Lembaga Pendidikan

PENDAHULUAN

 

Sekolah tergolong dalam Approved Social Institution yang berarti lembaga tersebut diterima oleh masyarakat karena dirasa memberikan manfaat dan keuntungan serta sangat dibutuhkan.Pada saat ini terdapat beberapa lembaga pendidikan seperti Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama yang kehilangan fungsinya sebagai lembaga pendidikan yang semestinya. Dimana hal tersebut terjadi karena disebabkan oleh semakin berkurangnya siswa – siswi yang menuntut ilmu disekolah tersebut atau bisa jadi disebabkan karena lokasi sekolah yang jauh dari jangkauan penduduk dan disertai kurangnya kelengkapan fasilitas pebelajaran sehingga masyarakat lebih memilih untuk menyekolahkan anak – anaknya ke sekolah yang lebih terjangkau dan memiliki fasilitas yang memadai dalam kegiatan belajar – mengajar. Masalah yang terjaid semacam itu sering kali terjadi pada Sekolah Dasar atau SD yang dimana biasanya disetiap daerah memiliki lebih dari satu SD yang berdiri disekitar penduduk sehingga menimbulkan persaingan yang kuat antar sekolah dalam kualitas pengajaran dan kualitas kepribadian, berbeda dengan SMP atau SMA yang disetiap daerah hanya terdapat beberapa sekolah yang berdiri sehingga akan sangat jarang yang mengalami alih fungsi. Hal tersebut secara tidak langsung akan menimbulkan masalah yaitu dimana sekolah yang memiliki kualitas tidak dapat mengimbangi sekolah yang lain maka akan mengalami kekurangan siswa karena orang tua pasti akan lebih memilih memasukkan anaknya ke sekolah yang memiliki fasilitas dan kualitas yang lebih baik, sehingga sekolah tersebut lambat laun akan mengalami kemunduran dan akhirnya sekolah ditutup atau bahkan dialih fungsikan tidak lagi berfungsi sebagai lembaga pendidikan. Tetapi meskipun demikian, ada pula SD yang masih bertahan dan berjalan hingga saat ini meskipun sudah didirikan sejak lama karena pengelolaan yang stabil baik dalam segi fasilitas dan kualitas dalam pembelajaran dan guru yang membimbing. Sehingga akan mengurangi potensi kemunduran dalam sekolah tersebut karena dapat mengikuti perkembangan.

 

PEMBAHASAN

Di suatu dareah terdapat Sekolah Dasar(SD), dimana letaknya berada di Kabupaten Temanggung.Sekolah tersebut adalah SD Negeri 1 Kowangan, Temanggungyang telah ada sejak beberapa puluh tahun yang lalu yang hingga saat ini masih tetap bertahan. Sebagian besar siswa – siswinya adalah anak – anak dari daerah sekitar. Sekolah dasar ini hingga sekarang masih terus berjalan sebagaimana fungsi sekolah, bahkan semakin mengalami perkembangan yang stabil dan mengalami kemajuan sesuai dengan perkembangan zaman. Sekolah memiliki fasilitas pembelajaran yang tergolong lengkap yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, guru – guru yang mengajar disana juga memiliki kemampuan yang sudah memadai karena sebagian besar telah berpendidikan S1.

Sekolah ini memiliki visi&misi serta tujuan dan motto yaitu :

VISI

 

Terwujudnya SD Negeri 1 Kowangan, Temanggung , Prima Dalam Prestasi Santun Dalam Berperilaku Dan Berbudi Luhur.

 

MISI

1.Menyiapkan Sumber Daya Manusia Yang Berakhlak.

2.Memberikan Pelayanan Pendidikan Yang Profesional.

3.Melaksanakan Bimbingan Belajar Yang Efektif.

4.Mengefektifkan Penyaluran Bakat Dan Minat Siswa.

5.Memotivasi Seluruh Warga Sekolah Untuk Meningkatkan Kepedulian Dalam Pendidikan

6.Memberikan Pelayanan Administrasi Yang Ramah, Tepat Dan Cepat.

7.Menanamkan Kebiasaan Untuk Gemar Membaca Dan Menulis.

 

TUJUAN

  1. Mengembangkan Logika, Etika, Estitika Dan Praktik.
  2. Menyiapkan Siswa Masuk/Melanjutkan Sekolah Menengah Pertama.

 

 

MOTTO

  1. Ikhlas Berbuat.
  2. Dedikasi Tinggi.
  3. Orientasi Pada Tugas.
  4. Layanan Prima.
  5. Administrasi Tertib.
  6. Kinerja Tinggi.
  7. Untuk Sekolah.
  8. Berbudi Luhur.

 

Dimana visi, misi, tujuan dan motto tersebut dapat diterapkan dengan baik kepada siswa – siswi melalui guru yang memberikan pengajaran dengan penyampaian yang baik sehingga siswa dapat menerima dan memahami apa fungsi dari visi, misi, tujuan dan motto sekolah mereka dalam membentuk pribadi setiap siswa – sisiwi.

Sekolah dasar ini masih berjalan sesuai dengan fungsi dari lembaga pendidikan yaitu :

  • Untukmemenuhikeperluan – ­keperluanpenerangandanpendidikan.
  • Supayaindividumenjadianggotamasyarakat yang berguna.
  • Sebagaisuatuupayasistematisuntukmengajarkanapa yang tidakbisadipelajarisecaramudahdalamlingkungankeluarga.
  • Adanyaperkembanganjaman yang semakinpesatyang berdampakmenggeserpadaprinsiphidupmanusia.
  • Mampumeningkatkankualitashidup.

 

PENUTUP

Sekolah adalah suatu lembaga pendidikan yang memiliki fungsi yang sangat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat untuk menciptakan generasi muda yang berpendidikan dan memiliki pemikiran yang kritis yang akan menjadi generasi penerus yang baik. Sekolah Dasar adalah titik awal seorang anak memperoleh ilmu baik akademik maupun pembentukan karakter kepribadian yang akan semakin berkembang. Maka seharusnya mulai sejak Sekolah Dasar harus sudah ada fasilitas dan kualitas yang baik. Dengan demikian, sekolah dasar yang sudah jauh tertinggal lebih baik dialih fungsikan agar pemerintah dapat lebih optimal dalam pengembangan.

Posted by sella ewinda p   @   21 November 2015

Like this post? Share it!

RSS Digg Twitter StumbleUpon Delicious Technorati

0 Comments

No comments yet. Be the first to leave a comment !
Leave a Comment

Name

Email

Website

Previous Post
«
Next Post
»