Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word

Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word


 

Surat menyurat resmi sudah pasti akan menggunakan Kop atau kepala Surat. Kop surat biasanya berisi logo, nama perusahaan, instansi atau lembaga, alamat, nomor telepon, dan kadang juga alamat email atau website resmi perusahaan dan bahkan ada yang memasukkan semboyan dalam Kop Surat resminya.
Untuk membuat kop surat perusahaan atau instansi, anda dapat mengikuti cara pembuatan berikut.

  1. Pastikan Mode View dalam bentuk Print Layout. Bila belum, anda dapat membuat mode view menjadi print layout dengan cara : pilih menu tab View, pilih tombol print layout.
  2. Setelah dokumen dalam keadaan view Print layout, lakukan Double click (klik ganda) pada area header yang terdapat pada bagian atas dari dokumen yang sedang tampil sehingga anda sekarang berada dalam pengeditan Header Document.
  3. Bila belum ada, berikan tanda check pada opsi Different First Page. Hal ini untuk membuat Kop surat hanya akan ada di halaman pertama, sedangkan halaman kedua dan seterusnya tidak menggunakan kop surat.
  4. Geser Margin kiri anda rada ke tengah. Perkirakan lebarnya kira-kira cukup untuk logo yang akan anda tambahkan belakangan
    gambar pembuatan kop surat, tahap persiapan
  5. Ketikan nama lembaga, instansi, atau perusahaan anda pada header tersebut. Tambahkan pula baris kosong pada baris terakhir.
  6. Tambahkan pula gambar logo instansi anda. Jangan lupa untuk membuat format layout dari gambar logo tersebut menjadi “In Front of text”.
  7. Atur posisi logo dan teks instansi.
  8. Pilih dan blok baris kosong yang ada pada baris terakhir untuk dibuat garis pembatas kop surat.
    gambar pembuatan kop surat, memasukan logo dan nama serta alamat instansi / perusahaan
  9. Untuk membuat garis pembatas kop surat, pilih tab menu Home, lalu pilih tombol toolbar border.
  10. Dari pilihan popup menu untuk membuat border yang ada, pilih item “Border and shading..” yang ada pada paling bawah
    gambar cara pembuatan kop surat, mempersiapkan garis pembatas kop surat
  11. Pada Dialog Border and Shading tersebut pada Setting pilih Custom, kemudian pilih bentuk garis tebal dan tipis, lalu tambahkan pada bagian atas paragraf. Bila anda ingin garis pembatas kop surat berwarna selain hitam, misalkan merah atau biru, silahkan anda ganti saja warnanya. ;)
  12. Bila pilihan sudah benar, klik tombol OK.
    gambar cara pembuatan kop surat, menambah garis pembatas kop surat
  13. Kop surat anda hampir siap. Jika border belum rata kiri, anda tinggal menarik margin kiri pada baris terakhir ke arah kiri.
    gambar cara pembuatan kop surat, kop surat hampir jadi
  14. Setelah Margin Kiri sudah digeser ke arah kiri, Kop surat sudah siap digunakan. Klik dua kali pada area dokumen untuk menutup Header View, atau anda dapat langsung klik tab menu Header and footer tools, lalu Design lalu pilih Close Header and Footer.
  15. Dokumen anda sudah memiliki Kop surat sudah siap anda gunakan. Jangan khawatir dengan tampilan abu-abu, hal tersebut menunjukkan bahwa Kop surat kita berada di area header dokumen.

Sumber : https://www.cara.aimyaya.com/2012/02/cara-membuat-kop-surat-di-microsoft.html#

Cara Membuat Arsir pada Tabel Ms Word 2010

Cara Membuat Arsir pada Tabel Ms Word 2010


 

Pemberian warna pada sel tabel menunjukkan ada sesuatu atau memiliki arti yang khusus. Namun disaat dokumen harus di fotocopy atau pun printer yang tersedia hanya menggunakan tinta hitam dan bukan printer warna, maka cara terbaik adalah menggunakan motif atau garis arsiran tertentu agar teks tetap diketahui telah ditandai. Coba anda bayangkan , warna merah , hijau, biru, dan lain sebagainya di ubah menjadi greyscale (keabu-abuan). Apakah anda dapat membedakan semua itu? Tentu akan sangat membingungkan bagi pembaca yang mendapat berkas dokumen fotocopynya saja. Oleh karena itu sebaiknya pewarnaan digabungkan dengan juga mengarsir tabel.

Untuk mengarsir sel pada tabel microsoft word 2010 anda dapat menggunakan langkah berikut :

  1. Pertama-tama pilih dan sorot (blok) sel yang akan di arsir lalu klik kanan pada sel yang telah disorot tersebut. Kemudian klik item Border and Shading
     Gambar: Cara mengatur border and shading tabel di microsoft word 2010
  2. Selanjutnya pada dialog Border and shading , Pilih tab Shading .
  3. Lalu pada bagian Patterns ubah isi kotak Style sesuai dengan jenis arsiran yang anda inginkan, misalkan menjadi Lt Up Diagonal untuk diarsir miring ke atas
     Gambar: Cara membuat/menambahkan pola arsiran pada sel tabel di microsoft word 2010
  4. Lalu ubah pula warna arsiran tersebut yang ada pada kotak Color , misalkan menjadi warna merah (red ). Setelah itu klik tombol OK .
  5. Sel yang tadi anda sorot kini telah menggunakan arsiran garis berwarna merah yang miring ke atas.
 Gambar: Contoh pola arsiran garis miring ke atas berwarna merah pada tabel di microsoft word 2010

Sumber : https://www.cara.aimyaya.com/2013/05/cara-membuat-arsir-pada-tabel-ms-word.html

Pengertian FTP beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian FTP beserta Fungsi dan Cara Kerjanya


 

Ketika anda mendownload suatu file diinternet, pernahkan anda berfikir bagaimana bisa kita mendownload file tersebut? Terus ketika kita mengupload suatu file, bagaimana semua itu bisa terjadi? Itu semua karena peran dari FTP.

FTP atau File Transfer Protocol merupakan protokol internet yang digunakan untuk urusan pengiriman data dalam jaringan komputer, seperti upload dan download file yang dilakukan oleh FTP client dan FTP server.

Layanan FTP bisa diatur menjadi FTP public, dimana semua orang bisa mengakses data-data yang ada di server FTP dengan mudah. Selain dapat diatur menjadi FTP public, layanan FTP ini juga bisa diatur agar tidak semua orang dapat mengakses data-data yang ada di server, jadi hanya pengguna terdaftar saja yang memiliki izin untuk mengakses data-data tersebut.

FTP berkerja menggunakan salah satu protokol yang dapat diandalkan untuk urusan komunikasi data antara client dan server, yaitu protokol TCP (lebih tepatnya menggunakan port nomor 21).

Dengan adanya protokol ini, antara client dan server dapat melakukan sesi komunikasi sebelum pengiriman data berlangsung.

 

TERUS APA PERBEDAAN ANTARA FTP CLIENT DAN FTP SERVER?

FTP server merupakan server yang bertugas memberikan layanan pengiriman/ tukar menukar data kepada FTP client dengan syarat FTP client harus meminta (request) terlebih dahulu kepada FTP server.

Sedangkan FTP client merupakan komputer/ perangkat yang meminta layanan tukar menukar data kepada FTP server. Setelah terkoneksi dengan FTP server, FTP client dapat melakukan proses download, upload dan lain sebagainya sesuai dengan izin yang telah diberikan oleh FTP server sebelumnya.

 

CARA KERJA FTP

Satu-satunya metode yang digunakan oleh FTP adalah metode autentikasi standar, dimana diperlukan username dan password untuk mengakses data-data yang ada pada FTP server.

Pengguna yang terdaftar (memiliki username dan password) memiliki akses penuh pada beberapa direktori-direktori beserta file-file yang ada di dalamnya sehingga pengguna yang terdaftar tersebut dapat membuat, menyalin, memindahkan atau bahkan menghapus direktori-direktori tersebut.

Untuk cara kerjanya, terlebih dahulu FTP client harus meminta koneksi kepada FTP server, jika sudah terhubung dengan FTP server maka FTP client dapat melakukan pertukaran data seperti upload dan download data.

 

MANFAAT DARI FTP

  • Kita dapat melakukan pertukaran file antar komputer dengan mudah, walaupun file tersebut memiliki ukuran yang besar
  • Bagi pemilik website, dengan adanya FTP, mereka dapat melakukan backup website mereka dengan mudah
  • Kita dapat melakukan indirect maupun implicit remote computer
  • FTP menyediakan transfer data yang reliable dan efisien
  • KESIMPULAN

Jadi FTP merupakan protokol yang digunakan untuk keperluan transfer/ tukar menukar data antar komputer (client dan server), dimana dengan adanya FTP, kita bisa melakukan upload dan download file dengan mudah.

Sumber : https://nesabamedia.com/pengertian-ftp/

Cara Mudah Mengaktifkan Mode Hibernate di Windows 8/ 8.1

Cara Mudah Mengaktifkan Mode Hibernate di Windows 8/ 8.1


 

Hibernate bisa dibilang memiliki cara kerja yang hampir sama dengan mode stand by.

Tapi perbedaan yang paling mendasar dari keduanya adalah, mode hibernate tidak membutuhkan daya sama sekali karena keadaan laptop/ komputer ketika dihibernate dalam keadaan mati, sedangkan stand by mode sebaliknya.

Ketika komputer/ laptop anda dihibernate, semua kegiatan anda, termasuk aplikasi yang berjalan akan tetap tersimpan meskipun dalam kondisi mati.

Tetapi sayangnya, secara default, mode hibernate tidak serta merta ada pada power icon. Untuk mengaktifkan mode hibernate di windows 8 maupun 8.1, silakan simak langkah-langkah berikut ini :

1. Pertama-tama klik kanan icon baterai, lalu pilih Power Options.

pilih Power Options

2. Anda akan melihat tampilan seperti yang tampak pada gambar berikut ini. Silakan pilihRequire a password on wakeup.

pilih Require a password on wakeup

3. Lalu pilih Change settings that are currently unavaible.

pilih Change settings that are currently unavaible

4. Pada opsi Shutdown settings, silakan centang Hibernate untuk mengaktifkannya, lalu pilih Save changes.

centang Hibernate

5. Coba anda cek pada power button, mode Hibernate pun sudah muncul.

Mode hibernate muncul

Sumber : https://nesabamedia.com/cara-mengaktifkan-mode-hibernate-di-windows-8/

Cara Gampang Menghilangkan Tanda Panah Shortcut di Windows

Cara Gampang Menghilangkan Tanda Panah Shortcut di Windows


 

Ketika anda selesai menginstall suatu aplikasi, biasanya otomatis shortcut dari aplikasi tersebut akan muncul di desktop anda. Jika anda lihat dengan baik-baik, ada tanda berbentuk panah di bagian bawah shortcut aplikasi tersebut.

Bagi anda yang risih dengan tanda panah tersebut, atau yang hanya sekedar iseng-iseng ingin menghapusnya, anda bisa membaca artikel tutorial saya kali ini yang mengulas mengenai bagaimana cara menghilangkan tanda panah shortcut pada dekstop windows anda.
Langkah-langkah :

1. Pertama-tama buka Run dengan menekan tombol Windows+R, ketikkan regedit, kemudian Enter.

ketik regedit

2. Selanjutnya jendela Registry Editor akan terbuka. Masuk ke folder HKEY_CLASSES_ROOT > lnkfile. Untuk mempercepat pencarian folder lnkfile, gunakan tombol L pada keyboard.

jendela registry editor

3. Kemudian klik kanan dan rename string IsShortcut menjadi IsShortcuts seperti yang terdapat pada gambar dibawah ini.

rename IsShortcut

4. Terakhir tutup jendela Registry Editor dan restart komputer anda. Selanjutnya anda akan melihat tanda panah shortcut pada dekstop anda hilang.

before

after

Sumber : https://nesabamedia.com/cara-menghilangkan-tanda-shortcut/

Cara Daftar Wifi ID Untuk Pelanggan Telkomsel,Speedy dan Flexi

Cara Daftar Wifi ID Untuk Pelanggan Telkomsel,Speedy dan Flexi


 

Siapa yang gak tau Wifi.id??? nama SSID wifi @wifi.id telkomsel sekarang udah gak asing lagi di telinga kita, terutama bagi anda yang sering ke kota….jika anda sering belanja di mall, mampir ke cape, perkantoran, sekolahan, tentunya tau wifi.id, sinyal ssid wifi.id akan muncul ketika anda akan mengoneksikan internet.

Dulu saya sempet bingung,apa itu wifi.id? iseng saya coba dan ternyata bisa digunakan dan berinternet gratis, namun setelah 1 jam kemudian tiba tiba saya di suruh login dan melakukan registrasi.

Kecepatan internet SSID wifi memang sangat memuaskan, pengalaman saya mendownload sekaligus 4 buah film berkualitas BluRay berukuran 2Gb/Film dalam jangka waktu kurang dari 3 jam, pantastis memang!!! terlebih jika anda melakukan beberapa setting di aplikasi browser anda, dan untuk mempercepat koneksi intenet sendiri sebenarnya banyak sekali cara nya,  Jika anda tertarik ingin merasakan kecepatan internet 3x lipat, silahkan anda baca cara mempercepat koneksi internet

Perlu diketahui juga sebenarnya ada 5 jenis SSID yang masih termasuk keluarga wifi.id, apa sajakah itu ?

1. Flashzone-seamless
2. Flash Zone
3. @wifi.id
4. Flexi Zone
5. [email protected]

Daftar Wifi.id Versi Gratisan atau Free
Wifi.id memberikan Anda kesempatan untuk bisa menikmati akses internet secara gratis, namun namanya juga gratisan tentu ada keterbatasan atau kekurangan, di antaranya adalah:

a. Dapat diakses untuk googling, berinternet biasa tanpa bisa menggunakan skype, google voice, whatapp, skyline dan lain-lain.
b. Setiap 20 menit koneksi akan dihentikan namun masih bisa dilanjutkan.
c. Kecepatan yang dibatasi sampai 1Mbps/Mega bite per second
d. Munculnya iklan pop up kurang lebih 5 detik lamanya.

Gimana??? anda tertarik menggunakan wifi id gratisan? jika tertarik silahkan simak cara daftar dibawah ini.

Cara daftar wifi.id menggunakan kartu telkomsel (SSID : @wifi.id, FlashZone)

Anda bisa memakai SSID @wifi.id dan FlashZone. Untuk mendapatkanya Anda perlu melakukan registrasi, Caranya adalah ketik pada telepon genggam anda *303*601#. Tidak lama kemudian Anda akan mendapatkan pesan singkat berupa informasi password yang nantinya bisa digunakan untuk login ke layanan @wifi.id.

Sedangkan untuk username/id, Anda dapat mengisikan dengan nomor telepon yang digunakan. Layanan gratis ini mempunyai durasi pemakaian selama 1 jam atau 10 menit tergantung daerah.

Jika Anda ingin mencoba wifi id berbayar, silahkan simak daftar tarif dibawah ini, saya yakin anda puas dengan harga yang relatif murah.

Cara daftar wifi.id bagi pelanggan Speedy (SSID : @wifi.id)
Bagi anda yang pelanggan Speedy tetapi belum mempunyai akun @telkom.net.id, Maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah mendaftarkanya di situs telkomspeedy.com. Anda bisa melihat petunjuk untuk mendapatkan akun @telkom.net.id. Baru setelah itu anda dapat menggunakan username dan password yang ada pada akun tersebut untuk connect ke layanan @wifi.id.

Cara yang kedua, Anda bisa memakai nomor speedy anda sebagai id/username dan telepon rumah yang terhubung ke speedy sebagai passwordnya. Pelanggan speedy juga memiliki kuota hotspot yang lebih lama dibandingkan pelanggan lainya. Namun penting untuk anda ketahui, saat hujan datang terkadang wifi bermasalah, sinyal ada namun tidak ada access internet alias speedy wifi tidak mau konek. Nah jika anda mengalami hal seperti ini anda bisa baca cara mengatasi no internet access pada speedy wifi.

Cara daftar wifi.id bagi pengguna Flexi (SSID : @wifi.id, Flexi Zone) 
Bagi pelanggan flexi bisa memakai SSID @wifi.id dan FlexiZone. Untuk pendaftaranya sangatlah mudah, terutama untuk anda yang sudah terdaftar sebagai pelanggak Flexi Mobile Broadband atau FlexiNet, karena username dan password yang anda miliki punya bisa dipakai pada layanan WiFi ID. Apabila anda belum terdaftar pada paket broadband Flexi tersebut, maka anda harus terdaftar terlebih dahulu.

Sumber : https://www.pintarkomputer.org/2015/02/cara-daftar-wifi-id.html

Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Cara Mengecek Spesifikasi Laptop – Setelah kita membahas cara memilih laptop yang benar sekarang saatnya kita melihat spesifikasi dari laptop kita, karena spesifikasi ini menentukan baik dan buruk nya suatu PC, jika anda seorang yang suka mengedit poto,mendownload video youtube atau membuat desain gambar maka saya sarankan anda membeli laptop yang spesifikasinya baik, terlebih anda seorang penggila game,sangat disarankan menggunakan laptop yang high quality…sebelum anda menginstall aplikasi yang berat seperti photoshop,PES2014 dll sebaiknya lihat dulu spesifikasi laptop / komputer anda.

melalui cmd spek laptop melalui run, cara mengetahui spek laptop melalui run, spesifikasi laptop lewat run, spesifikasi laptop melalui run

Cara ke satu melihat spesifikasi laptop / PC

1. Klik start lalu pilih computer.
2. Klik kanan pada computer lalu pilih properties.
3. Pada gambar dibawah ini kita akan melihat rating windows,processor,installed memory RAM sekaligus kita bisa mengetahui apakah windows pada laptop kita sudah teraktivasi atau belum…

melalui cmd spek laptop melalui run, cara mengetahui spek laptop melalui run, spesifikasi laptop lewat run, spesifikasi laptop melalui run

Cara ke dua melihat spesifikasi laptop/PC

Cara berikut ini akan menampilkan spesifikasi laptop dengan lebih jelas dan rinci,berikut langkah langkah melihat spesifikasi laptop.

1. Klik Start pilih Run , atau tekan Windows + R setelah itu ketik “dxdiag” (tanpa tanda kutip) lalu klik oke.

melalui cmd spek laptop melalui run, cara mengetahui spek laptop melalui run, spesifikasi laptop lewat run, spesifikasi laptop melalui run
2. Akan muncul jendela DirectX Diagnotic Tools. untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.
melalui cmd spek laptop melalui run, cara mengetahui spek laptop melalui run, spesifikasi laptop lewat run, spesifikasi laptop melalui run

3.Pada gambar di atas kita bisa melihat Computer Name,Operating System,Language,BOIS,Processor dan lain lain.

4. Untuk melihat VGA Laptop anda bisa mengklik tab menu pada bagian display.
melalui cmd spek laptop melalui run, cara mengetahui spek laptop melalui run, spesifikasi laptop lewat run, spesifikasi laptop melalui run
Sumber : https://www.pintarkomputer.org/2015/02/cara-melihat-spesifikasi-laptop.html

Macam-Macam Perangkat Lunak dan Fungsinya

Macam-Macam Perangkat Lunak dan Fungsinya


 

Macam-Macam Perangkat Lunak dan Fungsinya – Perangkat lunak atau piranti lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai ’penterjemah’ perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras.

Macam-Macam Perangkat Lunak dan Fungsinya

Macam-Macam Perangkat Lunak dan Fungsinya

Istilah software pertama kali digunakan oleh John W. Tukey pada tahun 1957. Dalam istilah ilmu komputer dan teknik, software adalah semua program komputer. Bahasa perintah dalam software ditemukan oleh Charless Babbage sebagai salah satu bahasa mesin, sedangkan teori sebagai pokok untuk kebanyakan software modern dikenalkan oleh Alan Turing pada tahun 1935 dalam makalahnya yang berjudul Computable Numbers With an Application to the Entscheidungsproblem.

Program aplikasi atau application programmerupakan program khusus yang digunakan untuk aplikasi bidang tertentu. Program ini sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan khusus. Banyak program aplikasi yang sudah beredar, antara lain sebagai berikut.

a. Program aplikasi pengolah kata

Program aplikasi pengolah kata digunakan untuk pengolahan naskah-naskah, seperti suratmenyurat, buku diktat, proposal laporan kegiatan, media informasi (brosur, liftlet, kartu undangan, kartu nama), dan lainnya. Beberapa contoh program pengolah kata: Microsoft Word, Word Perfect, Adobe Page Maker, dan lain-lain.

b. Program Aplikasi pengolah angka

Perangkat lunak pengolah angka adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyelesaikan pengolahan berbagai data kuantitatif (angka) dengan cepat dan akurat. Dengan pengolah angka, user dapat menyajikan data secara cepat dan tepat, baik dalam bentuk tabel maupun grafik. Beberapa contoh program pengolah angka antara lain : Lotus 1-2-3, Microsoft Excel.

c. Program aplikasi pengolah presentasi

Program aplikasi pengolah presentasi adalah program aplikasi untuk merancang slideyang biasa digunakan untuk presentasi dalam suatu pertemuan. Hasil perancangan tersebut dapat ditampilkan dalam berbagai bentuk media komunikasi seperti layar monitor, layar lebar melalui InFocus, Head Projector, LCD , internet, dan sebagainya.

Dengan menggunakan fasilitas Animation Effects, Transition, Sound Effects, dan fasilitas lainnya yang tersedia, program pengolah presentasi dapat digunakan untuk mempresentasikan makalah, seminar, mempromosikan hasil produk, mempresentasikan program kerja, dan lain-lain. Beberapa contoh program pengolah presentasi adalah Microsoft PowerPoint, OpenOffice Impress, Macromedia Authorware.

d. Program aplikasi pengolah data

Perangkat lunak pengolah data adalah program aplikasi untuk mengelola data yang sangat besar. Dengan program pengolah data, kita dapat secara cepat dan akurat memasukkan dan menyunting data, menyeleksi data dengan kriteria tertentu, membuat laporan data dengan kriteria tertentu, dan lain-lain. Biasanya program pengolah data digunakan untuk mengolah data instansi, baik milik pemerintah maupun swasta. Beberapa contoh program pengolah data, yaitu D Base, Microsoft Access, FoxPro.

e. Program aplikasi pengolah gambar

Program aplikasi pengolah gambar atau desain grafis digunakan untuk membuat dan mengolah gambar atau foto dan penyuntingannya. Program ini sangat cocok untuk periklanan dan percetakan. Beberapa contoh program pengolah gambar, yaitu Corel Draw, Photoshop, Freehand, dan lain-lain.

f. Program aplikasi Pengolah audio dan video

Perangkat lunak ini digunakan untuk mengolah suara dan gambar bergerak, mulai dari pembuatannya hingga proses penyuntingannya. Kita dapat mengambil beberapa gambar disertai animasi, transisi antargambar sehingga dihasilkan sebuah tampilan yang dapat kita nikmati dalam bentuk suara, musik, dan gambar video. Beberapa contoh program aplikasi pengolah audio video, yaitu Pinnacle, Vegas, After Effect, Cool 3D, Ulead Studio.

g. Program aplikasi bisnis dan keuangan

Perangkat lunak bisnis dan keuangan digunakan untuk mengolah data keuangan, akuntansi, manajemen bisnis. Perangkat ini sangat membantu kita dalam menyajikan data keuangan dengan akurasi tinggi. Beberapa contoh program aplikasi bisnis dan keuangan, yaitu MYOB, UPS, VQ Payroll, Simply Accounting, dan lain lain.

h. Program aplikasi pengolah website

Program aplikasi ini digunakan untuk mengolah dan merancang layout homepage atau web dalam dunia internet. Dengan menggunakan fasilitas html dan hyperlink, kita dapat menikmati lompatan-lompatan antaratikel dengan referensinya. Beberapa contoh progran aplikasi pengolah website, yaitu Java, Dreamweaver, FrontPage, dan lain-lain.

i. Program aplikasi akses internet

Program aplikasi ini digunakan untuk mengakses internet. Perangkat ini sangat membantu kita dalam mencari informasi dan bertukar informasi dalam bidang ilmu, berita, hobbi, dan sebagainya. Beberapa contoh program aplikasi akses internet yaitu, Microsoft Internet Explorer, Netscape Communicator, Acrobat Reader, Mozila FireFox, dan lain-lain.

Sumber :https://www.it-artikel.com/2015/08/macam-macam-perangkat-lunak-dan-fungsinya.html

bagian-bagian Microsoft acces dan penjelasannya

 bagian-bagian Microsoft acces dan penjelasannya


Field Name adalah untuk nama kolom dalam tabel yang akan kita buat misalkan Nomor urut, nama, tanggal, alamat, jumlah dan lain sebagainya.

Data type adalah jenis data yang disesuaikan fungsinya yang diberinama di Field name tersebut misalkan jika di Field Name kita beri judul Nomor Urut maka Type Datanya bisa dengan memilih Nomor yang muncul Secara Otomatis (maka pilih AutoNumber) atau manual dalam mengisinya (pilih Number) dan yang lainnya (akan dijelaskan dalam postingan ini).

Description adalah sebagai penjelasan terhadap kolom yang dibuat tadi.

Mengenal dan memahami Data type itu penting agar tidak salah dalam pembuatan tabel nantinya. Adapun Type Data yang disediakan di ms. Acces 2007 adalah sebagai berikut :

  • Textadalah type data berupa teks atau huruf, angka, spasi dan tanda baca lainnya yang mampu menampung karakter dari huruf dan angka tersebut sebanyak 2555 karakter.
  • Memoadalah type data yang hampir sama dengan Text tetapi karakter yang mampu ditampungnya sangat besar yaitu sampai dengan 32000 karakter.
  • Numberadalah type data yang diperuntukan untuk angka saja.
  • Date/Timeadalah type data yang diperuntukan untuk menampilkan tanggal dan waktu.
  • Currencyadalah type data yang hampir sama dengan number tapi diperuntukan untuk format mata uang.
  • Yes/Noadalah type data untuk sebuah logika Ya atau Tidak.
  • OLE Objectadalah type data yang dipergunakan untuk menampung gambar atau obyek dengan ukuran tidak lebih dari 128 MB.
  • Hyperlinkadalah type data untuk menmapilkan alamat hyperlink dengan batas maksimum penampungannya adalah 2048 karakter.
  • AutoNumberseperti yang telah dijelaskan diatas, adalah nilai angka atau variasi angka huruf (yang akan berubah hanya angka apabila formatnya perpaduan huruf dan angka) yang akan muncul Secara Otomatis ketika kita menginput data baru dan angka tersebut tidak bisa kita edit.
  • Lookup Wizardadalah type data untuk menampilkan data dari tabel atau record lainnya atau dengan akta lain data yang diulang.
  • Attachmentadalah type data yang digunakan untuk menampung/menyimpan/menampilkan lampiran persis seperti dalam sebuah email dan semua type data bisa ditampung disini

Sumber : https://dwiprastyosblog.blogspot.co.id/2012/02/microsoft-acces-dan-penjelasannya.html

pengertian email

pengertian email


 

Email merupakan singkatan dari electronic mail, yang berarti surat elektronik. Email merupakan media surat menyurat yang dilakukan melalui media elektronik alias komputer. Dengan email, komputer-komputer di seluruh dunia, yang terhubung dalam jaringan internet, bisa saling mengirim pesan, sebagaimana layaknya Anda mengirim surat kepada rekan-rekan Anda yang tingal di belahan dunia yang lain.

Dilihat dari cara kerjanya, proses pengiriman email sebenarnya tidak jauh berbeda dengan surat konvensional. Untuk mengirim surat, pertama kali Anda mengantar surat tersebut ke kantor pos terdekat. Pihak kantor pos akan mengumpulkan seluruh surat yang masuk, menyortirnya berdasarkan wilayah tujuan, lalu mendistribusikan surat-surat tersebut ke alamat tujuan masing-masing.

Email pun bekerja dengan cara seperti itu. Ada dua protokol utama yang mengatur lalu lintas surat elektronik. Protokol pertama bernama SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), yang bisa dianalogikan sebagai kantor pos, dan berfungsi untuk mendistribusikan pesan-pesan yang Anda kirim ke alamat tujuan. Sedangkan protokol kedua bernama POP3 (Post Office Protocol version 3), yang bertugas menangani pesan-pesan elektronik yang masuk ke kotak pos Anda.

Ketika Anda mengirim sebuah pesan elektronik, komputer Anda akan mengarahkan pesan tersebut ke sebuah SMTP server, untuk diteruskan ke mail-server tujuan. Mail-server tujuan ini bisa dianalogikan sebagai kotak pos di pagar depan rumah Anda, atau kotak PO BOX di kantor pos. Pesan-pesan yang terkirim akan tetap di tempat tersebut hingga si pemiliknya mengambilnya. Urusan pengambilan pesan elektronik tersebut ditangani oleh protokol bernama POP3 tadi.

Kelebihan email, yaitu praktis. Pengiriman email dapat dilakukan dengan mudah setiap saat dan dimanapun kita berada. Selain itu proses berkirim email pun dapat dilakukan dengan sangat cepat ke seluruh dunia sehingga dapat menghemat uang dan waktu dalam berkirim surat. Selain mempunyai kelebihan email juga mempunyai beberapa kelemahan, diantaranya yaitu memungkinkan terjadinya pemalsuan identitas, terjadi proses penyadapan informasinya, memungkinkan terjadinya penipuan, penyalahgunaan dokumen, khususnya jika terjadi kesalahan pengiriman email.

Jenis – jenis email yaitu :

  1. POP Mail, email jenis ini sama dengan email yang Anda terima dari ISP Anda (bagi Anda yang connect internet dari rumah atau kantor).
  2. Web Based email, email jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs seperti Yahoo, Hotmail, BolehMail, LoveMail dan lain-lain.
  3. Email Forwarding, email jenis ini akan terasa manfaatnya bagi Anda yang belum menemukan layanan email yang cocok alias suka gonta-ganti email. Pada prinsipnya email forwarding ini merupakan layanan email yang meneruskan email yang dikirim kepadanya ke account email Anda yang lain.

1. CARA KERJA EMAIL

https://nafizatechno.files.wordpress.com/2011/10/untitled11.jpg?w=500

Cara kerja pengiriman data email sama dengan cara sebuah data dikirimkan melalui internet. TCP memecah pesan yang kita sampaikan menjadi paket-paket kecil, kemudian IP Protokol (routers) mengirimkan paket-paket tersebut ke tujuan dan setelah sampai ketujuan kemudian TCP menggambungkan kembali pesan-pesan yang diterima di server penerima sehingga pesan tersebut dapat dibaca.

Dalam pengiriman sebuah pesan melalui email kita dapat mensisipkan binary files, seperti gambar, video, suara, dan program (executable files). Namun email belum memiliki kemampuan untuk secara langsung menangani binary files, sehingga file pertama kali harus di sesuaikan (encoding) dalam satu bentuk skema penyesuaian. Skema penyesuaian yang pupeler adalah MIME and unecode. Hal ini pada umumnya dikenal dengan istilah attachment. Kemudian seseorang yang menerima pesan email yang di dalamnya terdapat binary files yang di-attachment harus me-decode (menyesuaikan kembali) sesuai dengan cara me-encode file tersebut. Banyak paket perangkat lunak email melakukannya secara otomatis.

Protokol yang dipakai untuk menerima mail disebut dengan Post Office protocol (POP). Protokol ini yang mendefinisikan bagaimana sebuah mail dalam berbagai bentuk (asal dalam format SMTP) diterjemahkan dan diterima oleh sistem yang dimiliki user. Dengan kata lain SMTP adalah gerbang untuk mengirim mail dan sebaliknya POP adalah gerbang untuk menerima mail.

Sumber: https://nafizatechno.wordpress.com/tag/cara-kerja-email/

2. ANATOMI ALAMAT EMAIL

Terdiri Dari 2 Bagian Yang Dipisahkan Dengan Tanda Axon/@ yaitu:

  • user name          : menunjukkan identitas dari pemilik account email (nama pemilik,singkatan nama, kombinasi dengan nomor dan sebagainya)
  • domain name   : menunjukkan identitas dari mail server dimana seorang menyimpan pesan email pada emailboxnya. (nama perusahaan atau organisasi pemilik account). juga identitas nama negara atau lokasi

3. VARIASI BENTUK KOMUNIKASI DENGAN EMAIL

Pada dasarnya email memang meniru snail email, meski begitu akan tetapi email ini memiliki kelebihan yang terlihat jelas dan kemungkinan benruk komunikasinya yang bisa digunakan dengan email Sekurang kurangnya ada limamacam dintaranya :

Ø Poin To Poin

Maksud dari bentuk poin to poin yaitu pengiriman email yang secara langsung ke sebuah alamat email tertentu di indonesia yang dimana sebelumnya telah mengadakan keepakatan antara penerima email dengan pengirim yang sering kirim mengirim email, dan cara ini juga bias disebut japri, dimana japri merupakan kepanjangan dari jalur pribadi.

Ø Carbon Copy /Cc

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bentuk Carbon copy ini adalah sebuah email yang selain ditunjukan ke sebuah alamat email utama yang kita tuliskan pada bagian yang diawali dengan “TO” , sedangkan alamat email tembusannya kita tuliskan pada bagian “CC”.

Ø Blind Carbon Copy / Bcc

Blind carbon copy ini merupakan variasi dari CC dimana orang yang menerima email alamatnya dituliskan pada bagian “TO” oleh si pengirim, dan pengirim juga bisa melihat kepada siapa atau ke alamat email mana saja emailnya dikirimkan sebagai tembusan. Untuk melihatnya bias dilihat pada bagian “CC”. Akan tetapi kadang apabila kita mengirim email kepada seseorang dan kita tidak ingin orang tersebut mengetahuinya bahwa kita juga mengirimkan email tembusan kepada alamat email orang lain. Oleh karena itu agar tidak diketahui digunakanlah BCC. Tapi ada beberapa email client yang menyediakan bagian “BCC”, selain “TO” dan”CC” pada outlook Express ver, 5.01 pada bagian BCC akan tampak apabila kita masuk ke program sebuah email baru dan mengklik pilihan view dan All Header.

Ø Distribution List

Distribution List ini merupakan distribution list yang agak berbeda dengan tiga varian bentuk diatas,karena distribution list ini lebih berkenaan dengan pengaturan distribusi email yang dilakukan secara eksternal, atau Pengaturan distribusi e-mail satu arah yang Bisa digunakan untuk menyebarluaskan informasi tertentu dan tidak mengharapkan adanya respon atau balasan dari penerima.

Ø Discussion List

Discussion List ini bisa disebut juga mailing list atau milis. Yang mana penjelasannya hampir sama dengan distribution list, hanya saja cara penggunaannya memungkinkan siapapun bisa tergabung menjadi subscriber untuk mengirimkan respon.

Akan tetapi untuk bisa tergabung menjadi subscriber terkadang suka ada milis yang mempersyaratkan calon anggotanya untuk memberikan keterangan mengenai jati dirinya sebelum permohonan bergabung disetujui, dan apabila administratur milis menyetujuinya untuk bergabung maka biasanya tidak lama kita akan dikirimkan informasi mengnai tatacara pengiriman email dan keterangan keterangan lainnya tenteng milis tersebut seperti tujuan milis, yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan, cara keluar dari milis, alamat email administratur dan lain sebagainya.

Sumber : https://putrasayuti.wordpress.com/category/kkpi/