Macam-Macam Kenakalan Siswa

November 26th, 2015 by sarasnoya45 Leave a reply »

Kenakalan remaja/siswa adalah suatu perbuatan yang melanggar norma, aturan, atau hukum dalam masyarakat yang dilakukan pada usia remaja atau transisi masa anak-anak ke dewasa.Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya. Menurut saya penyebab kenakalan siswa ada 3 penyebabnya yaitu Kenakalan karena khilaf(tidak sengaja), terpaksa, dan iseng. Ketiga penyebab kenakalan siswa tersebut saling berhubungan.
Sebelumnya saya akan menjelaskan tentang jenis-jenis kenakalan tersebut. Kenakalan karena khilaf atau ketidak sengajaan yaitu kenakalan yang dilakukan atas dasar ketidak sengajaan, hal ini tergolong kenakalan karena apa yang telah dilakukan melanggar hak-hak orang lain. Kenakalan jenis ini dapat memicu jenis kenakalan yang lain. Misalnya saja Dino tidak sengaja mengambil buku Ratih karena secara tidak sengaja Dino memasukkan buku Ratih ke tasnya. Sehingga Ratih dengan sengaja menggampar Dino karena menganggap Dino mengambil bukunya secara sengaja.
Kedua adalah kenakalan siswa karena terpaksa, mungkin ini agak aneh tetapi meneurut saya ini memang ada. Menurut pengalaman saya ada beberapa siswa yang melakukan kenakalan karena mereka memang harus melakukan itu, maksudnya ada masalah yang mengharuskan mereka untuk melakukan itu meskipun misalnya mereka tidak melakukan kenakalan tersebut pun bisa. Sebagai contoh Budi tadi pagi diberi uang ibunya untuk membayar buku tetapi sesampai disekolah separuh uangnya hilang entah kemana. Tanpa berfikir panjang Budi mengambil uang temannya untuk mengganti uangnya yang hilang karena takut dimarahi Ibunya jika tidak membayar buku. Kenakalan ini dilakukan Budi karena ada keterpaksaan, Budi sudah tahu jika hal itu salah tetapi karena keadaan yang menuntut itu maka dia terpaksa melakukan itu meskipun jika saja dia meminta maaf kepada Ibunaya bahawa uangnya hilang juga bisa.
Kenakalan yang terakhir menurut versi saya yaitu kenakalan karena iseng. Kenakalan yang seperti inilah yang sangat berbahaya karena sudah pakai niatan untuk melakukannya. Kenakalan seperti ini biasanya adalah kenakalan-kenakalan kecil yang hanya ingin sekedar mengganggu teman. Tetapi respon dari yang diiesngi berbeda ada yang menganggap itu hal biasa tetapi ada juga yang menganggap sebagai kejahatan besar karena dia merasa sangat terganggu. Oleh karena itu kenakalan ini dapat memicu kenakalan karena terpaksa yaitu respon balik dari korban yang bisa saja lebih besar dari kejahatan sebelumnya.
Demikian pengertian-pengertian penyebab kenakalan siswa menurut sebabnya versi saya,nantikan pembahasan selanjutnya yang lebih mendalam. Mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan. Terimaksih sudah menyempatkan membaca postigan saya.

 

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Advertisement

Leave a Reply

Skip to toolbar