok.

·         Mendengarkan penjelasan guru tentang lembaga-lembaga pengendalian sosial.

·         Mengamati peta konsep yang ditampilkan guru melalui proyektor.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang lembaga-lembaga pengendalian sosial.

·         Mampu memberikan pendapat tentang jawaban seputar pertanyaan mengenai lembaga-lembaga pengendalian sosial.

·         Mengumpulkan informasi tambahan tentang lembaga-lembaga pengendalian sosial dari berbagai sumber lain (buku paket, sumber buku lain).

·         Mencatat informasi penting dari informasi yang diperoleh.

·         Menyimpulkan tentang lembaga-lembaga pengendalian sosial.

·         Menyimpulkan tentang lembaga-lembaga pengendalian sosial sebagai anugrah dari Tuhan YME.

·         Membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan siswa yang lain menanggapinya. Dalam diskusi ini, guru berperan sebagai moderator atau pemandu diskusi kelas.

·         Mengumpulkan hasil diskusi kepada guru untuk dinilai.

·         Membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok.

Tugas kelompok

 

Pengamatan sikap

 

Tes unjuk kerja

 

Tes tertulis

 

Portofolio

 

21 x 45’

 

 

 

 

Sosiologi untuk SMA dan MA kelas X Advanced Learning Sociology 1, Janu Murdiyatmoko dan Citra Handayani, penerbit PT Grafindo Media Pratama

 

Kamus Sosiologi

 

Koran, majalah, TV, internet.

 

 

2

3

4

4.1    Menyusun rancangan penelitian sederhana tentang kehidupan sosial dan budaya dalam masyarakat

4.2    Melaksanakan penelitian sederhana sesuai dengan rancangan yang telah disusun

4.3    Mengolah data dan informasi penelitian sederhana sesuai dengan prosedur yang berlaku dalam ilmu Sosiologi dan Antropologi

4.4    Mengkomunikasikan hasil penelitian sederhana melalui berbagai media (lisan, tertulis, audio-visual).

Unit 5 Praktik Penelitian Sosial

A.      Pengertian Penelitian Sosial

B.      Jenis-Jenis Penelitian Sosial

C.      Hal-Hal yang Berkaitan dengan Rancangan Penelitian

D.      Merancang Penelitian Sosial

E.       Pelaksanaan Penelitian Sosial

F.       Pengolahan dan Analisis Data

G.      Penyusunan Laporan

H.      Diskusi Kelas

·         Mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian penelitian sosial.

·         Menyimak penjelasan guru tentang pengertian penelitian sosial.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang pengertian penelitian sosial.

·         Mampu berpendapat contoh-contoh kejadian sosial yang dapat menjadi kajian penelitian.

·         Mengerjakan tugas membuat rancangan penelitian sosial secara sederhana tentang anak   jalanan yang semakin banyak di setiap lampu merah di jalan raya.

·         Memberi tanggapan tertulis tentang anak jalanan yang semakin banyak setiap lampu merah di jalan raya.

·         Membagi kedalam beberapa kelompok atau dengan kelompok yang lama. Siswa mendiskusikan penelitian tentang faktor-faktor penyebab semakin banyaknya anak jalanan di lampu merah.

·         Membuat kesimpulan atas hasil diskusi siswa.

·         Perwakilan kelompok diskusi membacakan hasil diskusinya di depan kelas.

·         Memberi penegasan terhadap materi jika terjadi salah konsep.

·         Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang menentukan topik dan merumuskan pertanyaan masalah.

·         Memilih topik atau judul penelitian yang menarik untuk diteliti.

·         Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian menentukan topik atau judul penelitian yang penting dan cukup menarik untuk diteliti.

·         Merumuskan masalah   dengan memperhatikan pentingnya masalah, manfaat penelitian dan adanya fakta dan data yang bisa mendukung terlaksananya penelitian.

·         Mengumpulkan data/informasi tambahan tentang jenis-jenis penelitian sosial.

·         Mencatat hal-hal penting yang berkaitan dengan jenis-jens penelitian sosial.

·         Menyimpulkan tentang jenis-jenis penelitian sosial.

·         Menyimpulkan nilai-nilai soft skill yang terkandung dalam penelitian sosial.

·         Membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas dan memberi penguatan hasil diskusi.

·         Mengerjakan tugas Unit 5 Review dalam Buku Fácil: Advanced Learning Sociology 1.

·         Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang memilih sampel penelitian dan data.

·         Memilih topik atau judul penelitian yang menarik untuk diteliti.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang hal-hal yang berkaitan dengan rancangan penelitian.

·         Bekerjasama dengan temannya untuk menentukan sampel penelitian untuk memperoleh keterangan mengenai objek, dan memperkirakan data yang cukup tersedia dan meyakinkan.

·         Mengumpulkan data/informasi tambahan tentang hal-hal yang berkaitan dengan rancangan penelitian.

·         Mencatat hal-hal penting yang berkaitan dengan jenis-jens penelitian sosial.

·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang berkaitan dengan rancangan penelitian.

·         Menyimpulkan nilai-nilai soft skill yang terkandung dalam hal-hal yang berkaitan dengan rancangan penelitian.

·         Membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas dan memberi penguatan hasil diskusi.

·         Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nila-nilai yang dipetik dari aktivitas hari ini.

·         Mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian pengumpulan data, studi kepustakaan, angket atau daftar pertanyaan, dokumentasi analisis media massa ,observasi, dan wawancara.

·         Menyimak penjelasan guru.

·         Melakukan tanya jawab tentang berbagai cara untuk melakukan pengumpulan data.

·         Mampu mengajukan pertanyan tentang merancang penelitian sosial.

·         Membuat pedoman wawancara tidak terstruktur dan pedoman wawancara berstruktur.

·         Membuat angket untuk mengumpulkan data siswa kelas X SMA.

·         Membuat kesimpulan tentang rancangan penelitian sosial

·         Membuat kesimpulan tentang pengertian pengumpulan data, studi kepustakaan, angket atau daftar pertanyaan, dokumentasi analisis media massa ,observasi, dan wawancara.

·         Mengumpulkan tugasnya kepada guru untuk dinilai.

·         Membuat kesimpulan singkat tentang pedoman wawancara tidak tersetruktur dan pedoman wawancara berstruktur dan angket yang dibuat siswa untuk mengumpulkan data siswa kelas XII SMA.

·         Mendengarkan penjelasan dari guru tentang langkah-langkah dalam penulisan laporan penelitian.

·         Menyimak penjelasan guru mengenai pelaksanaan penelitian sosial.

·         Mampu mengajukan pertanyan awal tentang penelitian dengan topik yang telah dipilih.

·         Tanya jawab tentang analisis data dengan topik yang dipilih.

·         Membuat analisis data sesuai dengan topik yang telah dipilih.

·         Membuat laporan analisis data dengan topik yang dipilih.

·         Membuat kesimpulan tentang pelaksanaan penelitian sosial.

·         Membuat kesimpulan tentang analisis data dengan topik yang dipilih.

·         Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru bertindak sebagai pemandu diskusi klasikal dengan memberi penguatan hasil diskusi.

·         Siswa dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi siswa.

·         Mendengarkan penjelasan guru tentang analisis data dan komponennya.

·         Menyimak penjelasan guru tentang analisis data dan komponennya.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal mengenai analisis data dan komponennya

·         Tanya jawab seputar tugasnya yang diberikan pertemuan sebelumnya.

·         Membuat ikhtisar tentang penyajian data.

·         Membuat tahapan-tahapan untuk menganalisis data.

·         Membuat kesimpulan tentang penyajian data.

·         Membuat kesimpulan tentang analisis data.

·         Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan dan membacakan laporannya.

·         Memberi penegasan pada materi pertemuan ini yaitu tentang pengolahan dan analisis data.

·         Mendengarkan penjelasan dari guru tentang manfaat penulisan laporan penelitian untuk masyarakat umum, sponsor penelitian, masyarakat ilmiah maupun pemerintah.

·         Menyimak penjelasan guru tentang manfaat penulisan laporan penelitian untuk masyarakat umum, sponsor penelitian, masyarakat ilmiah maupun pemerintah.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang analisis data.

·         Tanya jawab seputar pengolahan data.

·         Membuat daftar manfaat penulisan laporan penelitian tentang kenakalan remaja.

·         Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus kenakalan remaja.

·         Membuat kesimpulan tentang pengolahan data.

·         Membuat kesimpulan tentang analisis data.

·         Membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru bertindak sebagai pemandu diskusi klasikal.

·         Bersama-sama membuat kesimpulan atas hasil diskusi siswa.

·         Mendengarkan penjelasan dari guru tentang tahap-tahap mengolah data statistik sederhana dengan beberapa macam teknik misalnya distribusi frekuensi ( sebaran frekuensi ), dan ukuran memusat ( mean, median dan modus ).

·         Menyimak penjelasan guru tentang tahap-tahap mengolah data statistik dengan beberapa teknik.

·         Mampu mengajukan pertanyaan awal tentang hasil menyimak.

·         Mampu mengajukan pertanyaan tentang tahap-tahap mengolah data.

·         Mempersiapkan pengelompokkan data nilai rata- rata siswa kelas X untuk semua mata pelajaran.

·         Mengumpulkan data/informasi tambahan tentang menyusun laporan.

·         Melakukan penggabungan data ke dalam satu kelompok yang disebut interval kelas.

·         Mengolah data dengan menggunakan cara pengolahan data statistik ataupun nonstatistik.

·         Mengkomunikasi hasil pengamatan dalam bentuk laporan dan membacakan laporannya.

·         Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang baru saja dijelaskan oleh guru.

·         Mendengarkan penjelasan guru tentang diskusi kelas.

·         Menyimak penjelasan dari guru tentang diskusi kelas.

·         Tanya jawab seputar laporan penelitian sosial berdasarkan data yang sudah diolah dengan langkah-langkah yang lazim dilakukan dalam suatu penelitian.

·         Tanya jawab hasil penelitian dalam bentuk laporan.

·         Mengumpulkan data tambahan tentang data dan fakta dalam penelitian.

·         Membuat laporan penelitian sosial agar mendapat arahan dari guru dan temannya.

·         Membuat kesimpulan hasil penelitian.

·         Mengerjakan Unit 5 Review pada buku Advanced Learning Sociology 1

·         Membacakan laporan hasil penelitian di depan kelas. Beberapa siswa dipilih sebagai presenter, moderator, penanggap, dan notulen dan guru menjadi pemandu jalannya diskusi.

·         Memberi penegasan pada materi pertemuan hari ini.

 

 

 

Tugas kelompok

 

Pengamatan sikap

 

Tes unjuk kerja

 

Tes tertulis

 

Portofolio

 

 

 

 

27 x 45’ Sosiologi untuk SMA dan MA kelas X Advanced Learning Sociology 1, Janu Murdiyatmoko dan Citra Handayani, penerbit PT Grafindo Media Pratama

 

Sosiologi suatu pengantar oleh Soerjono Soekanto.

 

 

Artikel dari koran dan internet

Kamus Sosiologi

 

Gambar, foto, CD,

 

Masyarakat setempat

 

Data instansi/lembaga

 

 

 

This entry was posted in materi, Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: