tumblr_nsgugg5WOj1uzy76to6_r1_540

Nulis ini agak tergesa juga nih..karena udah diburu, hehe…
Belajar mendongeng kali ini diisi oleh Rona Mentari. Seorang storyteller yang menyukai seni, tradisional dan musik. Kak Rona dari Universitas Paramadina jurusan Ilmu Komunikasi. Dan sebentar lagi akan wisuda, amiin…
Pengalaman kak Rona Luar biasa. Mendongeng sampai ke New Zealand, Singapore dan Australia. Ini nih…yang namanya memanfaatkan betul tentang pasion yang kadang kita kurang bisa memaksimalkan.
Kak Rona juga mendirikan rumah mendongeng yang ada di Jogja dan vonder dengeng.tv
Keseruan langsung terlihat dari peserta, karena dibawakan dengan ringan dan menarik. Dongeng merupakan metode efektif untuk mengajari anak. Lihat jasa kenapa inggris bisa jadi negera “penakluk”. Menurut penelitian, waktu kecil anak inggris diceritakan tentang penaklukan penaklukan terhadap sesuatu.

Dalam mendongeng, penempatan anak dan pendongeng merupakan hal penting karena dengan hal ini akan menarik anak untuk selalu mengikuti.
Yang pertama berbentuk “later U” dengan hal ini pendongeng bisa berjalan kanan kiri untuk lebih dekat dengan anak. Yang kedua dengan memanfaatkan pojok suatu tempat sehingga konsentrasi anak dapat maksimal dan yang ketiga memisah audiens muda dan audiens tua, dimana audiens muda lebih difokuskan dengan menempatkan tepat pada pandangan utama pendongen.

So…dongeng itu bikin anak asik, jadi nanti kalau kelak jadi orang tua pinter pinter deh buat mendongeng. Dengan afirmasi yang positif, maka manfaatnyapun akan terasa.

Untuk lebih dekat dengan kak Rona Mentari bisa melalui:
Email: [email protected]
Facebook: Rona Mentari
Twitter: @ronamentari
Blog: ronamentari.blogspot.com / rumahdongengmentari.blogspot.com
Web: www.dongeng.tv

Oh ya…materi selanjutnya juga asik…dari kak Riri alumni Indonesia Mengajar angkatan 7 yang diterjunkan di Aceh membehas tentang perkembangan anak. Kak Rini sendiri sekarang sedang menempuh S2 Psikologi Universitas Indonesia.