Silabus Mata Pelajaran Sosiologi SMA Kelas X

November 28, 2015 in SOSIOLOGI SMA | Comments (2)

SILABUS MATA PELAJARAN SOSIOLOGI
(PEMINATAN ILMU-ILMU SOSIAL)
 
Satuan Pendidikan        : SMA/MA
Kelas                               :  X

Kompetensi Inti              :

KI 1    : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2    : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI 3     : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

 KI 4    : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1.1  Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghormati agama lain  

 

 

 

 

2.1  Mensyukuri keberadaan diri dan keberagaman sosial sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa

2.2  Merespon secara positif berbagai gejala sosial di lingkungan sekitar

3.1  Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial  yang terjadi di masyarakat

 

4.1  Melakukan kajian, diskusi dan menyimpulkan fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat

 

1.    Fungsi Sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat

 

Mengamati:

 

Mengamati  gejala sosial di masyarakat dari berbagai sumber pengetahuan sebagai rasa ingin tahu atas kebesaran Tuhan Yang Maha Esa

 

Menanya:

 

Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang apa, mengapa dan bagaimana memraktekkan pengetahuan Sosiologi dalam mengkaji gejala dan memecahkan permasalahan sosial dalam kehidupan bermasyarakat

 

Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:

 

Mengidentifikasi  gejala sosial dalam kehidupan bermasyarakat dari berbagai sumber pengetahuan dan hasil pengamatan

 

Mengasosiasikan:

 

Memberikan arti, merumuskan dan menyimpulkan hasil pengamatan untuk memperdalam pengenalan terhadap kehidupan sosial

 

Mengomunikasikan:

 

Menyampaikan hasil pengamatan dan kesimpulan yang diperoleh dari pengamatan dalam diskusi kelas

 

Tes:

 

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa  tentang fungsi Sosiologi dalam mengenali gejala sosial

 

Tugas:

 

Membuat kesimpulan tentang fungsi Sosiologi  dengan rumusan kata-kata sendiri  dan menyebut sumber-sumber bacaan yang digunakan

 

 

 

24 JP Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan  masyarakat di lingkungan setempat
3.2  Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta  antar kelompok

4.2  Melakukan kajian, diskusi, dan menyimpulkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompok

2.    Individu, kelompok  dan hubungan sosial

 

 

 

Mengamati:

 

Mengamati berbagai bentuk hubungan sosial antar individu dan antar kelompok di dalam bermasyarakat sebagai rasa ingin tahu atas kebesaran Tuhan Yang Maha Esa

 

Mengkaji hubungan sosial antar individu dan antar kelompok untuk memahami kehidupan sosial dalam bermasyarakat

 

Menanya:

 

Mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis dan mendiskusikan hasil pengamatan dan kajian tentang berbagai bentuk hubungan sosial antar individu dan antar kelompok serta proses pembentukan kelompok dengan rumusan pertanyaan yang sudah dikembangkan

 

Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:

 

Melakukan wawancara kepada individu atau kelompok yang ada di sekolah dan lingkungan sekitar  terkait hubungan sosial antar individu dan antar kelompok

 

Mengasosiasikan:

 

Menganalisis hasil  wawancara mengenai hubungan sosial  antar individu dan antar kelompok dengan menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi

 

Menemukan konsep dasar Sosiologi berdasarkan hasil pengamatan dan analisis tentang hubungan sosial

 

Menyimpulkan hasil temuan mengenai konsep dasar Sosiologi sebagai dasar untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok  serta antar kelompok

Mengomunikasikan:

 

Memaparkan hasil  pengamatan tentang hubungan sosial dan mendiskusikannya untuk mendalami konsep dasar Sosiologi

Tes:

 

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentang konsep dasar Sosiologi, yaitu  individu, kelompok, dan hubungan sosial

 

Tugas:

 

Membuat kesimpulan dari hasil kajian tentang konsep dasar individu, kelompok, dan hubungan  sosial  dengan rumusan kata-kata sendiri  dan menyebut sumber-sumber bacaan yang digunakan

 

Observasi:

 

Penilaian tentang perilaku saling menghormati, tanggung jawab,disiplin,  toleransi, jujur, kerjasama, gotong royong, cinta damai, responsif dan pro aktif  serta  kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri,  atau kelompok yang  mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

 

Portofolio:

 

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam memahami  hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompok

 

Sikap:

 

Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap bentuk hubungan sosial di masyarakat melalui berbagai instrumen

 

 

27 JP Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan  masyarakat di lingkungan setempat
3.3  Menganalisis berbagai gejala sosial dengan menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial di masyarakat

4.3  Melakukan kajian, diskusi dan mengaitkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk mengenali berbagai gejala sosial dalam memahami hubungan sosial di masyarakat

 

3.    Ragam gejala sosial dalam masyarakat Mengamati:

 

Mengamati ragam gejala sosial di masyarakat sekitar sebagai bentuk rasa ingin tahu atas penciptaan dan kebesaran Tuhan yang tercermin dan terwujud dalam kehidupan sosial

 

Menanya:

 

Mengajukan berbagai pertanyaan terkait hasil pengamatan dan mencermati berbagai gejala sosial dalam memahami hubungan sosial di masyarakat

 

Mendiskusikan berbagai pertanyaan dengan mengaitkan kecenderungan gejala sosial di masyarakat sebagai akibat dari hubungan sosial

 

Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:

 

Melakukan survey di masyarakat setempat  tentang berbagai gejala sosial melalui observasi, wawancara,  partisipasi dan kajian dokumen dan pustaka dengan menggunakan panduan yang telah dipersiapkan sebelumnya

Mengasosiasikan:

 

Menganalisis data dari hasil survey mengenai ragam gejala sosial di  masyarakat dengan mengaitkan konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial dalam  kehidupan kelompok dan masyarakat

 

Menentukan sikap dalam mengkritisi berbagai gejala sosial dan mengajukan pendapat dan atau jalan keluar atas berbagai gejala sosial yang ada sebagai bentuk tanggungjawab sosial dalam kehidupan kelompok dan masyarakat

 

 

Mengomunikasikan:

 

Mengomunikasikan pendapat secara individu dan kelompok berdasarkan hasil survey mengenai berbagai gejala sosial terkait  hubungan sosial dan pembentukan kelompok di masyarakat

 

Tes:

 

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap konsep dasar Sosiologi dalam mengenali berbagai gejala sosial di masyarakat

 

Tugas:

 

Membuat kesimpulan dengan mengaitkan konsep dasar Sosiologi dalam mengenali berbagai gejala sosial untuk memahami hubungan sosial  dan  menyebut sumber-sumber bacaan yang digunakan

 

Proyek:

 

Merencanakan, melaksanakan, dan membuat laporan serta mempresentasikan hasil survey tentang keragaman gejala sosial di masyarakat

 

Sikap:

 

Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap adanya keragaman gejala sosial di masyarakat melalui berbagai instrumen

 

27 JP Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan  masyarakat di lingkungan setempat
3.4  Menerapkan metode-metode penelitian sosial untuk memahami berbagai gejala sosial

4.4     Menyusunrancangan, melaksanakan dan menyusun laporan penelitian sederhana serta mengomunikasikannya dalam bentuk tulisan, lisan dan audio-visual

4.  Metode Penelitian Sosial

 

Mengamati:

 

Melakukan kajian pustaka tentang  metode-metode penelitian sosial sebagai persiapan untuk merancang penelitian sederhana mengenai berbagai gejala sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat

 

Menanya:

 

Merumuskan pertanyaan terkait metode penelitian sosial yang akan digunakan dalam penelitian sederhana tentang berbagai gejala sosial di masyarakat

 

Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:

 

Menyusun rancangan penelitian sederhana  tentang berbagai gejala sosial  terkait dengan hubungan sosial dan pembentukan kelompok dengan mengikuti langkah-langkah penelitian, yaitu penetapan  topik, latar belakang, permasalahan, tujuan, metode, dan instrumen penelitian (pedoman wawancara dan pedoman observasi).

 

Melakukan penelitian sederhana dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan kajian dokumen atau kajian pustaka tentang ragam gejala sosial dalam masyarakat

 

Mengasosiasikan:

 

Mengolah data, menganalisis dan menyimpulkan  hasil penelitian  tentang berbagai gejala sosial di masyarakat

 

Menyusun laporan hasil penelitian dengan mengikuti sistimatika penulisan ilmiah

 

Mengomunikasikan:

 

Menyajikan hasil  laporan dalam  berbagai bentuk, seperti tulisan/artikel, foto, gambar, tabel, grafik, dan audio-visual dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca.

 

Tes:

 

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap  metode penelitian sosial

 

Portofolio:

 

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam menunjukkan  sikap ilmiah

 

Proyek:

 

Merencanakan, melaksanakan, dan membuat laporan serta mempresentasikan hasil penelitian sosial sederhana tentang keragaman gejala sosial terkait hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompok di masyarakat

 

Sikap:

 

Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap pentingnya penelitian sosial dalam masyarakat melalui berbagai instrumen

 

27 JP Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan  masyarakat  di lingkungan setempat

 

 untuk mendownload file ini silahkan klik di bawah ini

Silabus Mapel Sosiologi SMA Kelas X


2 Responses to “Silabus Mata Pelajaran Sosiologi SMA Kelas X”

RSS feed for comments on this post.

  1. Comment by nunikNovember 29, 2015 pukul 4:39 am  

    gimana caranya biar bisa kaya gini kakak?

  2. Comment by oding wikantiNovember 29, 2015 pukul 4:55 am  

    judulnya satu saja kak, 🙂