6232523839_fb66f85458_b

Kereta berangkat sebelum fajar menyingsing. Dengan berlagak ala kadarnya, aku duduk sesui nomor yang ada pada tiket tanpa memperdulikan siapa kanan siapa kiri. Azan shubuh mulai sayup-mayup terdengar di kereta. Kejanggalan mulai dirasa ketika seorang yang memakai sepatu putih pergi ke kamar mandi. Setelah keluar, celan hitamnya dilipat dengan sepasang sepatu belum terpasang dengan rapi. Tepat sekali, orang tersebut berwudhu di kamar kamar mandi sempit seluas 1 bangku kereta.

Tanpa basa-basi, dia langsung bertanya kepada petugas kerena. Dimana mushola?. Tentu saja petugas tersebut langsung menunjuk keluar. 1 menit lebih 1 detik lagi ternyata kereta akan berangkat. Tidak cukup untuk menunaikan sholat. Orang tersebutpun kebingungan, tengok kanan tengok kiri dengan wajah yang sangat polos.

Dan…apa yang terjadi, kereta berjalan merayap diiringi dengan gerakan sholat seorang pemuda. Hal baru yang kau lihat selama menaiki kereta. Orang tersebut menunaikan sholat di tempat duduk kereta. Dengan ruku dan sujud sesuai ketentuan kalau orang menunaikan sholat dengan duduk. Subhanallah….

Dia mengajarkan kepada kita untuk senantiasa menjalankan ibadah tepat pada waktunya dimanapun dan kapanpun serta dalam kondisi apapun. Tanpa berucap, tapi dia langsung melaksanakan.

Seiring berjalannya waktu, kereta yang biasa aku tumpangi berangkat setelah subuh tepatnya jam 5. Alhamdulillah….Walaupun terkadang lebih 12 detik, hehehe…..