• Sulap Sandal Swallowmu Jadi Keren !

    Sulap Sandal Swallowmu Jadi Keren ! : Seringkali ketika kita membawa Sandal “Swallow” ke masjid pasti pernah mengalami yang namanya Ketukeran atau bahasa lokalnya “Kijolan” karena begitu banyak yang memakai jenis sandal yang satu ini.

    Berawal dari itu kemudian saya membuat Identtitas untuk sandal saya. Kebanyakan orang lebih memilih menandai sandal mereka dengan tulisan spidol atau hanya dikasih paku payung. Tapi saya ingin Identias sandal saya, memiliki unsur Sense Of Art yang beda dari sandal yang lain. Saya cari di mbah google ternyata sudah banyak yang buat model ginian, malah ada yang dijual pula. Seni ukir sandal ini ada juga yang menamakannya dengan “Flip Flop Art”.

    Setelah dicermati sebenarnya gampang cara membuatnya, yang dibutuhkan hanya kesabaran dan ketelitian saja. Nah, kali ini saya akan berbagi tutorial bagaimana cara mengukir Sendal Swallow jadi terlihat keren. Oklah kalo begitu, langsung saja silahkan disimak tutorial berikut :


    Terlebih dahulu siapkan Alat dan Bahan :

    • Sandal Swallow
    • Kertas Stiker
    • Cutting Pen / Silet
    • Gunting Kecil
    • Pinset

    Setelah semua siap, ikuti langkah berikut ini :

    • Siapkan Sandal Swallow, Anda bisa mendapatkannya di toko terdekat. Harga sepasang Sandal sekitar Rp. 10.000 an. Pilih sesuai dengan ukuran kaki Anda, jangan memilih berdasarkan warna karena beda ukuran biasanya beda warna. Kemudian lepaskan semua Japitan pada sandal (bila terlalu susah bisa menggunakan air sabun)
    • Scan & Design, tahap selanjutnya adalah men-scan sandal swallow terlebih dahulu, lalu desain sesuai dengan pola gambar di Corel Draw, setelah desain sudah selesai print dengan menggunakan Kertas Stiker. Potong sesuai dengan pola kemudian tempelkan pada masing-masing sandal.
    • Ukir Pola, Anda bisa  memilih Cutting Pen / Silet untuk mengukir polanya. Saran saya sebaiknya menggunakan Cutting Pen. Disini saya menggunakan Cutting Pen merk SDI yang saya beli di toko buku seharga Rp.36.000,-. Mengapa saya menyarankan Cutting Pen, karena kalau memakai silet biasa akan menyita banyak waktu, selain itu Cutting Pen juga bisa digunakan untuk membentuk pola-pola yang sangat kecil. Cutting Pen ini juga dilengkapi refilnya juga lho, kalo mau beli refil sendiri juga ada, ga usah khawatir.
    • Mixing, Gunakan Gunting, Pinset, Cutting Pen secara bergantian sesuai dengan kebutuhan yang digunakan. Gunting digunakan untuk memotong pada bagian pola yang besar, Pinset digunakan untuk mengambil bagian terkecil, Proses mengukir ini sangat tergantung sesuai dengan desain sandal kita. Bila desain kita rumit maka prosesnya juga lama, begitu juga sebaliknya. Desain seperti saya ini saja kurang lebih menghabiskan kurang lebih 1/2 hari. Fiuuuh..
    • Done, Setelah selesai anda bisa memasang kembali Japitan sandal. Pada tahap ini biasanya juga akan terasa sulit sekali. Anda bisa menggunakan air sabun lagi untuk memasukkan japitan pada sandal agar licin dan mudah masuk.

    Akhirnya selesai juga, Puas rasanya dengan hasil karya sendiri.. Kini saya ga perlu repot cari sendal saya. hehe… Ok deh..

    Categories: Uncategorized

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    * Kode Akses Komentar:

    * Tuliskan kode akses komentar diatas: