Tips Untuk Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Tips Untuk Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

 

Tips Untuk Baterai Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama ~ Laptop merupakan salah satu perangkat teknologi yang hampir dimiliki semua orang khususnya kalangan pebisnis dan pelajar saat ini.

Bentuknya yang beragam mulai dari yang kecil hingga memiliki LCD yang cukup lebar sampai yang menggunakan teknologi touchscreen membuat banyak orang bis dengan leluasa memilih sesaui kebutuhan mereka.

Alat satu ini memang memiliki multifungsi, diantaranya sebagai sarana office untuk mengetik dokumen ataupun sarana hiburan seperti  surfing di internet.

baterai-laptop-cepat-habis

Daya baterai laptop

Berbagai merk laptop pun bermunculan dengan berbagai keistimewaannya masing-masing, namun yang paling mendasar adalah daya baterai laptop sendiri yang menyongkong laptop ini agar dapat digunakan dalam waktu lama.

Baterai laptop haruslah tetap dalam kondisi yang baik agar bila tidak ada listrik  masih bisa digunakan dengan baik. Sayangnya pemakaian yang salah dan perawatan yang kurang tepat membuat baterai dari alat ini mudah sekali tidak tahan lama sehingga mengakibatkan kerusakan yang membuat baterai mudah lemah.

Baca juga artikel ini Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

Banyak pula kita jumpai kerusakan baterai seperti bila tidak dibarengi dengan mengisi baterai maka laptop tidak bisa menyala bahkan membuat baterai tidak bisa berfungsi sama sekali sehingga harus  di-charger terus agar laptop bisa digunakan.

Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya anda perlu memperhatikan beberapa tips yang dijelaskan dibawah ini :

1. Bila anda melakukan pengisian akan lebih baik bila pengisiannya dapat mencapai 100 persen.

2.  Bila telah mencapai 100 persen segera cabut kabel pengisian anda dari laptop dan jangan tiba-tiba mencabutnya bila belum mencapai 100 persen.

3. Bila anda sedang melakukan isi ulang jangan tiba-tiba melepas baterai dari laptopnya.

4. Lakukan pengisian bila baterai tinggal 10 persen dan jangan tunggu baterai anda benar-benar habis dan laptop mati seketika.remaining-baterai

5. Bila baterai anda tidak sedang digunakan alangkah baiknya bila anda melepasnya dalam keadaan baterai masih terisi penuh lalu menaruhnya dalam tempat yang kering dan terhindar dari binatang yang dapat merusak baterai anda.

6. Pilihlah hibernate daripada stand by bila anda ingin menggunakan laptop tersebut lagi.

7. Redupkan layar laptop anda agar tidak memakan daya baterai dan laptop dapat digunakan dalam waktu lama.

8. Jauhkan baterai laptop anda dari sinar matahari dan suhu yang ekstrim.

9. Jangan lupa matikan wifi yang aktif bila tidak digunakan lagi serta perangkat lainnya seperti flashdisk jika penggunaannya telah selesai.

10. Close program yang tidak digunakan lagi agar kinerja power yang di gunakan lebih efisien.

11. Hindari kontak fisik yang dapat membuat kerusakan langsung terhadap baterai laptop seperti peletakan laptop yang tidak sembarangan agar laptop tidak jatuh dan mendapatkan benturan terhadap perangkat di dalamnya seperti baterai laptop sendiri.

12. Bila anda melepaskan baterai namun laptop anda dinyalakan sebaiknya menggunakan Uninterrruptible Power Supply atau biasa dikenal juga dengan UPS agar terhindar crash pada listrik.

13. Upayakan menggunakan charger yang memang pasangan dari laptop anda agar daya tahan laptop anda tetap terjaga dan awet digunakan dalam jangka waktu yang lama.

baterai-laptopBaterai laptop sendiri mengalami kerusakan tidak tergantung pada suhu, frekuensi penggunaan atau lama pengisian ulang baterai itu sendiri namun dari kurang tepatnya penggunaan dan perawatan dari si pemilik sehingga baterai menjadi tidak awet.

Baterai sendiri tergolong mahal bila anda ingin mengganti dengan yang baru bahkan harganya ada yang sampai setengah dari harga laptop anda sendiri sehingga menjaga barang anda sebelum kerusakan akan menguntungkan anda sendiri.

sumber : https://www.perangkatkeras.net/tips-untuk-baterai-laptop-agar-awet-dan-tahan-lama/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: