MATERI ANTROPOLOGI KELAS XII SMA/MA TENTANG ” KONSEP-KONSEP PERUBAHAN SOSIAL”

Hai gaes, kali ini jumpa dengan postingan saya. Jangan bosen-bosennya ya, mencari informasi dari berbagai sumber, meskipun dari blog, kita juga harus pandai-pandai untuk menyaring materi yang kita dapatkan di social media. Tapi tidak ada salahnya jika kalian memerlukan infoirmasi melalui blog-blok untuk di jadikan refrensi kalian.

Nah, sekarang saya akan membagikan materi antropologi kelas XII SMA/MA tentang konsep perubahan social dan dampak perubahan social yang terjadi di masyarakat.

Konsep perubahan social

Semua masyarakat pada umumnya yang tinggal di kota maupun tinggal di desa, tentu akan mengalami sebuah perubahan dan dinamika social budaya. Adanya interaksi antar manusia, maka perubahan dan dinamika tersebut tidak bisa di hindari dari masyarakat. Proses perubahan atau dinamika pada dasarnya dapat di analisis secara mendalam. Untuk menganalisis proses tersebut maka akan mengetahui pemahaman konsep-konsep perubahan social yaitu:

  • Internalisasi

Yaitu proses Panjang awal seorang individu di lahirkan sampai ia hamper meninggal. Dalam proses ini, seorng individu belajar untuk menanamkan segala perasaan, hasrat, nafsu, dan emosi yang di perlukan selama hidup dalam kepribadiannya.

  • Sosialisasi

Yaitu proses yang di lakukan seorang individu dari kecil sampai ia tua. Untuk proses ini bertujuan untuk mempelajari pola-pola tindakan dan juga untuk berinteraksi dengan individu satu dengan individu yang lain sehingga dapat menempati posisi dan peranan social terrentu dalam masyarakat.

  • Enkulturasi

Yaitu proses individu dalam mempelajari aktivitas melalui sikap, pikiran dengan adat istiadat, sesuai system norma yang berlaku di da;lam kebudayaannya. Proses ini sudah di lakukan ketika seorng individu sejak kecil meniru tindakan yang berada di budaya mereka, dan dengan berkali-kali meniru maka, tindakan tersebut menjadi suatu pola yang mantap dan norma yang mengatur tindakaannya yang di budidayakannya.

  • Difusi

Yaitu suatu suatu proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan dan sejarah hingga keseluruh dunia.

  • Akulturasi

Yaitu suatu proses social yang timbul ketika seseorang atau individua tau masyarakat bertemu dengan kebudayaan tertentu dan ada unsur dari budaya asing, lambat laun kebudayaan asing tersebut di terima dalam kebudayaan itu sendiri dan masih mempertahankan unsur kebudayaan local sendiri.

  • Asimilasi

Yaitu proses pencampuran budaya satu dengan budaya yang lain tanpa mempertahankan budaya lokalnya. Dan melakukan pencampuran budaya yang lain lebih membaur di bandi dengan proses akulturasi.

  1. Inovasi atau pencampuran

Yaitu suatu proses pembauran dari pengunaan sumber-sumber alam, energi, dam modal, pengaturan teknologi baru yang dapat membantu adanya penciptaan atau penemuan produk-produk tertentu.

Dampak perubahan sosial

Perubahan social adalah suatu proses untuk perubahan dalam sisitem masyarakat. Dari perubahan tersebut terdapat dampak-dapak negative maupun dampak negative.

Dampak positif

Perubahan social memberikan dampak positif yang dapa memberikan pengaruh positif dalam masyarakat tertentu. Macam-macam dampak positif perubahan social adalah sebagai berikut:

  1. Terciptanya lapangan kerja batu.
  2. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Terciptanya tenaga kerja yang professional
  4. Nilai dan norma baru terbentuk
  5. Efektivitas dan Efisiensi kerja meningkat

Dampak negatif

Perubahan social juga terdapat dampak negative yang berada di masyarakat. Yang menimbulkan kerugian bagi masyarakat , baik berupa kerugian material maupun non material. Macam-macam dampak negatifnya adalah sebagai berikut.

  1. Terjadinya disintegrasi social, adanya evolusi kesenjangan social, perbedaan kepentingan yang mendorong adanay perpecahan.
  2. Terjadinya pergolakan daerah, adanya perbedaan agama, ras suku bangsa dan politik, tidak memperhatikan tatanan hidup, mengaabaikan norma dan nilai, dan kesenjangan ekonomi.
  3. Kenakalan remaja, muncul karena adanya perubahan social nilai-nilai kebebasan budaya barat yang di adopsi tanpa menyesuaikan kebudayaan sendiri.

Dari materi di atas maka kita akan mengetahui perubhan social pada masyarakat dan dampak-dampak yang ada di masyarakat, yaitu dampak positif dan dampak negative.

Berikut ini link yanga akan memberikan kalian pemahaman lebih lanjut. Berikut link nya.

http://www.porosilmu.com/2015/01/konsep-perubahan-sosial.html

Saya juga akan memberikan soal pengayaan kepada peserta didik kelas XII mata pelajaran antropologi SMA/MA.

  1. Apa definisi perubahan social?
  2. Apa saja konsep-konsep perubahan social?
  3. Apa saja dampak positif dari perubahan social? Sebutkan 2 Dan berikan contohnya?
  4. Apa saja dampak negative dari perubahan social? Sebutkan 2 Dan berikan contohnya?

 

 

Daftar pustaka

Waluya, Bagja. 2009.Sosiologi 1: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat. Jakarta: Pusat Perbukuan , Departemen Pendidikan Nasional.

Soerjono, Soekanto. 2003. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: