Materi Sosiologi Kelas X: Ragam Gejala Sosial Di Dalam Masyarakat

Definisi : Dapat diartikan suatu peristiwa yang terjadi dalam lingkungan masyarakat yang biasanya dalam kajian sosiologi disebut fenomena sosial. (Gejala Sosial = Fenomena Sosial) => Perubahan Sosial (+/-).

Faktor-Faktor Penyebab Gejala Sosial

  • Kultural => Adanya pertumbuhan dan perkembangan suatu nilai di masyarakat/komunitas.
  • Struktural =>Suatu keadaan yang mempengaruhi suatu pola tertentu. Hubungan yang terjalin antara individu terhadap kelompok di lingkungan masyarakat.
  • Macam-macam Gejala Sosial
  1. Ekonomi adalah Suatu kemampuan ekonomi yang dimiliki individu akan mengakibatkan gejala sosial di masyarakat terkait dengan perekonomiannya.
  2. Budaya adalah Dengan beragamnya jenis budaya yang ada di Indonesia maka akan sangat mudah terjadi suatu konflik. Maka itu akan menimbulkan suatu gejala sosial yang akan terjadi dalam masyarakat itu sendiri.
  3. Lingkungan Alam adalah Karakteristik suatu lingkungan akan menentukan aspek sisi kesehatan lingkungannya. Seseorang yang terkena penyakit akan secara pasti mempengaruhi lingkungan sekitarnya.
  4. Psikologis adalah psikologis seseorang yang menentukan bagaimana suatu individu menjalani aktivitas kesehariannya. Bila psikologis seseorang terganggu maka akan menimbulkan gejala sosial untuk lingkungan sekitarnya.
  • Dampak Gejala Sosial di Masyarakat
  1. Dampak positif adalah Gejala yang hadir dapat disikapi secara bersikap terbuka maka perubahan tersebut akan berdampak positif dan memberikan manfaat.
  2. Dampak negatif adalah Tidak mampunya seseorang untuk menerima perubahan akan membuat seseorang mengalami perbuatan kearah yang menyimpang.
  • Contoh gejala sosial dalam masyarakat
  1. Kemiskinan

Kemiskinan adalah suatu keadaan di mana seseorang tidak sanggup memilihara dirinya sendiri sesuai dengan taraf kehidupan kelompok dan juga tidak mampu memanfaatkan tenaga mental maupun fisik dalam kelompok tersebut. Kemiskinan sebagai suatu fenomena sosial yang tidak hanya dialami oleh Negara-negara yang sedang berkembang tetapi juga terjadi di Negara-negara yang sudah mempuyai kemapanan di bidang ekonomi. Kemiskinan merupakan permasalahan yang di akibatkan oleh kondisi nasional suatu negara dan situasi global. Dengan adanya globalisasi ekonomi dan ketergantungan antar negara dapat memberikan tantangan dan kesempatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan suatu negara dan juga memberikan resiko ketidakpastian perekonomian dunia.

Indonesia menghadapi masalah yang cukup besar di berbagai bidang baik di bidang ekonomi,kependudukan maupun lingkungan hidup. Pada umumnya semuanya akibat kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada peningkatan kesejahteran rakyat. Dampak dari berbagai kebijakan tersebut adalah masih banyaknya penduduk miskin di Indonesia. Adapun beberapa faktor penyebab kemiskinan sebagai berikut:

  1. Kurangnya lapangan pekerjaan
  2. Tingkat pendidikan yang rendah
  3. Kurangnya modal
  4. Tidak memiliki skill
  5. Banyaknya jumlah anggota keluarga

Dampak yang disebabkan oleh kemiskinan diantaranya adalah: Kesejahteraan masyarakat sangat jauh dan sangat rendah, Ini berarti dengan adanya tingkat kemiskinan yang tinggi banyak masyarakat Indonesia yang memiliki pendapatan yang mencukupi kebutuhan hidup

  1. Tingkat kematian meningkat, Banyak yang mengalami kematian akibat kelaparan atau melakukan tindakan bunuh diri karena tidak kuat dalam menjalani kemiskinan yang dihadapi.
  2. Banyak keluarga yang kelaparan karena tidak mampu untuk membeli kebutuhan akan makanan yang mereka makan sehari-hari.
  3. Tidak bersekolah (tingkat pendidikan yang rendah) menyebabkan tidak mempunyai ilmu yang cukup untuk memperoleh pekerjaan dan tidak mempunyai keterampilan yang cukup untuk memperoleh pendapatan.
  4. Tingkat kriminalitas meningkat, untuk memperoleh pendapatan tindakan kejahatan sering dipake untuk memperolehnya. Karena dengan cara yang baik mereka tidak mempunyai kemampuan maupun ilmu yang mempuni.
  1. Kriminalitas

Kriminalitas berasal dari kata crime yang artinya kejahatan. Kriminalitas adalah semua perilaku warga masyarakat yang bertentangan dengan norma-norma hukum pidana. Kriminalitas yang terjadi di lingkungan masyarakat dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik dari dalam maupun luar individu.  Tindakan kriminalitas yang ada di masyarakat sangat beragam bentuknya, seperti pencurian, perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya. Tindakan kriminalitas yang terjadi di masyarakat harus menjadi perhatian aparat polisi dan masyarakat sekitar.

Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya masalah kriminalitas di lingkungan masyarakat, antara lain:

  • Peningkatan dan pemantapan aparatur penegak hukum.
  • Adanya koordinasi antara aparatur penegak hukum dengan aparatur pemerintah lainnya yang saling berhubungan.
  • Adanya partisipasi masyarakat untuk membantu kelancaran pelaksanaan penanggulangan kriminalitas.
  • Membuat undang-undang, yang dapat mengatur dan membendung adanya tindakan kejahatan.

Baca selengkapnya, Download Link Disini Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: