MATERI PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XII DAMPAK PERUBAHAN SOSIAL

  1. Saluran Perubahan Sosial Dalam Masyarakat

Saluran-saluran perubahan sosial atau avenue or channel of change, merupakan saluran-saluran yang dilalui oleh suatu proses perubahan dalam masyarakat yang pada umumnya adalah lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam bidang pemerintahan, ekonomi, pendidikan, agama, rekreasi, dan seterusnya.

  1. Respon Individu dan Masyarakat terhadap perubahan Sosial
  2. Terjadinya Penolakan (Penentangan-Penentangan)

Masuknya unsur-unsur luar ke dalam masyarakat seringkali dapat mengalami adanya penolakan-penolakan dari masyarakat yang bersangkutan. Meskipun telah terjadi penentangan, atau penolakan penolakan terhadap unsur-unsur baru (luar) oleh unsur-unsur lama, namun adakalanya unsur-unsur baru itu tetap masuk, oleh karena masyarakat tersebut tidak kuasa untuk menolaknya. Dampak dari masuknya unsur- unsur luar itu ada yang besar dan ada pula yang kecil.

  1. Terjadinya Penerimaan (Penyesuaian-Penyesuaian)

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, setiap masuknya unsur-unsur dari luar dapat menimbulkan ketidakstabilan dalam masyarakat. Hal tersebut bisa terjadi oleh karena adanya saling pertentangan di antara unsur- unsur baru dengan unsur-unsur lama, sehingga dapat memengaruhi iklim keharmonisan dalam masyarakat. Namun apabila ketidakstabilan tersebut dapat dipulihkan kembali, setelah terjadinya pertentangan atau perubahan, maka akan menimbulkan suatu keadaaan yang dinamakan adjustment

(penyesuaian). Keseimbangan atau harmoni dalam masyarakat (social equilibrium) merupakan keadaan yang diidam-idamkan dalam setiap masyarakat. Dengan keseimbangan dalam masyarakat dimaksudkan sebagai suatu keadaan di mana lembaga-lembaga kemasyarakatan yang pokok dari masyarakat benar-benar berfungsi dan saling mengisi.

  1. Dampak Perubahan Sosial
  2. Dampak Perubahan Sosial yang Berkaitan dengan Disorganisasi dan Reorganisasi dalam Masyarakat

Dalam kaitannya dengan perubahan sosial, suatu disorganisasi atau disintegrasi mungkin dapat dirumuskan sebagai suatu proses berpudarnya norma-norma dan nilai-nilai dalam masyarakat, hal mana disebabkan karena perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan. Sedangkan reorganisasi atau reintegrasi adalah suatu proses pembentukan norma-norma dan nilai-nilai baru untu menyesuaikan diri dengan lembaga-lembaga kemasyarakatan yang telah mengalami perubahan.

  1. Dampak yang Berkaitan dengan “Cultural Lag” Pada masyarakat yang sedang mengalami perubahan sosial, tidak selalu perubahan-perubahan pada unsur-unsur masyarakat dan kebudayaan itu mengalami kelainan yang seimbang. Dikenalnya senjata api dan kuda oleh orang-orang Indian di Amerika Serikat misalnya, meskipun hal tersebut mampu merubah cara-cara mereka dalam mencari makanan dan cara-cara untuk berperang, akan tetapi tidak demikian halnya dengan bidang-bidang kehidupan lainnya seperti misalnya agama yang disebarkan oleh penyebar-penyebar agama orang-orang kulit putih.

Seperti yang sudah di jelaskan diatas, untuk mendukung dan memudahkan kalian dalam memahami materi tersebut, disini saya akan memaparkan materi pembantu terkait materi diatas.

http://sosiologismak1.weebly.com/materi-kelas-xii-ips.html

PENUGASAN

1 apa saja yang menyebabkan terjadinya dampak perubahan sosial?

  1. Mengapa muncul ketidakseimbangan sosial dalam masyarakat?
  2. Sebagai anggota masyarakat yang baik bagaimanakah sikap yang perlu diambil apabila di dalam masyarakat muncul ketimpangan?
  3. sebut dan jelaskan apa saja respon individu dan masyarakat terhadap perubahan sosial?
  4. berilah analisis link diatas!

DAFTAR PUSTAKA

Aman, dkk, 2009. Sosiologi 3 Untuk SMA/MA Kelas XII Program Ilmu Sosial: Jakarta, Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco