Globalisasi (Sosiologi kelas XII)

GLOBALISASI

  1. Pengertian Globalisasi

Globalisasi merupakan proses perubahan dimana proses globalisasi ini mengemparkan manusia. Banyak hal baru seperti kemajuan dan pesatnya teknologi yang di inovasi oleh manusia sehingga teknologi baru tersebut bisa digunakan berguna dan bermanfaat bagi kegiatan atau aktivitas manusia tertentu.

Istilah globalisasi berasal dari Bahasa Inggris, globalize yang pertama kali didefinisikan oleh Robertson seorang sosiolog dari Universitas Aberdeen yakni sebagai suatu proses pemadatan dunia dan pemerkayaan kesadaran dunia secara menyeluruh. Selain itu, Martin Albrow dan Elizabeth King mendefinisikan globalisasi sebagai suatu proses yang menyatukan penduduk dunia. Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), globalisasi ialah proses masuknya ke ruang lingkup dunia. Begitu banyak tokoh atau ahli mendefinisikan pengertian globalisasi. Intinya, globalisasi ialah seperti yang didefinisikan oleh Achmad Suparman, yaitu suatu proses menjadikan sesuatu (terkait akan perilaku / tradisi / budaya) sekelompok orang sebagai ciri dari setiap individu dari berbagai negara manapun.

Masyarakat indonesia tidak dapat menghindari kuatnya arus globalisasi. Masuknya bangsa-bangsa asing sejak jaman penjajahan dahulu kala, santer membawa ideologi baru ke negara ini. Seiring perkembangan jaman, globalisasi kian berkembang menuju arah ke modernisasi. Dampak yang ditimbulkan oleh globalisasi mempengaruhi sistem tatanan pemerintahan, ekonomic, sosial, pendidikan, bahkan budaya di negara kita. Adapun dampak yang ditimbulkan oleh globalisasi ialah sebagai berikut:

 

 

 

Dampak positif

  1. Bidang informasi

Perkembangan teknologi yang kian mutakhir menyebabkan arus globalisasi semakin cepat menyebar. Adanya internet dan didukungnya dengan perangkat yang kian mudah didapat oleh masyarakat Indonesia, membuat semua kalangan dapat dengan mudah mendapatkan informasi dari berbagai belahan dunia manapun.

  1. Bidang pendidikan dan teknologi

Tak sedikit masyarakat indonesia yang menuntut pendidikan di luar negeri, begitu pula orang asing yang datang untuk menuntut ilmu atau mengajar ke indonesia. Hal ini akan mempengaruhi bidang ilmu pengetahuan (pendidikan) dan perkembangan teknologi di negara kita. Selain itu, didukung dengan mudahnya perolehan informasi membuat pembaharuan-pembaharuan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, dengan  teknologi yang semakin canggih, kini individu-individu yang memiliki jarak yang jauh tetap dapat berkomunikasi dengan biaya yang murah. Dengan demikian, meski berjauhan tetap dapat berkomunikasi satu sama lain. Efek lain yang dirasakan dari meningkatnya teknologi ialah terciptanya alat-alat elektronik (mesin) yang memudahkan manusia dalam menjalankan aktivitas yang dilakukan, serta mempermudah manusia dalam melakukannya. Dengan demikian, akan mengefesiensikan waktu yang diperlukan.

  1. Bidang ekonomi

Dampak globalisasi lainnya ialah dalam bidang ekonomi. Masuknya investor-investor asing ke negara kita membuat neraca perekonomian mengalami perubahan. Dengan demikian, mempengaruhi kebijakan-kebijakan ekonomi di negeri ini agar dapat bersaing dengan negara asing.Dari sisi lain dalam bidang ekonomi, dampak positif yang ditimbulkan dari globalisasi kepada masyarakat ialah meningkatnya taraf hidup masyarakat. Sebagian masyarakat kini dapat memanfaatkan penggunaan teknologi kini makin merata yang dapat digunakan dalam bidang ekonomi (bisnis) yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Persaingan yang terjadi antar pebisnis pun makin sehat dengan keterbukaan informasi yang semakin mudah didapatkan.

  1. Bidang kesehatan 

Berkembangnya teknologi juga mempengaruhi bidang pengobatan. Dengan didukung teknologi yang makin mutakhir, mempermudah penyembuhan penyakit-penyakit tertentu.

Dampak negatif

  1. Bidang informasi

Mudahnya perolehan informasi tak seutuhnya membawa dampak positif. Postingan-postingan yang membawa ideologi tertentu atau yang menampakkan tindak asusila sangat cepat beredar, sehingga pemerintah sendiri pun kesulitan dalam memfilter postingan-postingan tersebut. Hal yang sangat dikhawatirkan ialah, postingan-postingan tersebut dapat mempengaruhi sebagian masyarakat Indonesia, terutama anak-anak. Dan ternyata tak sedikit tindakan menyimpang yang dilakukan oleh masyarakat tak jauh dari tayangan-tayangan tak senonoh tersebut. Parahnya, sebagian besarnya korban atau pelakunya dalam usia anak-anak atau remaja.

  1. Bidang ekonomi

Kesenjangan ekonomi yang terjadi di masyarakat terjadi karena pemerataan akses informasi atau teknologi belum seluruhnya dirasakan oleh masyarakat indonesia. Hadirnya pasar-pasar asing di negeri ini yang menawarkan produk-produk kebutuhan dengan teknologi canggih, membuat masyarakat takjub dan tertarik. Sementara itu, mahalnya biaya untuk memperoleh kebutuhan dan pendidikan membuat sebagian besar masyarakat masih menempuh cara-cara lama dalam bidang ekonomi. Oleh karena itu, produksi lokal menjadi turun atau kalah saing.

  1. Bidang sosial

Sementara dampak buruk pada bidang sosial ialah hilangya norma-norma sosial yang berlaku di masyarakat. Kesenjangan antar individu makin meningkat. Masyarakat cenderung menjadi individualisme menjadi masyarakat yang anti sosial.

  1. Bidang kebudayaan

Masuknya ideologi-ideologi negara asing ke negara kita mempengaruhi sedikit banyak dari kebudayaan kita. Dapat kita amati pada generasi muda yang mencintai budaya orang asing (hollywood, bollywood, k-pop, dan lain-lain) sehingga meninggalkan kebudayaan asli Indonesia. Hal ini akan membuat kebudayaan kita terancam punah. Jika kita tidak membentengi diri maka kita akan tenggelam dalam hal ini, maka kita tidak memiliki jati diri. Budaya adalah karakteristik suatu bangsa, bangsa yang besar ialah bangsa yang mencintai budayanya. Sebagai warga negara Indonesia, kita patut bersyukur karena negara kita akan budaya dan sumber daya. Banyak negara asing yang ingin menguasai dan mencurinya dari negara kita. Dengan demikian, mengetahui budaya adalah salah satu wujud cinta tanah air.

Sumber:

Muin Idianto.2006.SOSIOLOGI SMA/MA jilid 3 untuk kelas XII.Jakarta: Erlangga

https://www.kelasindonesia.com/2015/06/contoh-artikel-tentang-globalisasi.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: