Pendidikan adalah amanah dari rakyat yang harus diemban pula oleh seluruh elemen rakyat Indonesia untuk terus dikembangkan hingga mewujudkan manusia manusia yang berilmu dan berakhlak mulia. Menjadi bangsa yang besar menjadi satu tantangan tersendiri bagi Indonesia untuk memajukan pendidikan bagi rakyatnya. Keterbatasan akses,  jauhnya titik-titik lokasi yang memerlukan sentuhan lebih atas pendidikan dan banyak hal lain yang itu menjadi suatu peluang Indonesia untuk memajukan pendidikanya di negerinya sendiri. Bidang pendidikan adalah bidang yang sangat dinamis, perkembangan pendidikan berjalan dari hari ke hari. Tantangan yang dihadapi oleh pemerintah, masyarakat dan peserta didik semakin beragam. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah menjadikan peserta didik manusia yang cakap intelektual serta berakhlak mulia. Karena perkembangan zaman maka cara-cara pun harus mengikuti zaman baik konsep dan pelaksanaan di lapangan. Sehingga dengan upaya maksimal diharapkan mampu mewujudkan harapan dari tantangan tersebut.

Sebagai penggiat inovasi pendidikan Unnes memiliki tantangan yang siap untuk dihadapi. Dengan usia yang sudah setengah abad ini Unnes akan yakin melangkah kedepan untuk menjawab tantangan tantangan atas pendidikan di Indonesia. Bukan hal yang mustahil untuk menjawab tantangan tantangan itu sebab Unnes sudah memiliki sumber daya manusia yang baik, dosen yang kredibel dan mulai melakukan pembangunan pembangunan guna melengkapi sarana dan prasaran bagi para mahasiswa untuk menimba ilmu di Unnes.

Menjadi universitas konservasi tentu memiliki tantangan lebih dari universitas biasa. Dengan mendeklarasikan diri sebagai universitas berwawasan konservasi maka Unnes memiliki pekerjaan rumah yang harus diselesaikan untuk memenuhi kriteria sesuai dengan deklarasi  tersebut. Salah satu tujuan Unnes adalah agar dapat menjadi rumah ilmu bagi seluruh elemen dan yang paling utama adalah mahasiswa. Untuk memiikat masyarakat agar mereka tau bahwa Unnes adalah rumah ilmu maka Unnes harus menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk menimba ilmu. Seolah-olah mahasiswa dan dosen adalah anak dan orang tua yang sedang belajar dirumah mereka sendiri dengan segala fasilitas yang Unnes sediakan. Maka yang perlu dikembangkan adalah misal bidang ekonomi, pembangunan dan teknologi yang berbasis lingkungan. Kemudian sesuai dengan permintaan masyarakat yakni masyarakat membutuhkan manusia manusia yang berkarakter maka Unnes juga harus perhatian akan pengembangan karakter bagi seluruh elemen kampus.

Karakter yang harus dibangun oleh Unnes dengan mengembangkan karakter sumberdaya manusia secara personal dan secara global yang itu tidak bisa hanya dilakukan oleh satu pihak didalam lembaga Unnes namun ini harus dilaksanakan secara kolaborasi sehingga Unnes dapat menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas. Selain itu Unnes juga harus menanamkan pada setiap individu agar mereka selalu berpegang pada nilai kebajikan serta budi pekerti luhur sehingga selain cerdas untuk diri sendiri sumber daya manusia unnes dapat cerdas bagi orang lain seperti yang dicita-citakan orang tua kepada para mahasiswa seperti agar mereka menjadi pengusaha muda, innovator produk, peneliti yang kredibel dan sebagainya.

 

One Response to “Rumah ilmu, wawasan konservasi, Unnes dan pekerjaan rumahnya #1”

  1. Nurhuda Kharisna (5201414010) Says:

    :thumbup

Leave a Reply

Skip to toolbar