Kelas XII ”Konsep Perubahan Sosial”

Kali ini saya akan memposting materi Antropologi kelas XII Kurikulum 2013 mengenai “Konsep Perubahan Sosial” sebelumnya materi ini sudah di posting terlebih dahulu oleh teman saya yaitu http://blog.unnes.ac.id/ayusetyo/

Nah untuk lebih jelasnya,yuk jangan lewatkan membaca postingan ini ya.

    • Pengertian Perubahan Sosial

Sebelum kita memahami lebih jauh tentang perubahan sosial,maka sebaiknya kita mengetahui dulu apa sih pengertian dari perubahan sosial itu sendiri. Perubahan yang terjadi di masyarakat bisa berupa perubahan nilai-nilai sosial ,norma-norma yang berlaku di masyarakat ,pola-pola perilaku individu dan organisasi ,susuan lembaga kemasyarakatan,lapisan-lapisan,kelas-kelas masyarakat,kekuasan,wewenang,interaksi sosial dll.Jadi, deangan kata lain pengertian perubahan sosial meliputi perubahan organisasi sosial,status,lembaga,dan stuktur sosial dalam masyarakat.

Beberapa pendapat ahli antropologi mengenai pengertian perubahan sosial sebagai berikut:

  1. Menurut Kingsley David

Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.

  1. Menurut Gillin dan Gillin

Perubahan sosial sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima,baik karena perubahan kondisi geografis,kebudayaan material,komposisi penduduk,ideologi maupun karena adanya difusi atapun penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.

  1. Menurut Mac Iver

Perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan dalam hubungan sosial atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial.

  1. Menurut Selo Soemardjan

Perubahan sosial adalah segala perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat,yang mempengaruhi sistem sosialnya,termasuk di dalamnya nilai-nilai ,sikap,dan pola perilaku diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

Di atas merupakan pengertian perubahan sosial yang telah di kemukakan oleh beberapa para ahli, maka kita akan mengetahui dampak-dampak perubahan sosial yang akan di kaji dalam mata pelajaran Antropologi.

Sebelum kita membahas dampak-dampak perubahan sosial,bahwa pada masyarakat Indonesia,kebudayaan mengalami proses transisi,yaitu dari budaya tradisional menuju budaya modern.Semua itu tidak lepas dari bebrapa faktor yang mempengaruhinya,seperti Globalisasi,Modernisasi,dan Westernisasi.

  • Globalisasi

Globalisasi dapat diartikan sebagai suatu proses dimana batas-batas negara luluh dan tidak penting lagi bagi kehidupan sosial. Perubahan sosial yang berlangsung membawa perubahan besar bagi kehidupan masyarakat,terutama perubahan sosial-budaya.Perubahan globalisasi memiliki dampak positif dan negatif.

Berikut merupakan dampak positif dari globalisasi ,yaitu:

a.Semakin terbentuknya komunikasi internasional

b.terbukanya kesempatan untuk mempelajari organisasi-organisasi sosial

c.perpindahan teknologi semakin mudah

d.terbukanya bidang-bidang pekerjaan baru

e.pertemuan seni dan kebudayaan antarbangsa

Adapun dampak negatif dari proses globalisasi ,sebagian berikut:
a.Kegoncangan budaya(cultural schock)yaitu keadaan dimana seseorang atau masyarakat terguncang jiwanya akibat belum siap menerima kebudayaan asing yang masuk secara tiba-tiba.

b.Kesenjangan budaya(culture lag)merupakan ketimpangan salah satu unsur kebudayaan untuk menyesuaikan diri dengan unsur-unsur kebudayaan lain yang sudah berubah.

  • Modernisasi

Modernisasi merupakan proses perubahan masyarakat dan masyarakat tradisional menuju masyarakat modern.Bentuk yang dimaksud dari pengertian modernisasi,yaitu perubahan yang terarah (direct change)dan perubahan atas dasar perencanaan (plannned change) dan perubahan(planned change). Perubahan pada proses globalisasi mencakup semua aspek,diantaranya:

a.Aspek sosio-demografis atau mobilitas sosial (sosial mobility),yaitu proses perubahan unsur-unsur sosial ,ekonomis,kejiwaan masyarakat yang mulai perubahan ke arah baru melalui sosialisasi.

b.Aspek struktur organisasi sosial ,yaitu perubahan unsur-unsur sosial jika kita mengadakan hubungan interaksi dengan yang lainya dalam kehidupan bermasyarakat.

  • Westernisasi

Westernisasi berasal dari bahasa Inggris yaitu west berarti barat,istilah ini sering digunakan untuk meniru gaya hidup orang barat(orang erop barat,amerika). Meniru model hidup berarti meniru secara berlebihan,seperti model pakaian,rambut,busana,gaya bicara,sopan santun pergaulan orang barat,pola bergaul,berpesta,rekreasi,dan kebiasaan minum-minuman keras.

  •       Dampak-Dampak Perubahan Sosial Terhadap Kehidupan

1.Proses Disintegrasi Sebagai Akibat Perubahan Sosial

Dalam kehidupan bersama,masyarakat dengan kebudayaanya tidak akan lepas dari perubahan. Perubahan yang terjadi akan membawa 2 akibat.

  • Berakibat positif

Terjadi apabila masyarakat diri dengan gerak perubahan.Keadaan masyarakat yang memiliki kemampuan dalam penyesuaian disebut adjustment,sedangkan bentuk penyesuaian disebut integrasi.

  • Berakibat Negatif

Akibat dari adjustment akan menimbulkan disentegrasi,yaitu proses memudarnya nilai dan norma dalam masyarakat sehingga berakibat adanya perubahan dalam lembaga kemasyarakatan.Disentegrasi terjadi apabila masyarakat sebagai agen perubahan,tidak mampu menyesuaikan atau mensosialisasi diri dengan nilai-nilai baru yang berkembang dalam masyarakat.

  1. Bentuk-Bentuk Disentegrasi
  2. Pergolakan Daerah

Pergolakan daerah adalah suatu gerakan sosial vertikal dan herizontal ,yang dilakukan serentak dengan berbagai cara untuk melaksanakan kehendak atau cita-cita

b.Demontrasi

Demonstarsi merupakan suatu gerakan massal yang bersifat terbuka yang dilakukan secara lisan,tulisan,dan tindakan dalam memperjuangkan kepentingan atau tuntutan,contoh: Demonstrasi mahasiswa meminta harga BBM ,minta pejabat negara turun atau lengser.

c.Aksi Protes

Aksi protes adalah suatu tuntutan individual atau kelompok ,yang dilakukan dengan lisan,atau tulisan untuk memperjuangkan kepentingan atau objek tindakan.

d.Kriminalitas

Kriminalitas adalah setiap pelanggaran norma hukum yang dapat diancam sanksi pidana,sedangkan kriminalogi adalah suatu ilmu yang mempelajari tindak atau perilaku jahat.

3.Proses Perubahan sosial dan Akomodasi baru

Proses perubahan sosial merupakan serangkaian perubahan yang dilalui dalam perkembangan masyarakat. Akomodasi baru merupakan perubahan yang dilalui oleh masyarakat dalam melakukan penyesuaian-penyesuaian. Bahwa proses perubahan sosial dan akomodasi baru sama artinya dengan proses perubahan sosial dan penyesuaian sosial.

Guna menambah pemahaman bagi pembaca untuk lebih lanjut silahkan buka link dibawah ini

https://www.kompasiana.com/qurrotul.uyun/pengaruh-jejaring-sosial-terhadap-perubahan-sosial-masyarakat_54f9324ca33311ac048b48ce

Sesudah kalian membaca materi tentang Konsep Perubahan Sosial,agar lebih jelasnya untuk meningkatkan pemahaman kalian,berikut ini terdapat beberapa pertanyaan-pertanyaan dijawab ya teman-teman.

  1. Apa yang kalian ketahui mengenai peruabahan sosial?
  2. Jelaskan faktor-faktor yang mengakibatkan terjadinya Globalisasi?
  3. Analisislah kasus yang berada di link atas sesuai dengan pemahaman Anda mengenai Perubahan sosial yang ada di Indonesia?

Daftar Pustaka:

Astuty,tri. 2015. Sosiologi Rangkuman Inti Sari Sosiologi Lengkap Kelas 1,23. Jakarta: Vicosta Publishing

Saraswati,dkk.2008. Be Smart Ilmu Pengetahuan Sosial (Geografi,Sejarah,Sosiologi,Ekonomi). Bandung: Grafindo Media Pratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco