sosio is logic

soiologi ada disekitar kita tanpa kita sadari

Ahmadiyah dan Aborsi dalam Prespektif Filsafat

 

  1. Ahmadiyah dijelaskan menggunakan filsafat

Kebenaran yang mutlak adalah kebenaran agama. Kebenaran agama menjadi hal yang sakral dan tidak bisa jika diperdebatkan karena kebenaranya sudah final. Namun semua agama memiliki tafsir-tafsir atau aliran atau sekte yang masih mengatasnamakan kebenaran agama. Misalnya dalam agama kristen ada aliran kristen katolik dan ada aliran kristen protestan. Sedangkan dalam agama islam terdapat aliran suni dan aliran syiah. Namun aliran suni masih bisa dibagi lagi menjadi berbagai macam faham, misalkan di Indonesia saja terdapat faham muhamadiyah, NU, Ahmadiyah, MTA, dan LDII. Dengan demikian sebenarnya perbedaan tafsir atas agama yang membuat ritual dan ideologi keagamaanya berbeda adalah hal yang lumrah terjadi di semua agama. Read more…

posted by zakaria ahmad in sosiologi and have Comments (6)

EKPLOITASI AIR TANAH DEMI PANEN PADI

PENDAHULUAN

Desa Donoyudan adalah desa yang mayoritas pendududuknya bermatapencaharian sebagai petani. Di desa Donoyudan terdapat dua lahan yaitu lahan persawahan dan lahan tegalan. Pada umumnya lahan tegalan adalah lahan yang ditanami ketela pohon, kencur, dan kadang juga kacang tanah, sedangkan lahan persawahan adalah lahan pertanian yang ditanami padi, jagung, kacang tanah, dan cabai. Perbedan umum dari lahan persawahan dan lahan tegalan adalah ketersediaan air irigasi untuk tanaman. Lahan persawahan memiliki irigasi dari sumur bor atau pun bendungan sungai sedangkan lahan tegallan tidak memilikinya. Hal inilah yang menyebabkan perbedaan tanaman yang ditanam pada kedua lahan pertanian tersebut. Read more…

posted by zakaria ahmad in antropologi and have Comment (1)

“ Preman is me “

 

“ Preman is me “ preman kalimat yag terbersit oleh saya saat melihat anak-anak sekolah yang sedang nongkrong di sebuah post kamling seperti yang terlihat seperti gambar diatas. Foto diatas saya ambal pada pukul 06:45 wib di depan pondok pesantren Al asror. Sebenarnya siswa yang nongkrong bukan hanya yang terlihat pada foto di atas, jika anda datang sendiri kesana anda akan melihat kerumunan anak-anak sekolah leih dari 25 0rang yang sedang nongkrong dengan berkelompok-kelompok. Meskipun demikian, dari yang saya lihat sepintas setiap kelompok siswa yang sedang nongkrong tidak berinteraksi dengan kelompok lain. Read more…

posted by zakaria ahmad in antropologi and have Comments (4)

MAKALAH SOSIOLOGI AGAMA AGAMA DAN MASALAH MAKNA (TALCOTT PARSONS)

 

 

 

  1. FUNGSIONALISME STRUKTURAL TALCOTT PARSONS

Talcott Parsons melahirkan teori fungsional tentang perubahan. Dalam teorinya, Parsons menganalogikan perubahan sosial pada masyarakat seperti halnya pertumbuhan pada mahkluk hidup.  Komponen utama pemikiran Parsons adalah adanya proses diferensiasi. Parsons berpendapat bahwa setiap masyarakat tersusun dari sekumpulan subsistem yang berbeda berdasarkan strukturnya maupun berdasarkan makna fungsionalnya bagi masyarakat yang lebih luas. Ketika masyarakat berubah, umumnya masyarakat tersebut akan tumbuh dengan kemampuan yang lebih baik untuk m

posted by zakaria ahmad in sosiologi and have Comments Off on MAKALAH SOSIOLOGI AGAMA AGAMA DAN MASALAH MAKNA (TALCOTT PARSONS)

GAYA HIDUP REMAJA TENGGER DESA NGADAS

 

 

 

Abstrak

Remaja Suku Tengger di Desa Ngadas merupakan objek kajian observasi yang sangat menarik untuk diteliti,  dimana para remaja di sana hidup dalam lingkungan adat yang mengikat. Di samping itu mereka juga tinggal di desa pariwisata yang membuat mereka harus menerima kebudayaan baru yang datang bersamaan dengan para wisatawan yang mengunjungi desa mereka. Dalam penelitian ini penulis ingin menjelaskan bagaimana dampak budaya baru dan teknologi bagi  para remaja Tengger di Ngadas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengamatan, wawancara, dan dokumentasi suara dan gambar dalam pengambilan datanya. Seperti desa-desa adat lainnya para remaja Tengger juga diikat dengan peraturan yang mengatur pergaulan hidup mereka dengan teman sebayanya. Tingkat pendidikan di desa Ngadas rendah akibat lapangan kerja yang terbuka lebar, sehingga para remaja memilih untuk bekerja dari pada sekolah. Perkembangan pariwisata membuat para remaja di sana dengan cepat menerima budaya baru dari luar serta teknologi akibat globalisasi. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi mereka dapat dengan cepat mengetahui informasi, dan melakukan komunikasi. Mereka juga telah mengenal internet dan bahkan mempunyai akun jejaring sosial. Gaya hidup mereka pun menjadi lebih modern, tetapi tetap menjaga dan ikut serta dalam segala adat istiadat desa mereka.

Kata Kunci :Gaya hidup, Kondisi sosial budaya,Modernisasi,  Remaja, Tengger Read more…

posted by zakaria ahmad in sosiologi and have Comments (3)

Hello world!

Welcome to Jejaring Blog Unnes Sites. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!

posted by zakaria ahmad in pengetahuan umum and have Comment (1)
Skip to toolbar