Makanan

Ane berkesempatan nih…untuk mencicipi makanan khas Sumbawa dalam sebuah

Poteng Jadi
Hidangan Poteng Jadi Tujak ini terdiri dari 2 makanan yakni “poteng” atau “tapai” dan “jaje tujak” atau di Jawa sering disebut “tetel”. Bahan poteng menggunakan ketan putih. Nah…menurut kepercayaan setempat, yang membuat poteng harus dalam keadaan suci yakni tidak sedang haid. Sebab jika yang membuat sedang datang bulan bisa merusak poteng. Sebaiknya, pembuatan poteng, khususnya saat akan menaburkan bubuk tape ketan dilakukan setelah selesai salat sehingga masih dalam kondisi suci atau berwudhu.
Rasa dari Poten Jadi enak banget dengan ketan yang asamnya pas dan dijamin bakal ketagihan.

Ketabang Telak Madu
Kalau yang satu ini ubi yang dimakan dengan madu khas Sumbawa. Sumbawa sendiri terkenal betul akan kualitas madu yang baik. Dengan berbagai varian madu hutan, kita bisa memilih. Outlet penjual madu juga banyak disini. Bagi yang ke Sumbawa harus coba tuh, nikmatnya madu Sumbawa.

Kopi Tepal
Kalau yang ini kopi khas Sumbawa. Tepal diambil dari nama desa penghasil kopi tersebut. Dari segi rasa beda dengan kopi yang tersebar di Jawa. Tepal punya kepaitan yang khas.

Bulu Berai
Bulu berai atau biasa disebut bolu yang memiliki kadar air. Kadar air tersebut bukanlah air putih, melainkan bolu yang direndam dengan mengunakan air gula. Hal tesersebut yang menjadikan tepung bolu berai Sumbawa berbeda dengan bolu pada umumnya. Sebab bolu pada umumnya kering dan tidak dicampur dengan air gula.

Kalau ke Sumawa jangan lupa cobain deh..makanan-makanan diatas. Dijamin nagih…. 🙂