Setiap individu pada dasarnya diciptakan oleh Allah SWT dengan segala kelebihan dan kekurangan. Kelebihan yang dimiliki oleh seseorang sebagai penutup dari kekurangan tersebut, akan tetapi kekurangan diberikan juga agar individu selalu terus berusaha dan percaya bahwa makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT tidak ada yang perfectionist atau sempurna. Selain kelebihan dan kekurangan tersebut, manusia juga diciptakan berpasang-pasangan dimana pribadi individu yang mempunyai kekurangan maka akan dilengkapi kekurangan tersebut oleh pasangannya. Subhnallah betapa indahnya engkau diciptakan. Kemudian, “nikmat mana yang engkau dustakan wahai manusia”. Dengan berbagai kekurangan yang dimiliki, orang lain diharapkan untuk memberikan saran atau masukan agar membangun dan mampu memotivasi seseorang yang memiliki kekurangan tersebut. Continued…
Posted in Praktek Laboratorium.
By Lenni Novia Lestari
– 05/01/2016
Materi ini diajarkan kepada siswa agar mampu memahami antropologi sebagai pengetahuan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa diharapkan mampu melakukan pengolahan data, menganalisis dan menyimpulkan hasil penelitian dan menyusun laporan hasil penelitian dengan mengikuti sistimatika penulisan ilmiah. Selain itu, siswa juga diharapkan untuk menyusun rancangan penelitian sederhana tentang berbagai gejala sosial terkait dengan hubungan sosial dan pembentukan kelompok dengan mengikuti langkah-langkah penelitian, yaitu penetapan topik, latar belakang, permasalahan, tujuan, metode, dan instrumen penelitian (pedoman wawancara dan pedoman observasi) dan melakukan penelitian sederhana dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan kajian dokumen atau kajian pustaka tentang ragam gejala sosial dalam masyarakat. Continued…
Posted in Pendidikan, Sosiologi SMA.
By Lenni Novia Lestari
– 19/12/2015
Materi ini diajarkan kepada siswa agar mampu memahami antropologi sebagai pengetahuan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa diharapkan mampu melakukan analisis data dari hasil survey mengenai ragam gejala sosial di masyarakat dengan mengaitkan konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial dalam kehidupan kelompok dan masyarakat dan menentukan sikap dalam mengkritisi berbagai gejala sosial dan mengajukan pendapat dan atau jalan keluar atas berbagai masalah sosial yang ada sebagai bentuk tanggungjawab sosial dalam kehidupan kelompok dan masyarakat. Continued…
Posted in Pendidikan, Sosiologi SMA.
By Lenni Novia Lestari
– 19/12/2015
Materi ini diajarkan kepada siswa agar mampu memahami antropologi sebagai pengetahuan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa diharapkan mampu menganalisis hasil wawancara mengenai hubungan sosial antar individu dan antar kelompok dengan menggunakan konsep-konsep dasar sosiologi, menemukan konsep dasar sosiologi berdasarkan hasil pengamatan dan analisis tentang hubungan sosial, dan menyimpulkan hasil temuan mengenai konsep dasar sosiologi sebagai dasar untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompok. Continued…
Posted in Pendidikan, Sosiologi SMA.
By Lenni Novia Lestari
– 19/12/2015
Materi ini diajarkan kepada siswa agar mampu memahami antropologi sebagai pengetahuan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa diharapkan mampu mengaitkan fungsi sosiologi dalam menemukan gejala sosial di masyarakat yang diperoleh melalui penggalian informasi dari berbagai sumber, dan merumuskan kesimpulan dari hasil pengamatan dan diskusi mengenai fungsi sosiologi dalam mengkaji gejala sosial di masyarakat .Selain itu, siswa juga harus mampu mengidentifikasi gejala sosial berdasarkan dan sesuai bentuk dan jenisnya dari hasil pengamatan dan penggalian informasi berbagai sumber. Continued…
Posted in Pendidikan, Sosiologi SMA.
By Lenni Novia Lestari
– 19/12/2015
Materi ini diajarkan kepada siswa agar mampu memahami antropologi sebagai pengetahuan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa diharapkan mampu melakukan klasifikasi ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar berdasarkan jenis dan bentuk pengelompokkan serta mengidentifikasi dan mengumpulkan data tentang ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar. Continued…
Posted in Pendidikan, Sosiologi SMA.
By Lenni Novia Lestari
– 19/12/2015
Materi ini diajarkan kepada siswa agar mampu memahami antropologi sebagai pengetahuan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa diharapkan mampu melakukan interpretasi data hasil survey tentang permasalahan sosial (kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial ekonomi dan ketidakadilan) dikaitkan dengan konsep keragaman kelompok sosial. Continued…
Posted in Pendidikan, Sosiologi SMA.
By Lenni Novia Lestari
– 19/12/2015
Materi ini diajarkan kepada siswa agar mampu memahami antropologi sebagai pengetahuan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa diharapkan mampu menganalisis hasil wawancara atau isian kuesioner mengenai sikap terhadap perbedaan sosial di masyarakat untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis berdasarkan prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara dan merumuskan langkah-langkah dan strategi untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat berdasarkan hasil analisis. Continued…
Posted in Pendidikan, Sosiologi SMA.
By Lenni Novia Lestari
– 19/12/2015
Materi ini diajarkan kepada siswa agar mampu memahami antropologi sebagai pengetahuan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa diharapkan mampu menganalisis dan mendiskusikan penyelesaian konflik menggunakan metode-metode penyelesaian konflik (mediasi, negosiasi, rekonsiliasi dan transformasi konflik) untuk tercapainya perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat. Continued…
Posted in Pendidikan, Sosiologi SMA.
By Lenni Novia Lestari
– 19/12/2015
Materi ini diajarkan kepada siswa agar mampu memahami antropologi sebagai pengetahuan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa diharapkan mampu mengolah data, menganalisis dan menyimpulkan hasil pemetaan tentang upaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat. Continued…
Posted in Pendidikan, Sosiologi SMA.
By Lenni Novia Lestari
– 19/12/2015
Komentar Terbaru