Disamping mampu menggunakan alat-alat yang tersedia, guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan alat-alat yang tersedia, guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan keterampilan membuat media pengajaran yang akan digunakannya apabila media tersebut belum tersedia serta mampu memilih media yang sesuai dengan pembelajaran.
Beberapa penyebab orang memilih media antara lain adalah :
- bermaksud mendemosntrasikannya seperti halnya pada kuliah tentang media;
- merasa sudah akrab dengan media tersebut,
- ingin memberi gambaran atau penjelasan yang lebih kongkrit; dan
- merasa bahwa media dapat berbuat lebih dari yang bisa dilakukannya.
Jadi dasar pertimbangan untuk memilih media sangatlah sederhana, yaitu memenuhi kebutuhan atau mencapai tujuan yang diinginkan atau tidak. Mc. Connell (1974) mengatakan bila media itu sesuai pakailah “If The Medium Fits, Use It!”
Dari segi teori belajar, berbagai kondisi dan prinsip-prinsip psikologi yang perlu mendapat pertimbangan dalam pemilihan dan penggunaan media adalah sebagai berikut :
- Motivasi
- Perbedaan individual
- Tujuan pembelajaran
- Organisasi isi
- Persiapan sebelum belajar
- Emosi
- Partisipasi Umpan balik
- Penguatan (reinforcement)
- Latihan dan pengulangan
- Latihan dan pengulangan
- Penerapan.
Referensi: Arief S. Sadiman, et al. Media Pendidikan, (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2007), hal. 84
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran. (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2007), hal.74
https://www.asikbelajar.com/2013/09/pengertian-manfaat-jenis-dan-pemilihan.html
“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan ini saya ambil dari blog-blog terpercaya serta saya cantumkan sumbernya.”