Pesona 13 Candi Cantik di Magelang

Siapa bilang wisata Magelang cuma Candi Borobudur?
Ternyata ada puluhan candi cantik di Magelang yang bisa kita kunjungi lho…
Magelang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia yang kaya peninggalan budaya, kota ini sudah ada sejak lebih dari seribu tahun yang lalu, tepatnya berdiri pada tanggal 11 April 907, dan tahun ini baru saja memperingati HUT nya yang ke 1109, luar biasa bukan?

Magelang sangatlah menarik untuk dikunjungi, terutama bagi mereka para penikmat wisata budaya dan sejarah. Yuk mari kita napak tilas sejarah menyusuri Candi Candi Cantik di Magelang…

  1. Candi Borobudur
    Candi Borobudur
    Ada puluhan peninggalan candi cantik di Magelang dan yang paling terkenal tentu saja Candi Borobudur. Candi Borobudur berdiri sejak abad ke 8, artinya sudah berusia lebih dari 1000 tahun. Merupakan candi Buddha terbesar di dunia dan menjadi bukti kejayaan wangsa Syailendra pada jaman itu. Jika anda ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda di sini, coba datang pada pagi buta dan sambutlah pemandangan spektakuler Candi Borobudur menyambut bangunnya mentari di ufuk timur.
  1. Candi Mendut
    Mendut_Temple_Afternoon
    Tidak jauh dari Candi Borobudur ada Candi Mendut, candi Budha yang terletak hanya 3 km dari Borobudur ini punya relief yang menarik untuk dicermati, terdapat aneka lukisan cerita hewan alias fabel diantaranya kisah Brahmana dan seekor kepiting, ayo jadi penasaran kan?
  2. Candi Pawon
    Pawon
    Candi Pawon terletak diantara Candi Borobudur dan Candi Mendut, dimana posisi ketiganya membentuk garis lurus, oleh karena itu dipercaya bahwa ketiga candi ini memiliki kaitan erat satu sama lain. Candi Pawon punya relief luar candi yang cantik mempesona berupa Kinnara & Kinnari, makhluk berkepala manusia berbadan burung yang piawai memainkan kecapi.
  1. Candi Ngawen
    Ngawen Temple
    Candi Budha ini terletak kira-kira 5km dari Candi Mendut, dibangun pada masa yang sama dengan Candi Borobudur. Merupakan bangunan suci Venuvana, dalam bahasa Sansekerta yang artinya Hutan Bambu.
  2. Candi Asu
    8571574036CandiAsu
    Merupakan candi Hindu yang terletak di lereng gunung Merapi, kurang lebih berjarak 10km dari candi Ngawen. Hmmm.. tahukah anda mengapa dinamakan Candi Asu? Ternyata dulu disekitar candi banyak ditemukan anjing, oleh karena itu oleh masyarakat setempat candi ini dinamakan Candi Asu, unik ya?
  1. Candi Lumbung
    Candi Lumbung
    Candi Lumbung terletak di tepi Kali Apu juga, masih sekitaran lereng gunung Merapi. Sayangnya terkena erupsi Gunung Merapi sehingga ada bagian candi yang tergerus, akhirnya candi direlokasi ke tempat yang lebih aman.
  1. Candi Pendem
    18450869117CandiPendem
    Tidak jauh dari candi Asu dan candi Lumbung, ada candi Pendem yang juga merupakan candi Hindu, 3 serangkai candi ini terkenal dengan sebutan Candi-candi Sengi.
  1. Candi Umbul
    1710861213kolamcandi-umbul
    Candi cantik di Magelang yang satu ini berupa situs pemandian air panas purbakala, tempat pemandian para putri bangsawan dulu. Umbul berasal dari kata mumbul atau naik, menggambarkan gelembung – gelembung yang naik dari dasar kolam. Merupakan favorit wisatawan dan terkenal dengan keunikannya, pemandian air panas di sini mengandung belerang dengan segala khasiatnya, tetapi tanpa bau belerang. Berendam di sini yuk…
  1. Candi Retno
    Candi Retno
    Candi berarti: batu, Retno berarti: intan atau indah, Candi Retno artinya batu yang indah. Di situs ini banyak ditemukan candi dan arca peninggalan jaman purbakala yang terbuat dari batu, perunggu bahkan emas. Dekat Candi Retno juga ada pemandian kuno dari mata air yang mengalir di Kali Setan, etapi bukan berarti ada setannya lho..
  2. Candi Brangkal
    Candi Brangkal terletak di Desa Candirejo, sebuah desa wisata yang berjarak 3 km dari Candi Borobudur. Kita bisa menginap di rumah warga yang menyewakan kamarnya sebagai penginapan, dan merasakan langsung suasana kehidupan di desa. Berbagai aktivitas seperti belajar main gamelan, mencicipi makanan tradisional, mengikuti upacara keagamaan, dan lain sebagainya bisa kita lakoni di sini, seru kan?
  1. Candi Selogriyo
    Candi Selogriyo
    Candi Hindu ini dibangun pada abad ke 9 pada masa kerajaan Mataram Kuno, terdapat arca perwujudan dewa di keempat sisinya, yakni arca Durga, Ganesha, Agastya, Nandiswara dan Mahakala. Candi Selogriyo ini terkenal dengan keindahan alam di sekelilingnya,
  1. Candi Gunung Wukir
    Candi Gunung Wukir
    Candi Gunung Wukir atau Candi Canggal atau yang dikenal juga dengan nama Shiwalingga merupakan candi Hindu tertua yang dibangun pada abad ke-7. Di sini berkembang mitos, bahwa barangsiapa mengajak sang kekasih mengunjungi Candi Gunung Wukir, maka pasti akan menjadi jodohnya, anda berminat?
  1. Candi Gunung Sari
    Candi Gunung SariCandi Hindu yang satu ini baru saja ditemukan pada tahun 1998, secara tidak sengaja oleh stasiun TV saat akan mendirikan pemancar. Memiliki banyak struktur batu andesit berornamen, prasasti, lumpang batu dan juga yoni yang merupakan simbol kesuburan.

Demikianlah secuplik cerita mengenai Pesona 13 Candi Cantik di Magelang dari sekitar 50 candi yang sudah berhasil ditemukan di sini, sungguh merupakan mahakarya peninggalan purbakala yang sangat bernilai dan wajib kita lestarikan.
Dan sepertinya Magelang masih menyimpan banyak situs bersejarah yang belum terungkap saat ini dan masih terkubur bersama dengan cerita juga misteri di baliknya, kita tunggu saja!

Ayo ke Magelang!

[www.klikhotel.com]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: