• Cara Memperbaiki Xiaomi Yi Yang Gagal Update Atau Bricked (Unbrick Xiaomi Yi)

    Cara Memperbaiki Xiaomi Yi Yang Gagal Update Atau Bricked (Unbrick Xiaomi Yi)

    Mungkin diantara kalian ada yang pernah mengalami atau sedang mengalami keadaan dimana kamera yicam atau sportcam favorit anda tidak bisa digunakan. Dan itu membuat kalian panik dan tidak tau harus bagaimana.
    Hal ini juga pernah terjadi pada saya, karena saya melakukan step yang salah saat mengupgrade firmware sehingga menyebabkan kamera yicam saya bricked.

    Q: Bagaimana tahu Yicam Anda rusak (Bricked) ?
    A: Kamera akan mulai berbunyi setiap detik dengan lingkaran bercahaya setelah kalian mencoba untuk menyalakannya.

    Sebelum kalian mulai menggunakan kamera atau mencoba untuk memperbarui melalui OTA/manual, pastikan kartu MicroSD kalian diformat dalam keadaan format FAT32. Format exFAT akan membuat kamera anda rusak saat diupdate/upgrade.

    Apabila kamera yicam anda sudah terlanjur bricked, tenang, setiap hal yang rusak tidak selamanya rusak. Pasti ada cara untuk memperbaikinya. Berikut ini adalah cara yang paling ampuh dan paling terjamin dalam hal meng Un-Brick kamera Xiaomi Yicam anda:

    Untuk unbrick kamera Anda setelah memperbarui firmware yang gagal:

    1. Anda akan membutuhkan FAT32 SD Card. Jangan gunakan exFAT untuk memperbarui firmware.

    2. Matikan kamera, keluarkan baterai dan kartu SD.

    3. Download YiCameraUnBrickFirmware.zip (lihat lampiran), ekstrak .ash  dan .bin untuk di SD Card Anda(Tidak didalam folder lain, persis diSDCard anda). FIle ini adalah firmware yicam versi 1.0.0 (default) dan Script yang akan mengupdate sendiri yicam anda ke versi 1.0.0.

    4. Pasang SD Card dan baterai di kamera dan Nyalakan kamera anda. Kalian akan mendengar suara beep-beep sama seperti keaadan bricked, tapi itu wajar. Script akan meluncurkan proses update yang akan memakan waktu sekitar 8-10 menit. Kamera akan berbunyi 4-5 kali saat update selesai dan akan mati dengan sendirinya. Dan itu artinya anda berhasil mengunbrick kamera anda!

    5. Jika proses update memakan waktu 10 menit dan tidak mati, lepaskan baterai dan periksalah kartu SD Anda. FIle .bin dan .ash seharusnya tidak ada sekarang dan Anda akan melihat folder DCIM dan MISC. Folder MISC akan memiliki file “item.bin” yang berukuran 56kb. Pasang baterai dan SD card kembali, hidupkan kamera dan biarkan kamera mengeluarkan bunyi beep-beep untuk beberapa menit. Tunggu kamera sampai berbunyi kurang lebih 4-5 kali kemudian silahkan matikan kamera. Setelah mati dengan benar, nyalakan lagi kamera dan seharusnya kamera anda sekarang sudah kembali normal seperti saat pertama kali anda membelinya!

    Download File Firmware:YiCameraUnbrickFirmware.zip

    Terimakasih atas Kunjungannya!  

    Kalau ada ingin mengetahui lebih dan ingin bertanya silahkan komen di bawah ini, tanggapan kalian sangatlah berharga bagi kami!

    Thanks for Reading! 

    We hope this post will help you out. If you have succeded or if you have any problem, don’t be shy to ask on the comment below! We’re hoping for your feedback:)

    Categories: Uncategorized

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    * Kode Akses Komentar:

    * Tuliskan kode akses komentar diatas: