Reaksi Kimia bisa terjadi di manapun di sekitar kita, bukan hanya di laboratorium. Materi berinteraksi untuk membentuk produk baru melalui proses yang disebut reaksi kimia atau perubahan kimiawi. Di dalam kolam renang kita biasanya mencium bau kaporit dan tidak jarang mata kita pedih ketika terlalu lama di dalam kolam. Apakah mata kita pedih karena kaporit????? mari kita belajar tentang kimia dalam kolam renang…:) 🙂 😉

Untuk menghancurkan mikroorganisme dalam kolam renang dipakai diklorin atau senyawanya seperti kalsium hipoklorit. Kenyataannya, disinfektan yang paling potensial adalam asam hipoklorit. Spesies ini terbentuk apabila diklorin bereaksi dengan air sebagai berikut:

Cl2(aq) + H2O(l)  H3O+(aq) + Cl(aq) + HClO(aq)

Natrium karbonat (soda abu) ditambahkan untuk menetralkan ion hidronium menurut persamaan reaksi:

CO32-(aq) + H3O+(aq) → HCO3(aq)

Akibatnya keseimbangan reaksi diklorin dengan air bergeser kekanan dan oleh karena itu menghasilkan lebih banyak asam hipoklorit. Apabila dipakai kalsium hipoklorit, maka hidrolisis ion hipoklorit akan menghasilkan asam hipoklorit menurut persamaan reaksi:

ClO(aq) + H2O(l) → HClO(aq) + OH(aq)

Karena air menjadi bersifat basa, maka perlu ditambahkan asam untuk menjaga konsentrasi asam hipoklorit agar tetap cukup untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme yang lain, sayangnya asam hipoklorit akan terurai oleh cahaya pada temperatur tinggi menurut persamaan reaksi:

2HClO(aq) → 2HCl(aq) + O2(g)

Rasa pedih pada mata yang ditimbulkan oleh air kolam renang sesungguhnya bukan berasal dari terlalu banyaknya pemberian diklorin, melainkan karena hadirnya senyawa-senyawa kloramin seperti NH2Cl. Senyawa yang memedihkan ini terbentuk melalui reaksi asam hipoklorit dengan senyawa turunan ammonia seperti urea yang berasal dari urin si pemakai kolam, menurut persamaan reaksi:

NH3(aq) + HClO(aq) → NH2Cl(aq) + H2O(l)

 

Untuk menghilangkannya, diklorin perlu ditambahkan lagi, suatu proses yang dikenal sebagai superklorinasi. Diklorin tambahan ini akan beraksi dengan kloramin dan terurai menjadi asam hidroklorida dan dinitrogen menurut persamaan reaksi:

2NH2Cl(aq) + Cl2(aq) → N2(g) + 4HCl(aq)