digita Marketing

Saatnya Memulai Digital Marketing Untuk Bisnis

Halo, jumpa lagi dengan We Dream!

kali ini akan kita bahas tentang Digital Marketing.

Pada dasarnya, Digital Marketing bisa didefinisikan sebagai strategi pemasaran yang menggunakan media digital sebagai alat untuk menggaet target pasar. Di dunia serba digital dan terkoneksi seperti sekarang, topik digital marketing semakin ramai dicari dan diperbincangkan baik di kalangan para akademisi, pelaku bisnis, selebgram hingga politisi. Hal ini tidaklah mengherankan, karena di masyarakat zaman now penggunaan perangkat digital dan konsumsi data digital sudah menjadi kebutuhan primer sehari-hari.

Menurut We Are Social (2019), jumlah pengguna Internet di Indonesia adalah 150 juta orang. Sedangkan menurut Hootsuite (2019), pengguna aktif sosial media di Indonesia juga sama besarnya. Data ini juga diprediksi akan terus tumbuh tiap tahunnya. Hal ini juga mendukung pernyataan bahwa digital marketing akan memegang peranan krusial dalam keberhasilan strategi marketing di Indonesia di masa sekarang dan yang akan datang. Mengesampingkan digital marketing, maka sama saja merencanakan untuk tertinggal jauh dalam kompetisi memperebutkan pelanggan.

Lalu bagaimana caranya memulai digital marketing?

1. Definisikan dan tentukan profil target pelanggan

Mulai kenali siapa target pelanggan, ketahui umur mereka, pekerjaannya, tempat tinggalnya, kebiasaannya dan karakteristik penting lainnya. Dengan mengetahui dengan jelas target pelanggan maka diharapkan channel digital marketing yang dipilih nantinya akan tepat sasaran sehingga hasilnya akan jauh lebih efektif dan efisien.

2. Tentukan tujuan output

Dari digital marketing campaign yang akan dieksekusi, penting untuk menentukan tujuan output. Apakah untuk closing sales, mengenalkan brand, menambah pengunjung website, mendapatkan leads baru, mendapatkan email/kontak, meningkatkan social engagements, meningkatkan social activities (followers, likes, comments), mendapatkan subscribers, mendapatkan pengguna aplikasi baru, dan sebagainya. Sebelum memulai kampanye pemasaran digital, tujuan output dari digital marketing campaign sudah harus didefinisikan dengan jelas dan terperinci. Jangan sampai inkonsisten di tengah jalan karena akan menyebabkan bertambahnya biaya, tenaga dan waktu yang dibutuhkan.

3. Pilih channel digital marketing yang cocok

Dengan langkah pertama dan kedua, serta sesuaikan dengan kondisi budget pemasaran yang dimiliki. Ada beberapa contoh channel digital marketing yang bisa digunakan, seperti SEO (Search Engine Optimization), Paid ads (iklan berbayar seperti Google Ads, FB ads), social media marketing, email marketing, video marketing, content marketing, dan lainnya. Kuncinya untuk memulai adalah kenali target pelanggan yang ingin ditargetkan dan sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Contoh jika pelanggan adalah kaum millennial berusia 15–21 tahun maka bisa menggunakan channel social media baik itu melalui promosi social ads (berbayar) atau promosi akun sosial media tidak berbayar melalui platform sosial seperti facebook, Instagram dan Youtube. Pilihan channel akan menentukan keberhasilan dan efektif tidaknya kampanye pemasaran digital dalam menggaet target pelanggan, jadi tentukan dengan bijaksana.

4. Eksekusi strategi digital marketing

Tidak ada di dunia ini yang terlahir sempurna, tidak terkecuali dengan kampanye pemasaran digital. Dengan mengeksekusinya secara disiplin serta mengevaluasi kinerja kampanye digital secara berkala, maka akan dapat mencoba berbagai alternatif strategi untuk meningkatkan performa dari digital marketing. Contohnya, jika tujuan dan output dari kampanye digital adalah untuk menghasilkan penjualan, maka evaluasi conversions rate dari kampanye pemasaran digital secara berkala. Jika terlalu rendah, maka evaluasi kembali profil target pelanggan , kata kunci yang targetkan dan juga landing page yang gunakan. Dengan melakukan evaluasi secara berkala, cepat atau lambat maka akan dapat menemukan the winning campaign dan kemudian bisa melakukan scale up dari kampanye pemasaran digital supaya tumbuh dengan masif dan cepat.

Jika Anda masih bingung untuk memulai atau tidak punya SDM/Anggaran yang cukup untuk membangun sebuah tim Digital Marketing, Perupa Media menyediakan jasa Digital Marketing untuk Anda!

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: