custom-header

5 Spesies Binatang Tertua Yang Pernah Ditemukan di Dunia

5 Spesies Binatang Tertua Yang Pernah Ditemukan di Dunia
Hewan dan tumbuhan telah ada dibumi sejah bermilyaran tahun lalu. Berbagai spesies hewan yang berumur tua telah banyak ditemukan. Paus dan komodo merupakan salah satu jenis hewan tertua yang ada dibumi. Binatang lain yang berumur lebih tua dari dua jenis hewan tersebut juga telah ditemukan. Berikut ini adalah 5 spesies bintang tertua yang pernah ditemukan di dunia.

    Spesies Binatang Tertua di Dunia

 1  Cyanobacteria (3,8 miliar tahun)
Cyanobacteria

Cynobacteria merupakan makhluk hidup pertama yang ada dibumi. Hewan ini disebut juga dengan sianobakteri(a), ganggang biru, filum(divisi), ganggang biru-hijau(cyanophyceae), dan bakteri autotrof fotosintetik.  Cynobacteria berumur 3,8 milyar tahun. Binatang ini merupakan jenis makhluk hidup yang terpenting dalam rantai ekosistem makhluk hidup.

Chynobacteria biasanya dapat kita jumpai di perairan tawar, permukaan batu/ tanah, dan dilaut / samudra. Bakteri ini dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar sehingga dapat bertahan hidup hingga sekarang. Kelestarian lingkungan laut harus kita jaga agar mecegah terjadinya kepunahan hewan tersebut.

Lihat juga: 10 Hewan Langka Di Dunia Yang Akan Membuat Takjub

 2  Sponge atau Porifera (580 juta tahun)
Sponge atau Porifera

Sponge atau Perifora merupakan sebuah filum untuk hewan multiseluler yang paling sederhana. Hewan ini hidup secara heterotrof dan makananya adalah planton serta bakteri. Hewan ini berumur 580 juta tahun. Zat yang ada didalam sponge atau porifera berfungsi untuk mengobati penyakit kanker. Binatang ini dapat ditemukan di air tawar. Hewan ini juga mirip dengan ubur-ubur yang susah untuk menjadi fosil.

 3  Ubur-ubur atau Jellyfish (650 juta tahun)
Ubur-ubur atau Jellyfish

Ubur-ubur merupakan sejenis binatang laun yang masuk kedalam kelas scyphozoa. Binatang ini paling banyak ditemukan didaerah pulau kakaban kalimantan timur.ubur-ubur berumur sekitar 650 juta tahun. Inatang ini mempunyai tubuh berbentuk payung berumbai dan dapat menyebabkan gatal-gatal jika tersentuh kulit. Lubang besar yang terdapat pada ubur-ubur berfungsi sebagai tempat keluarnya air disebut dengan osculu. Ubur-ubur saat ini tercatat sebanyak 1.800 jenis.

Binatang laut ini tidak merupakan jenis hewan invertebrata ( tidak bertulang belakang). Jenis ubur-ubur yang mematikan yaitu kelompok cubozoa. Ubur-ubur ini mempunyai sengatan pada tentakelnya yang dapat menimbulkan kematian. Keberadaan binatang jenis ini biasanya terdapat disekitar pantai australia.

Lihat juga: 10 Hewan Paling Cepat di Dunia

 4  Nautilus (500 juta tahun)
Nautilus

Nautilus merrupakan salah satujenis spesoes maluska laut yang masuk dalam famili nautilidae. Binatang ini memiliki cangkang namun masih kekerabatan dengan jenis cumi-cumi. Nautilus berumur 500 juta tahun. Hewan ini masih dapat kita jumpai didaerah perairan indo-pasifik.

 5  Horseshoe Crab atau Belangas atau Mimi Hitam (445 juta tahun)
Horseshoe Crab atau Belangas atau Mimi Hitam

Binatang ini mucul sejak periode ordovician atau paleozoikum. Mimi hitam lebih mendekati jenis hewan kalajengking dibandingkan kepiting. Hewan ini berumur lebih tua daripada dinosaurus yaitu 445 juta tahun. Mimi hitam dapat hoidup didalam air maupun didarat.

Demikian informasi tentang Spesies Binatang Tertua di Muka Bumi ini. Semoga dapat memberikan manfaat kepada pembaca daftarmenarik.com dalam menambah wawasan dan pengetahuan seputar dunia binatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: