Hallo Berikut ini akan dipaparkan alokasi waktu, Kompetensi dan materi pelajaran Sosiologi kelas XI SMA/MA, berdasarkan Silabus mata Pelajaran Sosiologi di SMA/MA Kurikulum 2013.
Penggunaaan alokasi waktu pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI yaitu sebanyak 4 jam pelajaran/minggu
Adapun Penanaman Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Selain itu, Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Mata Pelajaran Sosiologi kelas XI Mencakup 10(sepuluh) Kompetensi Dasar sebagai berikut:
3.1. Memahami pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis
4.1. Menalar tentang terjadinya pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis
Dari Kompetensi 3.1 dan 4.1 diperluas kembali dalam bentuk materi pelajaran, yaitu materi tentang Pembentukan kelompok social, yang terdiri dari sub materi
- Dasar-dasar pembentukan kelompok
- Berbagai bentuk dan jenis kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat
- Karakteristik khusus atau partikularisme dan eksklusivisme kelompok
3.2. Memahami permasalahan sosial dalam kaitannya dengan pengelompokan sosial dan kecenderungan eksklusi sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis
4.2. Melakukan respon mengatasi permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat dengan cara memahami kaitan pengelompokan sosial dengan kecenderungan eksklusi dan timbulnya permasalahan sosial
Kompetensi 3.2 dan 4.2 diperluas kembali dalam bentuk materi pelajaran yaitu materi Permasalahan sosial dalam masyarakat yang terdiri dari sub materi
- Permasalahan sosial di masyarakat
- Partikularisme kelompok dan dilema pembentukan kepentingan publik
- Berbagai jenis permasalahan sosial di ranah publik
- Dampak permasalahan sosial terhadap kehidupan publik
- Pemecahan masalah sosial untuk mencapai kehidupan publik yang lebih baik
3.3. Memahami arti penting prinsip kesetaraan untuk menyikapi perbedaan sosial demi terwujudnya kehidupan sosial yang damai dan demokratis
4.3. Menerapkan prinsip-prinsip kesetaraan untuk mengatasi perbedaan sosial dan mendorong terwujudnya kehidupan sosial yang damai dan demokratis
Kompetensi 3.2 dan 4.2 diperluas kembali dalam bentuk materi pelajaran Perbedaan, kesetaraan dan harmoni sosial yang terdiri dari sub materi
- Partikularisme kelompok dan perbedaan sosial di masyarakat
- Kesetaraan untuk mencapai kepentingan umum atau publik
- Perbedaan dan kesetaraan antar kelompok dalam kehidupan publik
- Relasi antar kelompok dan terciptanya keharmonisan sosial dalam kehidupan masyarakat atau publik
3.4. Memahami konflik sosial dan bagaimana melakukan respon untuk melakukan resolusi konflik demi terciptanya kehidupan yang damai di masyarakat
4.4. Memetakan konflik untuk mampu melakukan resolusi konflik dan menumbuh kembangkan perdamaian di masyarakat
Kompetensi 3.4 dan 4.4 diperluas kembali dalam bentuk materi pelajaran Konflik, kekerasan, dan perdamaian yang terdiri dari sub materi
- Pemetaan konflik (konteks, issu, pihak-pihak, dan dinamika)
- Akar masalah dan sebab-sebab terjadi konflik
- Resolusi konflik (pencegahan, kelola, rekonsiliasi, dan transformasi)
- Peran mediasi dan pihak ketiga dalam penyelesaian konflik dan menumbuhkan perdamaian
kompetensi dasar yang terakhir yaitu:
3.5. Memiliki pengetahuan mengenai bagaimana melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi permasalahan sosial, konflik dan kekerasan di masyarakat
4.5. Melakukan penelitian sederhana berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan permasalahan sosial dan konflik yang terjadi di masyarakat sekitar
Kompetensi 3.5 dan 4.5 diperluas kembali dalam bentuk materi pelajaran Integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan yang terdiri dari sub materi
- Konflik bersifat kekerasan dan dampaknya terhadap perpecahan atau disintegrasi sosial
- Perdamaian dan integrasi atau kohesi sosial
- Pemulihan (recovery), rehabilitasi, reintegrasi dan transformasi sosial
Reintegrasi dan koeksistensi sosial dalam kehidupan damai di masyarakat
Itulah sedikit ulasan singkat mengenai Kompetensi Dasar dan materi pelajaran Sosiologi di kelas XI.
untuk informasi lebih lengkap silahkan download file di bawah ini
50-silabus-sosiologi-sma-peminatan_versi-120216-1