Pendidikan merupakan salah alat yang berfungsi sebagai pengembang dan pembentuk kemampuan, kepribadian, watak, serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan lingkungan hidup terhadap generasi penerus bangsa. Dalam tingkat universitas, implementasinya adalah dengan pengadaan mata kuliah umum Pendidikan Konservasi.

Mata kuliah Pendidikan Konservasi yang kini telah dan semakin marak diterapkan di bangku perkuliahan adalah untuk membangun jiwa cinta lingkungan, dengan harapan bahwa generasi berikut menjadi generasi yang berbudaya lingkungan dan menjadi sebuah habit atau kebiasaan bagi semua civitas akademika.

Dalam pelaksanaanya tersebut, Universitas Negeri Semarang sebagai salah satu kampus konservasi membagi mata kuliah Pendidikan Konservasi ke dalam beberapa kegiatan, yaitu:

  1. Pembelajaran umum
  2. Tari dan senam konservasi
  3. Penanaman pohon oleh mahasiswa.

Selain itu, telah banyak kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian alam serta sebagai realisasi pendidikan konservasi yang telah mereka dapatkan. Salah satunya adalah Aksi Konservasi dalam rangka aksi menyelamatkan bumi yang diwadahi oleh HIMA Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang yang telah dilaksanakan pada Sabtu, 31 Oktober 2015. Kegiatan ini berupa penanaman pohon bakau di Desa Tambakrejo yang diikuti oleh ratusan mahasiswa Universitas Negeri Semarang.

 

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”