Aspek Geografi

1. Aspek Fisik

Aspek fisik mengkaji seluruh fenomena alam yang terjadi di permukaan bumi secara alami. Aspek fisik terbagi menjadi tiga jenis, di antaranya:

a. Aspek Biotik

Aspek geografi ini membahas hal yang berkaitan dengan unsur vegetasi. Contohnya adalah tumbuhan atau flora, binatang atau fauna, dan kajian penduduk.

b. Aspek Non-Biotik

Aspek non-biotik membahas tentang benda mati. Misalnya, unsur kondisi tanah, tata air atau hidrologi, dan kondisi iklim di suatu wilayah.

c. Aspek Topografi

Aspek topografi berkaitan dengan letak suatu wilayah. Contohnya, yakni letak negara, luas suatu wilayah, bentuk permukaan bumi, dan batas-batas wilayah.

2. Aspek Non-Fisik

Aspek non-fisik atau aspek sosial mempelajari tentang fenomena alam yang terjadi akibat campur tangan manusia. Ada beberapa aspek non-fisik, yaitu:

a. Aspek Sosial

Aspek sosial merupakan aspek yang berkaitan dengan unsur-unsur sosial. Misalnya adat istiradat, komunitas, tradisi, lembaga  sosial, dan kelompok masyarakat.

b. Aspek Budaya

Aspek ini membahas hal yang berkenaan dengan unsur pendidikan, agama, bahasa, kesenian, dan budaya yang ada di suatu negara.

c. Aspek Ekonomi

Aspek ini berkaitan dengan semua hal yang mencakup kegiatan ekonomi seperti unsur pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, industri, transportasi, perdagangan, hingga pasar.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: