Archive for the ‘Sosiologi’ Category

Ulasan Akhir 10 Blog Sejawat

Januari 7, 2016 in Sosiologi | Comments (0)

  1. Nama Pemilik Blog               : Anisa Mar’atussholehah

Alamat Blog/http                   : https://blog.unnes.ac.id/anisamarsol79/

Kelebihan / keunggulan        : Materi yang di sajikan atau yang terdapat di blog sudah cukup lengkap, sehingga pembaca mampu memahami dengan jelas, sumber yang di cantumkan juga sudah jelas. Materi yang di upload tidak hanya mengenai Sosiologi dan Antropologi sehingga menambah variasi dari bog tersebut. (more…)


Materi Sosiologi Kelas XII : Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas

Desember 22, 2015 in Pembelajaran Sosiologi SMA,Sosiologi | Comments (0)

Secara bahasa, lokal (local) berarti setempat, sedangkan kearifan atau dalam bahasa Inggris wisdom dapat diartikan sebagai pemikiran, gagasan, atau perilaku yang bijak. Dapat juga diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam menggunakan akal pikirannya dalam bertindak atau bersikap sebagai hasil penilaian terhadap sesuatu, objek, atau peristiwa yang terjadi. Sehingga kearifan lokal (local wisdom) dapat diartikan sebagai gagasan-gagasan setempat yang bersifat bijaksana, bernilai baik, yang tertanam dan diikuti oleh para anggota masyarakat. (more…)


Materi Sosiologi Kelas XII : Ketimpangan Sosial Sebagai Dampak Perubahan Sosial

in Pembelajaran Sosiologi SMA,Sosiologi | Comments (0)

Ketimpangan sosial merupakan suatu keadaan dimana terdapat ketidakseimbangan dalam masyarakat. Kesenjangan sosial disebabkan akibat adanya perbedaan yang ada di tengah masyarakat itu sendiri. Perbedaan yang biasanya terdapat di tengah masyarakat meliputi perbedaan sosial, ekonomi, budaya dan masih banyak lagi. Ketimpangan sosial dapat diartikan juga sebagai bentuk ketidakadilan baik dalam kedudukan maupun status yang dirasakan oleh seseorang yang berada dalam suatu masyarakat tertentu. Banyak hal yang menjadi indikator penanda terjadinya ketimpangan sosial dalam masyarakat. Misalnya saja adanya perbedaan dalam mengakses atau memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Sumber daya yang tersedia dapat berupa sumber daya primer maupun sekunder. Kebutuhan primer disini meliputi kebutuhan akan pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, pekerjaan dan lain-lain. Sedangkan kebutuhan sekunder meliputi sarana saluran politik, sarana saluran hak asasi manusia dan sebagainya. (more…)


Materi Sosiologi Kelas XII : Globalisasi dan Perubahan Komunitas Sosial

in Pembelajaran Sosiologi SMA,Sosiologi | Comments (0)

Materi ini diajarkan kepada peserta didik agar mampu memahami globalisasi dan perubahan komunitas lokal. Kecenderungan dalam sejarah perkembangan masyarakat yang menonjol di era modern adalah perubahan menuju globalisasi. Robertson sebagaimana dikutip oleh Piotr Sztomka dalam bukunya Sosiologi perubahan sosial (2007, halaman 101, mendefinisikan globalisasi sebagai proses yang mengahsilkan dunia tunggal. Masyarakat di seluruh dunia menjadi saling tergantung di hamper semua aspek kehidupan : politik, ekonomi, maupun, kebudayaan. Tidak ada satu Negara pun di dunia yang mampu mencukupi kebutuhannya sendiri. (more…)


Materi Sosiologi Kelas X : Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat

in Pembelajaran Sosiologi SMA,Sosiologi | Comments (0)

Hal yang dipelajari dalam sosiologi adalah pola-pola hubungan dalam masyarakat. Pola-pola hubungan tersebut dapat menciptakan kestabilan atau keadaan normal, namun dapat pula menimbulkan keadaan yang tidak normal, seperti penyimpangan dan masalah sosial lainnya. Gejala-gejala tersebut dikenal sebagai realitas sosial masyarakat. (more…)