Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

ANALISIS KETERSEDIAN DAN KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH

Isnarto1), Riza Arifudin2), Agung Wiyanto3)

1)Jurusan Matematika Universitas Negeri Semarang

2)Jurusan Ilmu Komputer Universitas Negeri Semarang

3)LP3 Universitas Negeri Semarang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang akurat terkait ketersediaan dan kebutuhan media pembelajaran di sekolah dasar Kota Semarang. Hal yang diungkap meliputi (1) gambaran tentang ketersediaan media pembelajaran di sekolah dasar, (2) gambaran tentang aktivitas guru dalam pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran, dan (3) gambaran tentang media yang dibutuhkan oleh guru untuk membantu pembelajaran yang dilakukan.

Desain penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, diarahkan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan fakta-fakta yang terjadi di sekolah dasar terkait dengan media pembelajaran. Penelitian dibatasi pada tiga mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) yaitu Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Bahasa Indonesia.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan media pembelajaran di mayoritas sekolah belum mencukupi untuk membantu guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Faktor yang menjadi penyebab kurangnya ketersediaan media pembelajaran antara lain (1) sedikitnya bantuan pemerintah (instansi terkait) berupa pengadaan media pembelajaran, (2) rendahnya pengalokasian anggaran untuk pengembangan media pembelajaran, (3) rendahnya kreativitas guru untuk memproduksi media pembelajaran, (4) kurangnya ketersediaan waktu bagi guru untuk dapat mengembangkan media pembelajaran. Sebagian besar, aktivitas guru terkait pemanfaatan dan pengembangan media masuk dalam kategori rendah. Sebesar 79,63% guru, dalam satu semester kurang dari 10 kali memanfaatkan media dalam pembelajaran yang dilakukan.

Guru lebih membutuhkan peningkatan kompetensi pengembangan media berbantuan komputer. Dari lima opsi yang ditawarkan, yakni (1) media bentuk fisik, (2) media bentuk cetak, (3) media bentuk audio, (4) media audio visual, dan (5) media berbantuan TIK, mayoritas guru (86%) memilih pendampingan pengembangan media berbasis komputer. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai landasan diperlukannya (1)  pendampingan pengembangan media pembelajaran kepada guru, dan (2) penelitian tentang pengembangan dan uji efektivitas media pembelajaran matematika di sekolah.

Kata Kunci:

Media, ketersediaan, kebutuhan

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: