MEWUJUDKAN UNIVERSITAS KONSERVASI BEREPUTASI DENGAN CARA MENERAPKAN TUJUH PILAR KONSERVASI DAN 11 NILAI KARAKTER KONSERVASI #1

Tema : Membangun Rumah Ilmu untuk Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi

MEWUJUDKAN UNIVERSITAS KONSERVASI BEREPUTASI DENGAN CARA MENERAPKAN TUJUH PILAR KONSERVASI DAN 11 NILAI KARAKTER KONSERVASI #1

Universitas Negeri Semarang (UNNES) adalah universitas konservasi. Yang menjunjung tinggi nilai-nilai konservasi yang terangkum dalam Tujuh Pilar Konservasi mulai dari pilar konservasi keanekaragaman hayati sampai dengan pilar kaderisasi konservasi. Universitas Negeri Semarang menduduki tingkat pertama sebagai universitas konservasi di Jawa Tengah. Dan menduduki tingkat ketiga sebagai Universitas Konservasi di Indonesia. Warga UNNES kita patut berbangga dengan hal ini.

Untuk mewujudkan UNNES agar menjadi Universitas Konservasi Bereputasi, kita sebagai warga UNNES perlu membangun UNNES agar menjadi rumah ilmu. Rumah dapat kita artikan sebagai tempat, dan ilmu dapat kita artikan sebagai pengetahuan. Jadi rumah ilmu dapat kita artikan sebagai tempat untuk menimba ilmu pengetahuan. Untuk mewujudkan universitas konservasi bereputasi kita perlu memahami terlebih dahulu Tujuh Pilar Konservasi yang telah ditetapkan Unnes sebagai pondasi dalam mewujudkan universitas konservasi. Tujuh pilar tersebut adalah:

  1. Pilar konservasi keanekaragaman hayati
  2. Pilar arsitektur hijau dan sistem transportasi internal
  3. Pilar pengelolaan limbah
  4. Pilar kebijakan nirkertas
  5. Pilar energi bersih
  6. Pilar konservasi etika, seni, dan budaya
  7. Pilar kaderisasi konservasi

Setelah mengetahui tujuh pilar tersebut kita diharapkan dapat melaksanakan dan menerapkannya dalam lingkungan Unnes agar tercipta rumah ilmu yang konservasi. Selain tujuh pilar tersebut kita juga harus mempunyai 11 nilai karakter konservasi yang juga menunjang untuk mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi, 11 nilai karakter konservasi tersebut yaitu religius, jujur, cerdas, adil, tanggungjawab, peduli, toleran, demokratis, cinta tanah air, tangguh dan santun.

 

 

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan ini adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.

 

Published by

Ifa shobicha

Nama : Ifa Shobicha Prodi : PGSD-Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: