Mengembangkan sikap peduli lingkungan kepada mahasiswa melalui pendidikan konservasi #2

November 19, 2015 in Uncategorized | Comments (0)

Dengan adanya pendidikan konservasi diharapkan tiap mahasiswa dapat mengembangakan akan kepeduliah terhadap kebersihan lingkungan juga dapat meningkatkan pengetahuan , ketrampilan dan kesadaran mahasiswa tentang nilai-nilai lingkungan dan isu permasalahan lingkungan , oleh karena itu Universitas negeri semarang menyelenggarakan berbagai kegiatan demi terlaksananya kegiatan konservasi di kampus Unnes. Misalkan menanam pohon serempak bagi mahasiswa semester 1,mengadakan lomba pantun bahasa jawa (parikan) yang bertemakan konservasi, senam sehat di hari jumaat bersama.

Warga Unnes juga berkewajiban mendukung pelaksanaan tata kelola kampus berbasis konservasi dengan mewujudkan 7 pilar utama universitas konservasi , yaitu:
1). Konservasi keanekaragaman hayati
2). Arsitektur hijau dan sistem transportasi internal
3). Pengelolaan limbah
4). Kebijakan nirkertas
5). Energi bersih
6). Konservasi, etika, seni, dan budaya
7). Kaderissasi konservasi

Masing-masing pilar tersebut harus dilaksanakan secara berurutan dalam program-program yang dilaksanakan oleh mahasiswa Unnes, karyawan Unnes dan waga. Dengan begitu dapat terciptanya lingkungan yang bersih sehat dan aman.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”


Leave a Reply