Bicara mengenai lingkungan belajar kita terbayang sebuah tempat yaitu sekolah, kampus, madrasah, ponpes, dan lain-lain. Apa itu lingkungan belajar? akan kita bahas dalam tulisan kali ini.

Lingkungan Belajar adalah Tempat dimana seseorang menuntuk ilmu atau tempat dimana terjadinya interaksi belajar dan mengajar. Menurut Hutabarat {1986} Lingkungan Belajar yaitu segala sesuatu yang terdapat pada tempat belajar. Pengertian Belajar itu sendiri apa sih? Belajar adalah sebuah kegiatan yang memerlukan konsentrasi pada bidang yang sedang dikaji. Untuk menciptakan sebuah lingkungan belajar yang baik kita harus menata, mengolah, memelihara lingkungan belajar kita sendiri agar layak untuk digunakan belajar. Penataan lingkungan adalah sebuah upaya untuk mengendalikan atau mengkondisikan belajar. Penciptaan kondisi tempat belajar yang efektif yaitu dengan menciptakan kondisi yang kondusif yang sesuai untuk kelancaran dan kelangsungan belajar.

Lingkungan Belajar meliputi: (1). Lingkunagan Keluarga. (2). Lingkungan Sekolah. (3). Lingkungan Masyarakat.

keluarga masyarakat Sekolah

 

Berikut adalah ciri-ciri lingkungan belajar yang baik:

  1. Ruang Belajar yang layak
  2. Adanya Penerangan
  3. Fasilitas mendukung
  4. Tidak Bising
  5. Bersih dari polusi dan limbah

Demikianlah sedikit yang bisa saya ceritakan mengenai Lingkungan Belajar Yang Baik. “Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”