Silabus Mata Pelajaran Antropologi SMA Kelas XI
SILABUS MATA PELAJARAN ANTROPOLOGI
(PEMINATAN BAHASA)
Satuan Pendidikan : SMA/MA
Kelas : XI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1. Memahami, menghargai, dan menerima perbedaan kegiatan ritual sebagai akibat (implikasi) dari keberagaman ajaran agama, religi/kepercayaan yang dianut. |
|
|
|
|
|
2.1 Mengembangkan sikap kepedulian terhadap budaya, bahasa, dialek, dan tradisi lisan. | |||||
2.2. Menghayati dan menghargai keberagaman budaya, bahasa, dialek, dan tradisi lisan dalam upaya membangun masyarakat multikultur. | |||||
3.1 Menganalisis keterkaitan antara budaya, bahasa, dialek, dan perkembangan tradisi lisan di nusantara. | Keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa dialek, tradisi lisan dengan kehidupan masyarakat dalam suatu daerah. | Mengamati: :
Melakukan kajian literatur dan investigasi di masyarakat setempat untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa dialek, tradisi lisan dengan kehidupan masyarakat di wilayah setempat melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen/literatur dengan menggunakan panduan yang telah dipersiapkan sebelumnya.
Menanya: Melakukan kajian literatur dan diskusi untuk mempertanyakan berbagai pendapat para ahli tentang keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa dialek, tradisi lisan dalam masyarakat setempat melalui berbagai contoh nyata.
Mengumpulkan data (Mengeksplorasi): Melakukan kajian literatur, diskusi, dan eksplorasi tentang berbagai alternatif pemecahan permasalahan yang muncul sebagai dampak dari cara pandang seseorang tentang keberagaman budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan, dan masyarakat multikultur dan berbagai alternatif pemecahan masalah dengan menggunakan contoh-contoh nyata yang terdapat dalam masyarakat setempat.
Mangasosiasi: Melakukan analisis data,hubungan antar variabel, dan menghubungkan antara konsep atau pemikiran para ahli dengan kenyataan yang ada terkait dengan berbagai pandangan inidividu atau kelompok dalam upaya menyikapi secara positif tentang fenomena keberagaman budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan, dan masyarakat multikultur.
Mengkomunikasikan: Menyiapkan bahan-bahan presentasi dan menyajikan dalam berbagai bentuk baik secara lisan maupun tertulis, misalnya resume atau ringkasan, catatan penting, tanggapan/komentar, karikatur, refleksi dan kesimpulan tentang keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan dalam membangun masyarakat multikultur.
|
Tugas:
Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang berbagai konsep dan kajian para ahli tentang keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa dialek, tradisi lisan dengan kehidupan masyarakat dalam suatu daerah.
Observasi: Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin, toleransi, jujur, dan perilaku serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri, atau kelompok, apakah siswa tersebut mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.
Portofolio Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir .
Tes Melakukan tes bila diperlukan dalam rangka mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap pengertian, konsep pengertian, konsep tentang keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa dialek, tradisi lisan dengan kehidupan masyarakat dalam suatu daerah.
Refleksi (self asssessment): Pentingnya sikap jujur, tanggung jawab, toleransi, empati sebagai ungkapan rasa syukur terhadap berbagai perbedaan dan persamaan sebagai anugerah Tuhan. |
24 jp | Sumber :
Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian.
Media: Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat. |
4.1 Melakukan kajian literatur, diskusi dan pengamatan lapangan tentang keterkaitan antara budaya, bahasa, dialek, dan perkembangan tradisi lisan di nusantara. | |||||
3.2 Mendeskripsikan dan memetakan keberagaman pengguna bahasa, dialek, dan tradisi lisan di nusantara dan perannya dalam membangun masyarakat multikultur. | Pemetaan budaya, masyarakat pengguna bahasa dialek, dan tardisi lisan di suatu daerah dan nusantara | Mengamati:
Melakukan investigasi di masyarakat setempat untuk membuat pemetaan budaya, masyarakat pengguna bahasa dialek, dan tardisi lisan di suatu daerah dan nusantara melalui observasi, wawancara, dan/atau kajian dokumen/literatur dengan menggunakan panduan yang telah dipersiapkan sebelumnya.
Menanya: Melakukan kajian literatur dan diskusi untuk mempertanyakan berbagai pendapat para ahli tentang pemetaan budaya, masyarakat pengguna bahasa dialek, dan tardisi lisan di suatu daerah dan nusantara .
Mengeksplorasi: Melakukan dan membuat peta budaya dan pengguna bahasa, dialek, dan tardisi lisan di daerah setempat dan nusantara sebagai potensi sosial-budaya dalam membangun masyarakat multikultur.
Mangasosiasi: Melakukan analisis data dan hubungan antar variabel, dan menghubungkan antara konsep atau pemikiran para ahli dengan kenyataan yang ada terkait dengan pemetaan budaya, masyarakat pengguna bahasa dialek, dan tardisi lisan di suatu daerah dan nusantara sebagai kekayaan budaya dalam masyarakat multikultur.
Mengumpulkan data (Mengkomunikasikan): Menyiapkan bahan-bahan presentasi dan menyajikan dalam berbagai bentuk baik secara lisan maupun tertulis, misalnya resume atau ringkasan, catatan penting, tanggapan/komentar, karikatur, refleksi dan kesimpulan tentang memnfaat pemetaan budaya, bahasa, dialek, dan tradisi lisan sebagai kekuatan dalam membangun masyarakat multikultur. |
Tugas:
Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang pengertian, konsep, dan manfaat melakukan pemetaan keberagaman budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan, dan masyarakat multikultur
Observasi: Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin, toleransi, jujur, dan perilaku serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri, atau kelompok, apakah siswa tersebut mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.
Portofolio Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir .
Tes Melakukan tes bila diperlukan dalam rangka mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap pengertian, konsep pengertian, konsep, dan manfaat melakukan pemetaan keberagaman budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan, dan masyarakat multikultur.
Refleksi (self asssessment): Pentingnya sikap jujur, tanggung jawab, toleransi, empati sebagai ungkapan rasa syukur terhadap berbagai perbedaan dan persamaan sebagai anugerah Tuhan. |
32 jp | Sumber :
Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian.
Media: Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat. |
4.2 Membuat pemetaan budaya, bahasa, dialek , dan tradisi lisan di masyarakat setempat serta berperan aktif dalam upaya membangun masyarakat multikultur.
|
|||||
3.3 Menganalisis kesamaan dan perbedaan budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan yang ada di masyarakat setempat
|
Persamaan dan perbedaan budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan yang ada di masyarakat setempat
|
Mengamati: :
Melakukan investigasi di masyarakat setempat untuk mendeskripsikan dan menganalisis persamaan dan perbedaan budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan yang ada di masyarakat setempat melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen/literatur dengan menggunakan panduan yang telah dipersiapkan sebelumnya.
Menanya: Melakukan kajian literatur dan diskusi untuk mempertanyakan berbagai pendapat para ahli tentang persamaan dan perbedaan budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan yang ada di masyarakat setempat melalui berbagai contoh nyata.
Mengumpulkan data (Mengeksplorasi): Melakukan kajian literatur, diskusi, dan eksplorasi tentang persamaan dan perbedaan budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan yang ada di masyarakat setempat.
Mangasosiasi: Melakukan analisis data dan hubungan antar variabel, dan menghubungkan antara konsep atau pemikiran para ahli dengan kenyataan yang ada terkait dengan berbagai pandangan inidividu atau kelompok mengenai persamaan dan perbedaan budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan yang ada di masyarakat setempat.
Mengkomunikasikan: Menyiapkan bahan-bahan presentasi dan menyajikan dalam berbagai bentuk baik secara lisan maupun tertulis, misalnya resume atau ringkasan, catatan penting, tanggapan/komentar, karikatur, refleksi dan kesimpulan tentang persamaan dan perbedaan budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan yang ada di masyarakat setempat. |
Tugas:
Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang berbagai konsep dan kajian para ahli tentang persamaan dan perbedaan budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan yang ada di masyarakat.
Observasi: Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin, toleransi, jujur, dan perilaku serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri, atau kelompok, apakah siswa tersebut mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.
Portofolio Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir .
Tes Melakukan tes bila diperlukan dalam rangka mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap pengertian, konsep pengertian, konsep tentang persamaan dan perbedaan budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan yang ada di masyarakat.
Refleksi (self asssessment): Pentingnya sikap jujur, tanggung jawab, toleransi, empati sebagai ungkapan rasa syukur terhadap berbagai perbedaan dan persamaan sebagai anugerah Tuhan. |
32 jp | Sumber :
Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,
Media: Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat |
4.3 Melakukan diskusi, mengumpulkan kliping, dan pengamatan lapangan untuk memahami persamaan dan perbedaan budaya, bahasa, dialek, dan tradisi lisan yang berkembang dalam masyarakat | |||||
3.4 Mengemukakan contoh berbagai gejala melemahnya nilai-nilai budaya tradisional dalam berbagai masayarakat suku bangsa | Perubahan budaya dan melemahnya nilai-nilai tradisional | Mengamati:
Melakukan kajian literatur, diskusi, dan eksplorasi tentang berbagai permasalahan yang terkait dengan perubahan budaya, melemahnya nilai-nilai tradisional dan berbagai alternatif pemecahan masalah dengan menggunakan contoh-contoh nyata yang terdapat dalam masyarakat setempat.
Menanya: Melakukan kajian literatur dan diskusi untuk mempertanyakan berbagai pendapat para ahli tentang latar belakang dan proses terjadinya perubahan budaya dan melemahnya nilai-nilai tradisional dalam masyarakat setempat melalui berbagai contoh nyata.
Mengumpulkan data (Mengeksplorasi): Melakukan kajian literatur, diskusi, dan eksplorasi tentang berbagai alternatif untuk mengantisipasi berbagai dampak terjadinya perubahan budaya dan melemahnya nilai-nilai tradisional.
Mangasosiasi: Melakukan analisis data dan hubungan antar variabel, dan menghubungkan antara konsep atau pemikiran para ahli dengan fenomena yang terjadi di masyarakat setempat terkait dengan terrjadinya perubahan budaya dan melemahnya nilai-nilai tradisional di masyarakat setempat.
Berperan aktif dalam mendorong tumbuhnya sikap positif terkait dengan adanya perubahan budaya dan melemahnya nilai-nilai tradisional di masyarakat setempat dan di nusantara.
Mengkomunikasikan: Menyiapkan bahan-bahan presentasi dan menyajikan dalam berbagai bentuk baik secara lisan maupun tertulis, misalnya resume atau ringkasan, catatan penting, tanggapan/komentar, karikatur, refleksi dan kesimpulan tentang adanya perubahan budaya dan melemahnya nilai-nilai tradisional di masyarakat setempat dan di nusantara.
|
Tugas:
Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang berbagai konsep dan kajian para ahli tentang perubahan budaya dan melemahnya nilai-nilai tradisional.
Observasi: Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin, toleransi, jujur, dan perilaku serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri, atau kelompok, apakah siswa tersebut mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.
Portofolio Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir .
Tes Melakukan tes bila diperlukan dalam rangka mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap pengertian, konsep pengertian, konsep tentang perubahan budaya dan melemahnya nilai-nilai tradisional.
Refleksi (self asssessment): Pentingnya sikap peka dalam merespon secara positif tehadap perubahan sosial budaya dan sikap mencintai budaya sendiri dalam rangka memperkuat jatidiri, dan berpartisipasi aktif menjaga nama baik bangsa dalam pergaulan dunia. |
28 jp | Sumber :
Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,
Media: Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat. |
4.4 Menyusun rancangan, melaksanakan, dan mengkomunikasikan (lisan, tertulis, audio-visual) penelitian sederhana tentang melemahnya nilai-nilai budaya tradisionil dalam berbagai masyarakat suku bangsa. | |||||
3.5. Menggunakan metode etnografi dalam menganalisis kesamaan dan keberagaman bahasa, dialek, tradisi lisan dalam masyarakat multikultur | Metode etnografi dan manfaatnya dalam mencari solusi berbagai permasalahan sosial-budaya | Mengamati:
Melakukan kajian literatur dan diskusi tentang metode penelitian etnografi yang menjadi ciri khas penelitian antropologi.
Menanya: Melakukan kajian literatur dan diskusi untuk mempertanyakan berbagai pendapat para ahli tentang metode dan manfaat penelitian etnografi dalam mencari solusi berbagai permasalahan sosial-budaya di masyarakat setempat melalui berbagai contoh nyata.
Mengumpulkan data (Mengeksplorasi): Melakukan kajian literatur, diskusi, dan eksplorasi tentang berbagai metode dan hasil penelitian etnografi yang pernah dilakukan oleh para ahli antropologi.
Mangasosiasi: Menyusun rancangan penelitian etnografi sederhana tentang keunikan budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan dan perkembangannya (menetapkan tema, latar belakang, permasalahan, tujuan, metode, dan instrumen, dan menulis laporan).
Melakukan penelitian etnografi sederhana dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan kajian dokumen tentang keunikan budaya, bahasa, dialek, dan tradisi lisan yang ada di lingkungan masyarakat setempat
Mengkomunikasikan: Menyusun laporan dan mengkomunikasikan hasil penelitian etnografi dan menyajikannya dalam bentuk laporan, bahan presentasi atau tulisan/artikel, audio-visual dan sebagainya.
Mempersiapkan transparansi dan presentasi hasil laporan dalam berbagai bentuk, seperti laporan, tulisan/artikel, foto, gambar, tabel, grafik, dan audio-visual dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca.
|
Tugas:
Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang pendekatan, metode, teknik penelitian etnografi dan manfaatnya dalam mencari solusi berbagai permasalahan sosial-budaya.
Observasi: Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin, toleransi, jujur, dan perilaku serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri, atau kelompok, apakah siswa tersebut mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.
Portofolio
Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir .
Tes Melakukan tes bila diperlukan dalam rangka mengetahui sejauhmana pemahaman siswa tentang pendekatan, metode, teknik penelitian etnografi dan manfaat hasil dalam mencari solusi berbagai permasalahan sosial-budaya.
Refleksi (self asssessment): Pentingnya sikap kreatif, inovatif, jujur, tanggung jawab, toleransi, empati sebagai ungkapan rasa syukur terhadap berbagai keunikan, perbedaan dan persamaan sebagai anugerah Tuhan. |
20 jp | Sumber :
Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,
Media: Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat |
4.5 Melakukan studi etnografi di masyarakat setempat untuk menggambarkan tentang adanya kesamaan dan keberagaman budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan sebagai konsekuensi dari masyarakat yang multikultur |
sangat bermanfaat