custom-header

Pesona Merbabu

Pesona Merbabu

Gunung Merbabu merupakan salah satu tempat favorit pendakian bagi pencinta alam. Gunung yang terletak di Provinsi Jawa Tengah melintas di tiga kabupaten yaitu Semarang, Boyolali, dan Magelang. Gunung  yang bersebelahan dengan Gunung Merapi ini memiliki 7 puncak yang dikagumi para penggiat alam bebas. Dengan ketinggian 3.142 mdpl pada puncak Kenteng Songo, pendaki akan disuguhkan keindahan puncaknya. Gunung ini memiliki 5 buah kawah yaitu kawah Condrodimuko, kawah Kombang, Kendang, Rebab, dankawah Sambernyowo. Gunung Merbabu memiliki dua puncak tertinggi yakni puncak Syarif (3.119 mdpl) dan Puncak Kenteng Songo/Tianggulasi (3.142 mdpl).

Gunung ini memiliki jalur pendakian yang beragam dengan berbagai tingkat kesulitan. Ada 4 jalur resmi pendakian yang familiar dikalangan pendaki, yakni; Thekelan, Selo, Cuntel, dan Wekas. Keempat jalur dengan jarak dan tingkat kesulitan berbeda akan bertemu di puncak utama dengan ketinggian 3142mdpl. Menurut beberapa pendaki, pemandangan yang disajikan jalur Selo adalah yang paling indah daripada jalur lainnya untuk mencapai Puncak Merbabu. Dari jalur ini para pendaki disuguhkan pemandangan gunung Merapi yang terlihat sangat gagah. Saat siang hari hijaunya padang ilalang dan sabana akan membuat para pendaki terkagum-kagum. Gulungan awan putih yang menggumpal-gumpal indah di langit dan pemandangan dari atas puncak gunung. Pendaki juga disuguhkan oleh rindangnya hutan Edelweiss.Di malam hari, pemandangan juga tak kalah indahnya dengan terlihatnya gemerlap lampu kota Magelang dan sekitarnya

Namun semenjak terjadi kebakaran yang melanda Gunung Merbabu, sempat membuat miris. Kebakaran di Gunung Merbabu pada (19/08) lalu tersebut telah melalap sedikitnya 25 hektare lahan. Upaya pemadaman masih sulit dilakukan karena lokasi kebakaran berada pada ketinggian 1.700- 2.000 meter dari permukaan laut. Cuaca yang tidak menentu juga menjadi tantangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: