Cara Menghapus Virus Shortcut

Cara Menghapus Virus Shortcut

Virus seperti bakteri pada komputer, virus sangat mengganggu aktivitas kerja komputer karena dengan adanya virus kerja komputer menjadi sangat lambat bahkan banyak data maupun program yang rusak karena virus. Salah satu virus yang sering muncul pada komputer kita atau di flashdisk adalah virus shortcut, dimana virus ini akan masuk melalui flashdisk yang ditancapkan ke komputer yang tidak mempunyai sistem secutiry yang kuat. Untuk itu pada kesempatan ini saya akan berbagi cara untuk menghapus virus shortcut pada komputer atau flashdisk anda. Jika anda mempunyai antivirus yang kuat dan update maka anda tidak perlu kuatir dengan virus ini, karena antivirus sudah memblock dan menghapus virus tersebut, akan tetapi jika anda mempunyai komputer desktop yang ada dirumah dengan antivirus yang kurang update maka anda bisa mengikuti langkah berikut ini.

Menghapus virus shortcut dengan CMD

1. Masuk ke menu command prompt yaitu dengan masuk ke menu run dan ketikan cmd kemudian klik enter. Atau anda bisa mengetikan Symbol windows +R pada keyboard.

2. Setelah program command prompt terbuka tentukan lokasi yang ada virus shortcut tersebut dengan mengetikan lokasi drive pada komputer (contoh: C: lau tekan enter atau  D: lalu tekan enter ataupun drve yang lain sesuai dengan letak virus.)

3. Jika sudah selesai masuk ke drive yang ada virusnya ketikan perintah berikut : attrib -s -h -r /s /d  , kemudian tekan enter.

4. Tunggu sistem memproses untuk penghaspusan virus hinggga muncul kembali lokasi drive anda.

Sekedar tambahan untuk lebih amannya update terus antivirus anda dan pada saat anda menancapkan flashdisk ke komputer anda sebaiknya scan terlebih dahulu agar vrius yang ada di flashdisk bisa di blok dan tidak menyebar ke komputer anda. semoga artikel ini bisa bermanfaat ….

Sumber : http://www.teorikomputer.com/2013/08/cara-menghapus-virus-shortcut.html
Nama : Reza febianto
Asal : SMKN 1 Bawang

Macam-macam Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Macam-macam Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Apa Pengertian dari Virus komputer?

Virus Komputer adalah sebuah program parasit pada komputer yang dapat menggandakan dirinya sendiri dan juga dapat menyebar pada komputer lain dengan cara menyisipkan dirinya didalam sebuah program atau data.

Biasanya data seseorang tidak sengaja memindahkan virus dari komputer satu ke komputer lainnya pada saat orang tersebut memindahkan data menggunakan flshdisk atau perangkat lain, sehingga virus tersebut akan menyusup pada flashdisk dan berpindah pada komputer yang lain.

Mengapa Virus komputer dibuat?

Virus komputer dibuat dengan tujuan yang tidak baik yaitu untuk pencurian data pada komputer tanpa sepengetahuan dari pemiliknya. banyak efek negatif yang ditimbulakan oleh virus komputer diantaranya rusaknya data dan program pada komputer sehingga data tersebut tidak dapat dibuka, ataupun program yang ada pada komputer tidak dapat berjalan. Selain itu virus juga akan menggandakan dirinya sendiri dengan jumlah yang sangat banya sehingga akan memenuhi ruang pada komputer dan akan memperberat kinerja dan RAM dan prosessor.

Macam-macam Virus Komputer

1. Trojan
Trojan adalah sebuah virus komputer yang dibuat dengan tujuan untuk mengendalikan dan mencuri data pada komputer. Trojan biasanya menyebar melalui internet dan lokasi dari penyebaran trojan adalah email ataupun data pribadi yang tidak diberi password.
Untuk Mengatasi virus trojan dengan menggunakan Trojan Remover atau Trojan Hunter

2. Worm
Worm adalah sebuah virus komputer yang dapat menggandakan dirinya sendiri. Hal yang paling berbahaya dari worm adalah dia dapat melipatgandakan dirinya sendiri dengan sangat cepat sehingga jika komputer terkena virus worm dengan waktu yang cukup lama maka worm akan memenuhi kapasitas dari harddisk dan membuat memori menjadi penuh.
Cara mengatasi virus jenis worm ini dengan menggunakan antivirus biasa, atau dengan antivirus versi pro akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Antivirus

3. Memory Resident Virus
Memory Resident Virus yaitu sebuah virus yang dapat menginfeksi RAM komputer. Efek yang ditimbulkan dari virus jenis ini adalah komputer menjadi lemot.
Cara mengatasi virus jenis ini dengan menggunakan antivirus, akan tetapi antivirus yang digunakan juga harus diupdate secara berkala.

4. Web Scripting Virus
Web Scripting Virus adalah sebuah program yang digunakan untuk mempercantik konten dari sebuah website, akan tetapi program ini dimanfaatkan untuk mengganggu dengan tujuan tertentu.
Untuk mengatasi virus jenis ini dapat menggunakan Microsoft tool bawaan windows dan lakukan scan secara teratur.

5. Multipartite Virus
Multipartite Virus adalah sebuah virus komputer yang terdiri dari file-file yang menginfeksi sistem operasi tertentu. Virus jenis ini biasanya bersembunyi pada RAM dan akan menginfeksi dari harddisk.
Cara mengatasi virus jenis ini yaitu dengan melakukan Disk Defragmenter.

6. FAT Virus
FAT Virus atau File Allocation Table Virus adalah sebuah virus komputer yang dibuat dengan tujuan untuk merusak file pada lokasi tertentu. File yang terkena virus ini biasanya akan disembunyikan seolah-olah file tersebut hilang.
Cara mengatasi virus ini dengan melakukan scan dengan antivirus yang sudah diupdate secar berkala.

7. Companion virus
Companion virus adalah sebuah virus komputeryang dibuat untuk mengganggu data pribadi. Lokasinya berada di dalam hardisk. Tetapi mempunyai ciri ekstensi yang berbeda.
Pencegahan : install scan antivirus dan juga download firewall.

8. Polymorpic virus
Polymorpic virus adalah sebuah virus komputer yang mempunyai kemampuan untuk menyandikan diri dengan cara yang berbeda-beda pada waktu menginfeksi sistem. Contoh : Marburg, tuareg dan elken.
Cara mencegah yaitu dengan menginstall antivirus high end.

9. Directory virus
Directory virus adalah jenis virus yang menginifeksi file dengan ekstensi exe atau com, kemudian memindahkannya. Sehingga ketika file tersebut dipanggil untuk dijalankan, maka secara otomatis virus akan beraksi untuk menginfeksi sistem yang lain.
Cara mengatasi virus ini yaitu dengan melakukan format dan install ulang semua program dan sistem operasi.

10. Macro virus
Macros Virus adalah virus komputer yang mempunyai kemampuan untuk menginfeksi file makro seperti doc, Xls, Pps dan Mdb. Selain itu virus jenis ini akan menginfeksi email yang berisi dokumen.
Cara mengatasi dengan menghindari membuka email yang tidak dikenal dan juga menonaktifkan program makro.

11. Boot sector virus
Boot sector virus adalah sebuah virus komputer yang dapat menginfeksi bagian terkecil dalam sebuah hardisk yang disebut sektor boot.  Lokasinya bersembunyi di dalam floppy disk. Sehingga ketika sistem berjalan dia bisa berpindah kemama-mana untuk melakukan aksi infeksinya. Contoh : Polyboot.B, Anti EXE.
Cara paling ampuh untuk mengatasinya yaitu dengan memastikan floppy disk pada posisi write protect.

12. Overwrite viruses
Overwrite viruses adalah sebuah virus komputer yang mempunyai kemampuan untuk menghapus file atau data yang terinfeksi tanpa mengubah ukuran file tersebut. Sehingga kita tidak akan merasa curiga tentang keberadaannya. Contoh : Way, Trj.Reboot, Trivial.88.D.
Satu-satunya cara untuk mengatasinya yaitu dengan menghapus file yang terinfeksi.

13. Direct action viruses
Direct action viruses adalah sebuah virus komputer yang mempunyai kemampuan menginfeksi file jenis AUTOXEC BAT. Yang terletak pada direktori hardisk. Jenis ini akan beraksi ketika sistem operasi dijalankan. Jenis virus ini mempunyai kemampuan untuk menginfeksi perangkat eksternal seperti hardisk eksternal dan flashdisk. Contoh Vienna.
Cara mengatasinya dengan menginstall scan antivirus.

sumber : http://www.teorikomputer.com/2016/01/macam-macam-virus-komputer-dan-cara.html
nama : Reza Febianto
Asal : SMKN 1 Bawang

10 Jenis Virus Komputer Yang Paling Berbahaya

10 Jenis Virus Komputer Yang Paling Berbahaya

Serangan virus merupakan salah satu hal yang sangat tidak diinginkan dalam komputer, selain dapat menghilangkan file mahupun aplikasi pada komputer, virus juga dapat membuat komputer tidak boleh bertahan lama (rosak). Berikut ini adalah daftar sepuluh jenis virus komputer yang paling berbahaya.

1. Discusx.vbs

Virus VBScript yang satu ini, memiliki ukuran sekitar 4.800 bytes. Dia akan mencuba menginfeksi di beberapa drive di komputer Anda, termasuk drive flash disk, yang jika terinfeksi akan membuat file autorun.inf dan System32.sys.vbs pada root drive tersebut. Selain itu, ia pun akan mengubah caption dari Internet Explorer menjadi “.::Discus-X SAY MET LEBARAN! [HAPPY LEBARAN ?!]::.”.

2. Reva.vbs

Lagi, virus jenis VBScript yang lumayan banyak dikeluhkan oleh beberapa pembaca. Ia akan mencuba menyebarkan dirinya ke setiap drive di komputer Anda termasuk drive flash disk. Pada drive terinfeksi akan terdapat file reva.vbs, autorun.inf, dan shaheedan.jpg. Selain itu, ia pun akan mengubah halaman default dari Internet Explorer agar mengarah ke situ http://www.arrahmah.com.

3. XFly

PC Media Antivirus mengenali dua varian dari virus ini, yakni XFly.A dan XFly.B. Sama seperti kebanyakan virus lokal lainnya, ia dibuat menggunakan Visual Basic. Memiliki ukuran tubuh sebesar 143.360 bytes tanpa di-compress. Dan ia dapat menyamar sebagai folder, file MP3 WinAmp atau yang lainnya dengan cara mengubah secara langsung resource icon yang ada pada tubuhnya. Ini akan lebih memyukarkan user awam dalam mengenalinya. Pada komputer terinfeksi, saat menjalankan Internet Explorer, caption-nya akan berubah menjadi “..:: x-fly ::..”, dan saat memulai Windows pun akan muncul pesan dari si pembuat virus pada default browser. Atau setiap waktu menunjukan pukul 12:30, 16:00, atau 20:00, virus ini pun akan menampilkan layar hitam yang juga berisi pesan dari si pembuat virus.

4. Explorea

Virus yang di-compile menggunakan Visual Basic ini hadir dengan ukuran sekitar 167.936 bytes, tanpa di-compress. Menggunakan icon mirip folder standard Windows untuk mengelabui korbannya. Virus ini akan menyerang Registry Windows Anda dengan mengubah default open dari beberapa extension seperti .LNK, .PIF, .BAT, dan .COM. Pada komputer terinfeksi, disaat-saat tertentu terkadang muncul pesan error, contohnya pada saat membuka System Properties.

5. Gen.FFE

Gen.FFE atau pembuatnya menamakan Fast Firus Engine merupakan salah satu program Virus Generator buatan lokal. Dengan hanya menggunakan program ini, tidak dibutuhkan waktu lama untuk dapat menciptakan virus/varian baru. Virus hasil keluaran program ini menggunakan icon mirip gambar folder standard bawaan Windows. Ia pun akan memblok akses ke Task Manager, Command Prompt, serta menghilangkan beberapa menu di Start Menu. Ia juga akan membaca caption dari program yang aktif, apabila terdapat string yang berhubungan dengan antivirus maka program tersebut akan segera ditutup olehnya.

6. Hampa

Virus yang juga dibuat menggunakan Visual Basic dan ber-icon-kan folder ini memiliki ukuran tubuh sekitar 110.592 bytes, tanpa di-compress. Banyak sekali perubahan yang ia buat pada Windows, seperti Registry, File System, dan lain sebagainya, yang bahkan dapat menyebabkan Windows tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Pada komputer yang terinfeksi oleh virus ini, saat memulai Windows akan muncul pesan dari si pembuat virus.

 

7. Raider.vbs

Virus jenis VBScript ini berukuran sekitar 10.000 bytes, jika file virus dibuka dengan Notepad misalnya, maka tidak banyak string yang boleh dibaca karena dalam keadaan ter-enkripsi. Pada Registry, ia pun memberikan pengenal dengan membuat key baru di HKLM\Software dengan nama sama seperti nama pada computer name, dengan isinya berupa string value seperti nama virus tersebut, Raider, serta tanggal komputer tersebut kali pertama terinfeksi.

 

8. ForrisWaitme

Virus yang dibuat dengan Visual Basic ini menggunakan icon mirip folder standard Windows untuk melakukan penyamarannya. Beberapa ulahnya adalah menukar fungsi tombol mouse kiri dengan kanan, menghilangkan menu Folder Options, membuat file pesan “baca saya.txt” pada drive terinfeksi, dan masih ada yang lainnya.

 

9. Pray

Virus lokal ini dibuat menggunakan Visual Basic. Kami mendapati 2 varian dari virus ini, untuk varian Pray.A tidak memiliki icon, sementara untuk varian Pray.B menggunakan icon mirip Windows Explorer. Jika komputer terinfeksi oleh virus ini, saat penunjuk waktu di komputer tersebut menunjukkan pukul 05:15, 13:00, 16:00, 18:30, dan atau 19:45, virus ini akan menampilkan pesan yang mengingatkan user untuk melakukan shalat.

 

10. Rian.vbs

Virus VBScript ini memiliki ukuran 3788 bytes. Saat menginfeksi, ia akan menciptakan file baru autorun.inf dan RiaN.dll.vbs pada setiap root drive yang terpasang di komputer korban, termasuk Flash Disk.

Sumber : http://bejagat.blogspot.com/2012/05/10-jenis-virus-komputer-yang-paling.html

Asal : SMKN 1 Bawang

Nama : Reza Febianto

Tips Membeli PC Gaming Rakitan Spesifikasi High End Harga Murah

Tips Membeli PC Gaming Rakitan Spesifikasi High End Harga Murah

Koneksia.comTips cara lengkap dan benar memilih serta membeli komputer pc gaming rakitan spesifikasi high end harga murah Terbaru. Jika Anda bermain game, pastinya yang harus Anda lakukan pertama kali adalah memilih kompuetr yang nyaman untuk gaming. Permainan game kadang terhenti sejenak atau bahkan berhenti saja sekali karena komputer lambat. Setidaknya, Anda perlu PC gaming yang benar-benar bisa untuk gaming terutama game berat.

Game terbaru saat ini kebanyakan sangat berat dimainkan sehingga membutuhkan PC gaming rakitan spesifikasi high end yang terbaik. Jika Anda memaksakan suatu game terutama game berat untuk dimainkan pada komputer yang tidak sesuai, hal ini justru merusak komputer Anda. Semakin berat game yang dimainkan maka membutuhkan komputer yang tepat agar komputer tidak rusak.

Memang, jika Anda masih awam dalam hal komponen komputer, untuk mendapatkan PC gaming rakitan spesifikasi high end yang cocok dengan budget minim agar Anda bisa bermain game dengan mulus memang susah susah gampang. Sedikit sulit untuk menentukan PC gaming rakitan spesifikasi high end yang bisa digunakan untuk gaming terbaru dan gaming berat.

Artikel Terkait :

Semakin banyaknya komponen komputer yang dijual dipasaran saat ini, membuat pecinta game juga semakin sulit menentukan mana komputer yang benar-benar mumpuni untuk gaming kelas berat. Namun, Anda bisa memilih PC gaming rakitan spesifikasi high end dengan memperhatikan beberapa komponen tertentu yang ada didalamnya.

Berikut beberapa cara yang wajib anda perhatikan dan pertimbangkan sebelum memilih dan Membeli komputer PC gaming rakitan spesifikasi high end dengan kualitas terbaik:

Memilih Merk komponen PC Gaming

Merk komponen PC Gaming Terbaik Terbaru 2016
Merk komponen PC

Ada banyak sekali merek komponen komputer yang dijual dipasaran, setiap merek tersebut memiliki keunggulan tersendiri. Untuk permaianan game berat, Anda bisa mempercayakan komponen komputer gaming terbaik dengan merek ternama seperti Asus, Corsair, Gigabyte, Logitech, Razer, SonicGear, Steel Series, MSI, Power Color,  dll. Semua merek komponen komputer gaming tersebut harganya memang lebih terjangkau namun kualitasnya sangat baik untuk PC gaming rakitan spesifikasi high end.

Memilih Prosessor

Prosessor PC terbaik Untuk Gaming Terbaru 2016
Prosessor

Prosessor adalah inti atau otak komputer, tanpa prosessor komputer tidak bisa digunakan. Untuk bermain game berat, Anda harus menentukan prosessor komputer gaming terbaik yang tepat. Di pasaran ada dua jenis prosessor yang sering digunakan dan berkualitas yaitu Intel dan AMD. Intel dan AMD merupakan prosessor yang bagus untuk PC gaming rakitan spesifikasi high end. Anda bisa memilih prosessor Intel Core i5 dan Intel Core i7 serta AMD Vishera FX untuk permaianan game yang berat.

Memilih Memori RAM

Cara memilih memori RAM terbaik untuk PC Gaming Murah
Memori RAM

Untuk bermain game, pastinya Anda harus mempertimbangkan RAM atau memori pada PC gaming rakitan spesifikasi high end. Jika RAM semakin tinggi maka semakin bagus game tersebut bisa lancar dimainkan. Sebagian besar komputer atau laptop saat ini sudah menggunakan memori RAM yang besar terutama jika spesifikasinya untuk gaming. Untuk permainan game ringan, Anda bisa memilih komputer dengan RAM minimal 2 GB, sedangkan untuk game kelas menengah dan game berat, pilihlah komputer yang memiliki RAM minimal 4GB atau lebih.

Jenis RAM saat ini yang populer adalah DDR3, setelah sebelumnya DDR dan DDR2 mulai ditinggalkan. Tetapi tahun 2014 lalu, DDR4 mulai diperkenalkan tentunya menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dan konsumsi daya yang lebih rendah. DDR 4 jelas lebih mahal, akan tetapi hingga saat ini DDR3 masih playable untuk game-game kelas atas. Harganya pun cukup terjangkau.

Memilih Hardisk

cara memilih ssd dan hardisk yang bagus untuk komputer gaming
Solid state drive

Hardisk, merupakan tempat penyimpanan data untuk file-file di komputer anda. Untuk komputer gaming terbaik, gunakan hardisk sata minimal 500 GB samapai 1 TB. Kemudian untuk kebutuhan gaming berat dan editing, gunakan storage harddisk berkecepatan tinggi dan hardisk berkapasitas besar agar bisa menyimpan beraneka macam game. Dan jika budget anda memadai gunakan juga SSD pada PC gaming rakitan spesifikasi high end milik Anda.

Singkat saja, jika Anda ingin kecepatan baca di HDD Anda super kencang, maka gunakanlah SSD ketimbang menggunakan HDD biasa (SATA 3.5 inch 7200 RPM misalnya). SSD memiliki berbagai keunggulan diantaranya kecepatan read/write jauh lebih kencang daripada HDD, hening (tidak bising), ukuran lebih kecil, dan lebih tahan terhadap goncangan.

Memilih VGA Card

VGA card terbaik untuk pc gaming harga murah terbaru 2016
VGA Card

VGA atau graphic card sangat penting bagi PC gaming rakitan spesifikasi high end, karena untuk menampilkan gambar di layar monitor. VGA yang berkualitas menghasilkan gambar yang lebih baik dan untuk bermain game berat. Untuk mendpatkan VGA card gaming terbaik anda harups memperhatikan spesifikasinya seperti merk VGA card, core speed, kapasitas memori vga, memori clock speed vga, tipe memori vga, memori interface vga, port keluar vga, jenis directx vga dan jenis PCIe.

Memilih Motherboard

cara memilih motherboard gaming terbaik harga murah
Motherboard

Untuk memilih motherboard memang tidak boleh sembarangan karena harus disesuaikan dengan socket. Masing-masing prosessor memiliki socket yang tidak sama. Karena itu, pilihlah motherboard untuk PC gaming rakitan spesifikasi high end yang memiliki socket sesuai dengan kebutuhan prosessor.

Ada beberapa tipe Processor baru yang membutuhkan chipset khusus untuk mendapatkan PC gaming rakitan spesifikasi high end denganperforma yang maksimal. Contoh : Intel Core i7 4770K adalah processor yang memiliki fitur overclocking, jadi untuk mendapatkan performa yang maksimal maka Anda harus menggunakan motherboard dengan chipset Z87 atau Z97.

Memilih Power Supply

Rekomendasi daftar power supply terbaik untuk pc gaming
Power Supply

Semakin bagus komponen-komponen yang kamu gunakan untuk merakit PC gaming rakitan spesifikasi high end, tentunya semakin besar juga daya yang dibutuhkan. Power supply, sesuai dengan namanya, akan mengaliri komputer kamu dengan daya yang dibutuhkan. Jangan sampai kamu membeli komponen-komponen yang super canggih, tetapi power supply yang kamu miliki tidak kuat menyuplai daya yang dibutuhkan.

Memilih Monitor

Daftar monitor led full hd terbaika untuk pc gaming murah
Monitor

Untuk monitor gaming tergantung selera Anda. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memlilih monitor gaming terbaik adalah LED lebih baik dan lebih hemat daya dibandingkan dengan LCD apalagi CRT. Ukuran 19 inch paling populer, apabila ada dana lebih mungkin bisa memilih yang 22 inch. Resolusi lebih besar lebih halus, sesuaikan dengan kemampuan kartu grafis anda Pilih yang kotak atau widescreen? Tergantung selera, kotak lebih enak untuk desain grafis, widescreen lebih cocok untuk anda yang sukan nonton film.

Memilih Casing / Case

case casing pc gaming terbaik harga murah Terbaru 2016
Casing komputer

Anda perlu menyatukan semua komponen tersebut di atas dalam satu rumah. Saat itulah casing dibutuhkan. Memilih sebuah casing PC gaming sebenarnya adalah keputusan yg gampang-gampang susah, bahkan bisa jadi ini lebih penting ketimbang memilih motherboard, oleh karena casing yg Anda pilih akan menentukan komponen seperti apa yg benar-benar pas untuk masuk ke dalamnya.

Rangka case PC ada beberapa jenis, mulai dari yg berukuran kecil seperti Mini-ITX yg artinya cukup ringkas untuk meja Anda, hingga yg berukuran besar seperti full tower yg dirancang untuk kemampuan upgrade maksimal dengan berbagai jenis parts tambahan. Tidak hanya itu, pemilihan casing juga akan menentukan tampilan PC Gaming Anda seperti apa, keindahan bentuk dan kecantikan gaming rig Anda.

Referensi PC Gaming Rakitan Spesifikasi High End

Untuk Anda yang memiliki dana lebih silakan saja menyiapkan komputer gaming high end. Namun memang harga yang akan dibayarkan memang sangat mahal. Hal yang paling mendasar yang membedakan Mid end dan high end terletak pada processor, VGA, dan secondary storage.  Biasanya untuk komputer gaming high end,  prosesor yang digunakan adalah  AMD Vishera FX-8320E  / FX 8350 atau intel core i5 / i7.

Nah untuk VGA, high end menggunakan VGA yang sangat bagus sehingga resolusi gambar menjadi ultra HD seperti VGA Club Radeon R9 280X 3GB DDR5 384 Bit, dan Inno 3D Geforce GTX 960 4 GB DDR5 OC  dengan kombinasi motherboard Asrock, RAM merk Patriot, dan beberapa spesifikasi yang sejenis. Biasanya dana yang dibandrol sekitaran 9 juta sampai 12 juta rupiah.

Walaupun mahal, namun PC High end performanya sudah tidak diragukan lagi, dijamin sangat cepat dan anti hang dan anti ngelag, game terbaru 2016 seberat apapun yang anda mainkan seperti game GTA V, Pes 2017, Watch Dogs 2, Call of Duty, Battlefield 5, Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4, dll pasti akan mulus dijalankan pada PC gaming rakitan spesifikasi high end milik anda.

Sumber : http://www.koneksia.com/tips-membeli-pc-gaming-rakitan-spesifikasi-high-end-harga-murah/

Nama : Reza Febianto

Asal : SMKN 1 bawang

Keyword Rahasia Pencarian di Youtube Terbaru

Keyword Rahasia Pencarian di Youtube Terbaru

Rahasia Youtube – Youtube merupakan situs sharing video terbesar yang di miliki oleh Google saat ini, hampir semua video ada di youtube karena setiap orang yang bisa akses ke youtube bisa melakukan upload dan download video ke youtube ini, bahkan tidak sedikit artist terkenal melalui youtube contohnya justin beiber, artis Indonesiapun ada. banyak juga para youtuber yang meraup dolar dari situs sharing video ini mulai ratusan dolar hingga ribuan dolar perbulannya bahkan lebih, Namun selain sebagai wadah sharing video ternyata youtube juga membuat beberapa hal-hal unik dalam situs mereka, yakni membuat guyonan lucu dan unik yang bisa membuat kita takjub, tertawa dan heran, berikut kekreatifan dari youtube untuk para usernya yang belum banyak di ketahui oleh banyak orang, berikut ulasannya.

1.  Use The Force Luke

Coba kalian ketik saja pada kolom pencarian youtube dengan kata kunci ” Use The Force Luke ” bukannya menampilkan hasil video dengan kata kunci yang kita ketikkan tersebut , namun layar monitor sobat akan ibut bergerak mengikuti arah cursor mouse pc atau Laptop sobat, silahkan langsung dicoba.

Screenshot_4

2. Doge Meme

Pada keunikan kedua ini jika sobat memasukkan kata kunci “Doge Meme” malah akan membuat tampilan judul pada setiap video di youtube telihat unik karena saat keyword ini dimasukkan dan ditekan enter/cari maka secara otomatis akan mengubah jenis tulisan, warna serta tampilan backgorund youtube sobat, silahkan sobat ketikkan keyword ” Doge Meme ” pada kolom pencarian Youtube.

Screenshot_5

3. Beam me Up Scotty

Rahasia unik  youtube yang ketiga adalah coba sobat masukkan keyword pada kolom pencarian video youtube” Beam me up Scotty ” kalimat itu pernah diucapkan oleh Kapten Kirk ketika hendak melakukan teleportasi dalam sebuah film animasi Star Trek. Nah, coba saja ketikan “Beam me up Scotty ” di kolom pencarian YouTube sobat, dan lihat hasilnya? nanti akan muncul ‘pendaran’ berwarna biru yang disertai dengan bintang-bintang, yang tampak seperti aurora di langit.

Beam me up Scotty

 

4.  Do The Harlem Shake

Nah terakhir yang kami temukan ini akan lebih seru, masih ingat nggak dengan style harlem shake 2013 lalu? tantunya pada ingat kan!, kalau sobat ketikkan keyword “Do The Harlem Shake” pada kolom pencarian video youtube, tunggu beberapa saat, maka situs Youtube kamu akan bergoyang dan ada suara Lagu harlem shake yang dimulai bergeraknya logo Youtube, kemudian diikuti oleh bergeraknya semua video-video yang ada pada situs youtube tersebut akan bergoyang nggak karuan seperti halnya Harlem Shake.

Do The Harlem Shake

Sumber : http://www.thegaptek.com/2015/12/keyword-rahasia-pencarian-di-youtube-terbaru.html

Nama : Reza Febianto

Asal : SMKN 1 Bawang

 

Tips Memilih Aksesoris Laptop yang Aman

Tips Memilih Aksesoris Laptop yang Aman

Saat ini laptop bukan lagi menjadi barang yang langka dan mewah. Bahkan laptop saat ini tidak hanya digunakan oleh orang dewasa, tetapi juga di pakai oleh semua usia dan semua kalangan, termasuk siswa sekolah karena laptop memiliki banyak keuntungan.

Dengan perkembangan teknologi laptop yang intensif, peluang terbuka untuk vendor laptop aksesoris. Saat ini banyak dari kita melihat model-model dari berbagai aksesoris laptop di manapun Anda berada dengan keunggulan masing-masing.

Tips Memilih Aksesoris Laptop

Dengan adanya berbagai macam aksesoris ini, sehingga Anda sebagai konsumen Anda harus benar-benar selektif memilih. Banyak faktor yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli aksesoris.

Berikut tips untuk memilih aksesoris Laptop sebelum Anda membeli itu:

1. Periksa Kondisi Keuangan

     Sebelum membeli aksesoris laptop, pertimbangan utama adalah kondisi keuangan anda. Maka anda harus benar-benar mempertimbangkan keadaan keuangan Anda serta harga barang yang akan dibeli.

2. Ketahui Manfaatnya

     Sebelum membeli aksesorisnya, pastikan bahwa Anda benar-benar membutuhkan aksesoris ini. Jangan membeli aksesoris tanpa mengetahui manfaat dari itu.

3. Mutu Barang

Jangan mudah tergiur dengan diskon aksesoris. murah atau berharga, itu bisa dijual dengan harga murah yang memiliki kualitas yang jauh di bawah standar.

4. periksa Spesifikasi

Periksa spesifikasi barang sebelum Anda membelinya. Jangan biarkan hal-hal yang Anda beli tidak sesuai dengan spesifikasi laptop.

5. Periksa Garansi

Silakan periksa garansi dan berbagai keuntungan pada aksesoris laptop.

6. Lihat Info Barang

Cobalah meminta atau mencari info dari berbagai sumber tentang aksesoris yang akan Anda beli sehingga Anda tidak tertipu dan dapat mempertimbangkan semua hal yang berkaitan dengan aksesoris tersebut.

sumber : http://www.thegaptek.com/2012/11/tips-memilih-aksesoris-laptop.html

nama : Reza Febianto

Asal : SMKN 1 Bawang

 

Membersihkan layar LCD laptop

Membersihkan layar LCD laptop memang terdengar simpel namun sangat penting untuk dilakukan. Layar laptop atau LCD memang sangat rentan terkena debu atau bekas sidik jari, sehingga mudah sekali terlihat kotor dan berdebu. Noda noda dan debu kotoran akan menempel pada layar laptop, apalagi layar jenis sentuh. Oleh karena itu, anda harus sering untuk membersihkan LCD laptop minimal seminggu sekali.

Merawat layar LCD laptop harus hati-hati agar tidak merusak layar laptop. Selain itu Anda harus mempersiapkan alat-alat yang digunakan membersihkan layar seperti notebook cleaning kit, kain microfiber dan alat pembersih telinga (cotton bud). Langsung saja, mari kita ikuti ulasan lengkap cara membersihkan LCD laptop dengan baik dan benar.

cara membersihkan layar lcd laptop

Cara membersihkan Layar LCD Laptop

1. Pastikan laptop dalam keadaan mati dan tidak tersambung dengan listrik secara langsung.
2. Teliti setiap area LCD yang terdapat debu dan kotoran.
3. Basahi kain microfiber dengan air, sehingga kain terasa agak lembab. Kemudian usap layar laptop menggunakan kain microfiber secara perlahan-lahan dan jangan ditekan terlalu keras.

4. Gunakan cairan khusus pembersih layar LCD laptop, semprotkan cairan langsung ke daerah LCD laptop dan kain microfiber.

alat membersihkan layar laptop

5. Kemudian usap kembali LCD laptop menggunakan kain microfiber secara perlahan-lahan dengan gerakan melingkar.
6. Di bagian pinggir laptop yang biasanya sulit dijangkau kain gunakan pembersih telinga (cotton bud). Kelilingi bagian pinggir laptop secara merata.
7. Setelah selesai tunggu layar LCD sampai benar-benar kering dan anda bisa menggunakan laptop kembali secara normal.
Tips membersihkan layar laptop ini berlaku pada layar komputer juga. Jadi, jika anda memiliki perangkat komputer di rumah lakukan perawatan terhadap layar monitor minimal seminggu sekali untuk dibersihkan. Untuk melindungi layar LCD dari kotoran debu kerikil atau baret-baret, anda bisa menggunakan screen guard untuk melindungi layar laptop.
Screen guard ini hanyalah sebatas pelindung muka saja, jadi tetap diperlakukan sama yakni pembersihan secara berkala. Jika Anda malas untuk membersihkan LCD laptop, maka debu yang menempel pada layar LCD akan mengganggu tampilan layar LCD laptop anda. Selain itu, anda juga perlu untuk membersihkan keyboard laptop agar tidak kemasukan kotoran (baca : cara membersihkan keyboard laptop), sehingga bisa mengganggu aktifitas multitasking anda.
Demikianlah artikel mengenai cara membersihkan layar LCD komputer dengan baik dan benar. Jangan lupa untuk mengurangi aktivitas pembersihan ini minimal seminggu 1 kali agar layar laptop terlihat bersih dari debu dan kotoran. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara untuk merawat laptop dengan baik. Salam IT.

Sumber : http://panduankomputer-laptop.blogspot.com/2016/08/cara-membersihkan-layar-lcd-laptop.html
Nama : Reza Febianto
Asal : Smkn 1 Bawang

Cara Mengatasi Laptop Hang Tanpa Ribet.

Cara Mengatasi Laptop Hang Tanpa Ribet.

Cara Mengatasi Laptop Hang – Laptop sekarang ini sudah menjadi kebutuhan wajib bagi pelajar, mahasiswa, guru maupun pengusaha. Seiring perkembangan teknologi dan software internet, banyak pengguna laptop yang menginstal aplikasi apa saja tanpa melihat prioritas aplikasi yang dibutuhkan untuk membantu pekerjaan. Akhirnya, banyak laptop yang tiba-tiba hang, not responding, lemot/lambat bahkan crash karena kelebihan beban aplikasi dan tidak melihat kemampuan laptop. Hal ini tentu saja mengganggu aktifitas kerja anda, terlebih jika pekerjaan itu menuntut untuk segera diselesaikan.

Mengatasi laptop hang itu ibarat kita bersih-bersih, mulai dari aplikasi, software, bahkan driver serta tool-tool yang tidak diperlukan. Selain itu, melakukan cek up pada hardware juga amat penting dilakukan. Nah, saya sendiri pernah mengalami laptop hang di windows 7 terutama pada saat internetan. Padahal secara keperluan saya hanya menginstal beberapa software yang saya butuhkan, karena pekerjaan hanya berkutat pada microsoft office, design dan browsing. Selidik punya selidik, ternyata masalah pada terlalu banyaknya addons yang saya instal pada browser. Hmmm,,, saya pun menguninstal addons2 tersebut.
Kali ini saya akan share beberapa tips dan trik cara mengatasi laptop hang yang berasal dari pengalaman sendiri dan beberapa sumber online. cara yang akan saya sampikan ini mudah dan bisa langsung dicoba.

Cara Mengatasi Laptop Hang Tanpa Ribet, Coba Saja!

cara mengatasi laptop hang
Cara Mengatasi Laptop Hang Tanpa Ribet

Cara Mengatasi Laptop Hang Karena Memori RAM Kecil

cara mengatasi laptop hang karena ram kecil
Memori RAM laptop berkapasitas kecil memiliki potensi untuk hang atau crash. Biasanya pengguna laptop awam tidak melihat spesifikasi laptop yang dimilikinya. Ketika bergaul dengan teman sebaya, melihat berbagai aplikasi menarik, dia ingin memilikinya juga, sehingga banyak aplikasi yang terinstal. Akibatnya laptop tidak kuat menjalankan multitasking sehingga hang.
Cara mengatasinya mudah, pertama coba cek dulu spesifikasi laptop, terutama kapasitas RAM, jika kapasitas RAM 1GB, maka coba upgrade minimal 2 GB atau pilih aplikasi yang penting saja sesuai kebutuhan. Jika menginginkan aplikasi edit foto dsb, coba cari yang portable saja.

Cara Mengatasi Laptop Hang Karena Banyak Startup Program Berjalan

Starup program dan service yang berjalan disaat menyalakan laptop pertama kali ini juga bisa membuat laptop hang. Kenapa? karena banyaknya program yang terinstal dan kemudian melakukan starup diawal windows tampil. Biasanya program-program seperti antivirus (smadav, avast, dll), program update (adobe, IDM dll), dan tool-tool yang disetting muncul pada saat startup.
Cara mengatasi hal tersebut cukup mudah, yakni menggunakan system configuration yang ada pada semua windows, baik itu XP, 7, 8, atau 10. Langkah-langkahnya mudah :
1. Tekan Tombol Windows+R – Kemudian Ketik msconfig – Pilih service – Uncheck pada aplikasi yang tidak diperlukan.
2. Pilih starup – Uncheck juga pada aplikasi yang tidak diperlukan – Kemudian Klik OK
cara mengatasi laptop hang saat starup

Cara Mengatasi Laptop Hang Karena File Temporary Terlalu Banyak

File temporary yang terlalu banyak ini juga bisa menyebabkan laptop hang atau crash secara mendadak. Hal ini dipicu karena sebelumnya kita melakukan berbagai aktifitas multitasking dan historynya tersimpan pada file temporary. Baik itu dalam hal instal dan uninstal, menghapus dan memindahkan, dan berbagai hal lainnnya.
Cara mengatasinya juga mudah, cukup menggunakan program disk cleanup yang sudah ada di windows untuk menghapus file temporary. Langkah-langkahnya :

Tekan Tombol Windows+R –  Ketik cleanmgr – pilih drive – tunggu sampai proses cleanup selesai.

laptop hang karena file temporary terlalu banyak

Cara Mengatasi Laptop Hang Karena Banyak Program Security (Antivirus dan Firewall)

Program security pada laptop baik itu antivirus atau firewall memang penting untuk mengantisipasi virus dan serangan-serangan DDOS. Dalam hal ini, terkadang pengguna sering menginstal lebih dari 2 atau 3 antivirus sekaligus pada laptop. Hal ini menimbulkan masalah serius pada kinerja laptop sehingga berakibat pada laptop sering hang atau crash sendirinya.
laptop hang karena banyak program antivirus
Cara mengantisipasi hal seperti ini, dari pengalaman saya dan disarankan oleh beberapa orang. Untuk antivirus anda bisa menginstal smadav dan avast dalam 1 laptop. Untuk download smadav bisa kunjungi websitenya di http://www.smadav.net/ dan untuk avast kunjungi https://www.avast.com/id-id/index. Saya sendiri menggunakan versi free untuk keduanya, kemudian saya kombinasi dengan program ccleaner.

Cara Mengatasi Laptop Hang Karena Hardisk Aus

Hardisk lama kelamaan terpakai dan mulai terfragmentasi karena seringnya penggunaan laptop. Dalam hal ini, hardisk akan aus dan bahkan bisa rusak, gejalanya mulai dari laptop restart sendiri, mati sendiri bahkan hang.
Cara menjaga agar tidak sampai aus meskipun nantinya juga aus, paling tidak bisa memberikan waktu lebih lama. Caranya yakni melakukan defragment 2 minggu atau 1 bulan sekali. Langkah-langkah melakukan defragment hardisk sebagai berikut :

Klik start menu – Pilih Accesories – System tool – Disk Fragmenter – Ikuti langkah selanjutnya

cara mengatasi laptop hang karena hardisk aus

Cara Mengatasi Laptop Hang Karena Overheat (Hardware Panas)

Laptop cepat panas atau overheat (baca: cara mengatasi laptop cepat panas) ini dapat mengakibatkan laptop hang atau not responding. Biasanya hal ini terjadi pada perangkat prosesor, hardisk, atau CPU. Laptop yang mengalami overheat biasanya akan langsung restart sendiri atau lambat dan akhirnya hang.
Cara mengatasi masalah ini biasanya melakukan pembersihan debu yang melekat pada laptop, mulai dari sirkulasi udara sampai fan yang berada di dalam laptop. Selain itu, jika dirasa masih kurang untuk mendinginkan laptop, gunakan cool fan USB port yang biasanya dijual di toko-toko komputer. Untuk pengguna laptop asus mungkin bisa lega, karena terdapat teknologi ice cool sehingga menjaga laptop tetap dingin dan dipastikan jarang mengalami overheat.

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Internetan

cara mengatasi laptop hang saat internetan
Saat internetan laptop hang? mungkin ingin membanting laptop rasanya. Hal ini bisa terjadi lantaran disebabkan mulai dari trafik jaringan internet tinggi, atau adanya virus (biasanya trojan) yang ingin mengelabuhi laptop melalui download dan lain-lain.
Cara mengatasinya anda bisa mencopot kabel koneksi RJ45 pada portnya, lalu restart router wifi atau matikan wifi. Kemudian tancapkan lagi kabel RJ45 dan nyalakan wifi lagi (baca: cara mengatasi laptop tidak konek wifi). Selain itu, uninstal addons yang mencurigakan dari extension, kemudian gunakan browser terupdate atau terbaru. Untuk masalah download hati-hati jika download melalui sumber yang tidak terpercaya. Kemungkinan virus menyusupi pada saat anda download itu ada.

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Main Game

cara mengatasi laptop hang saat main game
Saat main game laptop hang? ini kemungkinan besar terjadi karena beberapa hal, mulai dari overheat, RAM tidak mencukupi. konflik pada hardware, dan tegangan listrik menurun. Untuk masalah tegangan listrik menurun biasanya terjadi akibat listrik mati mendadak atau ada penurunan daya. Laptop yang dipakai game, biasanya pengguna langsung menggunakan adaptor untuk menyalakan laptop tanpa memasang baterai, hal ini untuk menghindari baterai rusak atau kembung. Namun, hal ini juga bisa membuat laptop hang bahkan rusak jika tiba-tiba tegangan turun atau listrik mati.
Cara mengatasinya, jika laptop mulai overheat, maka pasang fan usb tambahan atau kondisikan bermain game di tempat yang sejuk. Cek hardwarenya yang menyebabkan konflik, mungkin tidak compatible. Pasang stabilizer untuk mengantisipasi penurunan daya listrik, selain itu lakukan pembersihan laptop secara rutin.

Tutorial mengatasi laptop hang dari youtube.com bisa anda coba juga, berikut ini videonya :
Cara mengatasi laptop hang di atas bisa anda gunakan pada windows xp, windows 7, windows 8 bahkan windows 10. Sebenernya banyak permasalahan hang sebuah laptop, mungkin pada saat baru dinyalakan laptop langsung hang, saat booting, saat internetan, saat restart windows, saat main game, atau bahkan pada saat shutdown sehingga menunggu laptop mati saja menjadi lama.
Demikian ulasan artikel tentang cara mengatasi laptop hang tanpa ribet, boleh anda coba sekarang. Sebenarnya jika pengguna mau lebih mengerti dan belajar mengenai laptop yang dimilikinya. Mungkin dia tidak akan memaksakan laptop untuk menampung banyak aplikasi atau beban kerja yang melebihi kekuatan spesifikasi yang dimilikinya. Semoga informasi ini dapat membantu mengatasi permasalahan anda. Terima kasih.
Sumber : http://panduankomputer-laptop.blogspot.com/2016/11/cara-mengatasi-laptop-hang-tanpa-ribet.html
Nama : Reza Febianto
Asal: SMKN 1 Bawang

Pengertian dan Fungsi VGA Card

Pengertian dan Fungsi VGA Card

Pengertian dan Fungsi VGA Card – Banyak para pengguna komputer ataupun laptop sering bertanya tentang pengertian dari Kartu Grafis atau biasa kita sebut dengan VGA Card. Biasanya para gamer membutuhkan Kartu Grafis yang bagus dan besar kapasitasnya. Dan artikel kali ini akan membahas tentang Pengertian, Fungsi sampai Jenis-jenis VGA. Anda juga bisa membaca artikel sebelumnya yaitu Pengertian dan Fungsi Scanner, Pengertian dan Fungsi Power Supply serta Pengertian dan Fungsi RAM. Untuk pengetahuan lainnya Anda juga bisa membaca artikel Definisi Perangkat Keras Komputer.

pengertian dan fungsi vga card
VGA Card

PENGERTIAN VGA CARD (KARTU GRAFIS)

VGA kepanjangan dari Video Graphics Acceleratoryang berfungsi mengolah data graphis untuk ditampilkan pada layar monitor, VGA juga memiliki prossesor yang di sebut GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory.

VGA adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.

Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.
Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.
FUNGSI VGA CARD

Fungsi VGA Card atau Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card adalah berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk menggambar atau design graphic ataupun untuk bermain game.

JENIS-JENIS VGA CARD
Kartu VGA ISA adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus yang masih bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit
Kartu VGA EISA adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yang adalah 32-bit sistem I/O
Kartu VGA PCI adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang adalah 32-bit atau 64-bit sistem I/O
Kartu VGA AGP adalah jenis kartu VGA yang ditancapkan pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang adalah 128-bit atau 256-bit sistem I/O
Kartu VGA PCI Express (PCIe) adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang adalah berangkaian seri sistem I/O nya dengan kecepatan transfernya adalah mencapai hingga 32 GByte/s
Kartu VGA sekarang ini sudah mempergunakan Graphic Accelerator chipset yang merupakan chipset terbaru dimana sudah memiliki kemampuan akselerasi tiga dimensi (3D) yang terintegrasikan pada chipset yang dimilikinya. Selain kartu VGA sekarang ada peripheral komputer pendukung yang dinamakan 3D Accelerator yang mana fungsi dari akselerator 3D ini adalah untuk mengolah atau menterjemahkan data gambar 3D secara lebih sempurna dan lebih optimal.

Demikianlah artikel tentang Pengertian dan Fungsi VGA Card, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

 

sumber : http://www.solusikompi.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-vga-card.html

Sejarah dan Jenis-jenis System Operasi MACINTOSH

Sejarah dan Jenis-jenis System Operasi MACINTOSH

 Sejarah MACINTOSH
Macintosh (atau disingkat Mac) adalah salah satu jenis PC berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple Computer.
Dinamakan McIntosh, yang merupakan jenis apel yang disukai Jef Raskin, Macintosh diluncurkan pada Januari 1984 dengan sebuah iklan Super Bowl yang sangat terkenal. Mac adalah komputer pertama yang mempopulerkan graphical user interface (antarmuka pengguna grafis/GUI), yang pada waktu itu sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia perkomputeran desktop.
Jenis-jenis Macintosh
• 1984: Macintosh 128K, Macintosh 512K
• 1986: Macintosh Plus
• 1987: Macintosh II, Macintosh SE
• 1988: Macintosh IIx
• 1989: Macintosh SE/30, Macintosh IIcx, Macintosh IIci, Macintosh Portable
• 1990: Macintosh IIfx, Macintosh Classic, Macintosh IIsi, Macintosh LC series
• 1991: Macintosh Quadra, PowerBook
• 1992: Macintosh IIvx, PowerBook Duo
• 1993: Macintosh Centris, Color Classic, Performa, Macintosh TV
• 1994: Power Macintosh
• 1997: Power Macintosh G3, PowerBook G3, Twentieth Anniversary Macintosh
• 1998: iMac
• 1999: iBook, Power Macintosh G4
• 2000: Power Mac G4 Cube
• 2001: PowerBook G4
• 2002: eMac
• 2003: Xserve, Power Mac G5, iMac G4
• 2004: iMac G5
• 2005: Mac mini
     Versi pertama dari Mac OS mudah dibedakan dengan sistem operasi yang lain dari periode yang sama, karena tidak menggunakan sebuah command line interface, Macintosh merupakan sistem operasi yang pertama menggunakan interface ke pemakai yang seluruhnya grafis. Ditambah inti system (kernel) adalah Finder, suatu aplikasi manajemen file, yang mampu menampilkan tampilan Desktop.
    Versi ini hanya bisa menjalankan satu aplikasi pada waktu yang sama, meski demikian aplikasi shell khusus seperti Switcher bisa bekerja di sistem ini sampai level tertentu. Sistem 1.0, 1.1, dan 2.0 menggunakan suatu sistem file yang sama, dengan satu “kludged” level folder (tidak ada sub folder), Macintosh File System (MFS), dukungannya terhadap subdirektori tidak sempurna. Baru pada Sistem 2.1 (Finder 5.0) yang memperkenalkan HFS (Hierarchical File System) yang mempunyai direktori riil. Sistem 3.0 yang diperkenalkan pada Mac Plus, menambahkan dukungan untuk beberapa teknologi baru yang mencakup protokol AppleTalk (untuk koneksi jaringan) dan SCSI, memperkenalkan “Trash” untuk tempat file-file yang telah dibuang (di-delete). Sistem 4.0 tampil pada Macintosh II dan Mac SE.
    Perubahan di awal sistem operasi Macintosh yang terbaik dicerminkan pada versi Finder, di mana terobosan-terobosan utama dan baru ditemukan antara versi 1.x, 4.x, 5.x, dan 6.x.
• System 1.0, Finder 1.0 (January 1984)
• System 1.1, Finder 1.1g (May 1984)
• System 2.0, Finder 4.1 (April 1985)
• System 2.1, Finder 5.0 (September 1985)
• System 3.0, Finder 5.1 (January 1986)
• System 3.2, Finder 5.3 (June 1986)
• System 3.3, Finder 5.4 (January 1987)
• System 3.4, Finder 6.1
• System 4.0, Finder 5.4 (March 1987)
• System 4.1, Finder 5.5 (April 1987)
  Mac OS bukan yang pertama menerapkan tampilan grafis, tetapi ada yang lebih dulu sukses, yakni: Xerox. Hanya saja mereka tidak tertarik untuk mengembangkannya, karena tidak menguntungkan dan bukan bagian inti bisnis mereka.
    Sistem 1 memiliki tampilan desktop, jendela, icon, menggunakan sebuah mouse, menu, dan scrollbars. Terdapat satu folder system dan “Folder yang kosong” (Empty Folder), untuk membuat Folder yang baru dapat mengubah nama dari Empty Folder maka suatu Empty Folder pengganti akan dengan seketika muncul.
     Sistem 2 mampu membuat Finder melakukan kerja duapuluh persen lebih cepat. Perintah Close All dan Put Back dihapuskan, Shutdown dan New Folder ditambahkan, disk sekarang dapat dikeluarkan dengan men-drag icon-nya ke Trash, sebagai ganti perintah Eject Disk dan kemudian men-drag icon-nya ke Trash. List View yang tidak dalam struktur ditambahkan, di mana item di dalam suatu folder disusun secara vertikal dengan icon kecil. Apabila aksesori Choose Printer ditambahkan, maka akan secepatnya masuk dalam Chooser.
    Sistem 3 meningkatkan kecepatan Finder. Hierarchical File System (HFS) menggantikan Macintosh File System (MFS) dari Systems 1 dan 2 – folder-folder akan terlihat didalam folder (sebagai subfolder). Kotak Zoom ditambahkan di ujung sebelah kanan title bar window, meng-klik-nya akan membuat window berubah ukuran sesuai dengan isi folder, jika mungkin – meng-klik-nya lagi akan membuat window kembali ke ukuran sebelumnya. Icon Trash membesar ketika sesuatu ditaruh di dalamnya.
    Sistem 3.1 meningkatkan sedikit performa.
    Sistem 3.2 memperbaiki tigapuluh bug. Calculator dibaharui sedemikian rupa sehingga onscreen keypad bisa digunakan menyerupai keypad kalkulator aslinya.
    Sistem 3.3 telah ditingkatkan untuk AppleShare (Macintosh file sharing model lama).
    Sistem 4 diperkenalkan pada Macintosh II dan Macintosh SE. Sistem 4 menambahkan dukungan multiple monitor
    System 4.1 menambahkan dukungan untuk disk drive 32 MB.
   Sistem 4.2 menerapkan MultiFinder – para pemakai bisa memilih antar Finder, yang hanya mendukung satu program pada waktu yang sama, dan MultiFinder, yang bisa mendukung berbagai program. “The Macintosh Finder” memperlihatkan alokasi memori yang digunakan untuk program-program yang terinstall.   Program Control Panel juga telah dimasukkan. Sistem 4.3 hanya upgrade layanan – memperbaiki bug dan update driver printer.
    Software sistem 5 (dikenal juga sebagai System 5 yang sederhana), Penambahan MultiFinder, suatu sistem tambahan, pengganti untuk Finder yang bisa menjalankan beberapa program sekaligus. Waktu diberikan kepada aplikasi yang bekerja di background hanya ketika aplikasi yang tampil didepan (dijalankan). Aplikasi-aplikasi berjalan dengan( co-operative multitasking), dan faktanya kebanyakan perubahan dilakukan melalui penanganan OS. Perubahan yang lain yang penting pada System 5 Mac adalah Color QuickDraw, sama dengan dengan Macintosh II. Ini mendasari perubahan rancangan desain arsitektur grafik termasuk APIs nya), tetapi ini merupakan suatu kredit ke Apple yang kebanyakan para pemakai, dan barangkali kode yang penting adalah sebagian besar tidak perduli pada hal ini.
    Software sistem 5 merupakan sistem operasi Macintosh yang pertama dari “Macintosh System Software” dengan versi nomor, penomoran digunakan untuk file Finder dan System.
• System Software 5.0 (System 4.2, Finder 6.0, MultiFinder 1.0)
• System Software 5.1 (System 4.3, Finder 6.0, MultiFinder 1.0)
    Cooperative multitasking debutan pertama Macintosh dibulan Maret 1985 dengan sebuah program yang diberi nama Switcher, mengijinkan user untuk meluncurkan berbagai aplikasi dan program pendukung lainnya. Meskipun begitu, banyak program dan tampilan yang tidak berfungsi baik dengan Switcher, karena ia tidak di launching dengan sistem operasinya sekaligus, karena lisensi SO harus diperoleh dari Apple secara terpisah. System software 6 itu sendiri lebih menonjolkan/memperkenalkan MultiFinder.
Multitasking di bawah System Software 6 adalah opsional — — startup bisa dijadikan MultiFinder atau Finder. Jika MultiFinder terpilih, Finder dan fungsi nya tetap berjalan, meskipun suatu aplikasi sedang berjalan. Multifinder environment mengijinkan User untuk melihat window program yang sebelumnya berjalan untuk melihat icon Finder seperti Trash, atau jendela dari aplikasi yang lain yang sedang berjalan di latar belakang.
• System Software 6.0 (System 4.4, Finder 6.1, MultiFinder 1.1 — version nomor dari System dan MultiFinder files telah dirubah ke 6.0 sebelum dirilis ke pasar)
• System Software 6.0.1
• System Software 6.0.2
• System Software 6.0.3
• System Software 6.0.4
• System Software 6.0.5
• System Software 6.0.6, never released
• System Software 6.0.7
• System Software 6.0.8 (identical to System 6.0.7, but configured with System 7.0 printing software for printer sharing with System 7)
• System Software 6.0.8L (only for Macintosh Classic, Classic II, PowerBook 100, Macintosh LC, LC II)
    Sistem 7 adalah perubahan yang paling besar bagi sistem perangkat lunak waktu itu. Sistem 7 menghapuskan isu Finder/MultiFinder – Finder Sistem 7 adalah MultiFinder yang mengubah multitasking agar lebih baik. Manajemen memori juga dapat memeriksa secara seksama 32 Mb memori, mengijinkan   Macs untuk gunakan lebih dari 8 MB RAM – terintegrasi ke dalam sistem operasi, Virtual Memory – menggunakan suatu bagian yang tak terpakai dari ruang harddisk untuk memori pengganti – ini merupakan hal pertama diterapkan di System 7.7. Networking viaAppleTalk dan berbagi file via AppleShare dibangun ke dalam sistem operasi, sebagai pilihan. Quicktime perangkat lunak multimedia juga merupakan hal pertama pada waktu ini – tetapi tersedia secara terpisah.
    Sebuah menu ditambahkan di sebelah kanan dan ujung dari Menu Bar – Application Menu, yang menunjukkan daftar program dan user yang diijinkan untuk mengakses. Kemudian ke application Menu dengan Help Menu. Trash berubah jadi sebagai suatu folder yang benar, artinya materi yang ditaruh disitu tinggal sampai perintah Empty Trash dipilih. Kemudian dicopy oleh Windows sebagai Shortcuts – lebih dulu muncul di System 7.7. Drag and drop – di mana suatu bagian yang terpilih dari teks bisa diseret dari satu bagian ke bagian yang lain, sebagai ganti copy dan paste. Finder Sistem 7 akhirnya mengambil kelebihan dari monitor warna – membuat beberapa elemen interface seperti tampilan 3 dimensi yang kecil.
    Sistem 7.0.1 memperbaiki beberapa bugs.
  Sistem 7.0.1 merupakan release produk yang spesial, (Performa-specific dengan System 7.0.1 mempermudah pemakai orang baru untuk menggunakan komputer apple. (Performa merupakan komitmen bagi komputer Apple’s selama beberapa tahun itu)
     Sistem 7.1 menerapkan folder Fonts sedemikian sehingga bisa mudah ditambahkan dan dipindahkan – sebelumnya mereka ditanam di dalam System- dan rencana Enabler – yang berarti model baru bisa diganti dengan suatu file Enabler sebagai ganti suatu versi minor untuk membaharui seperti Systems 6.0.1-6.0.8.
    Mac OS 8 merubah Finder. Finder akhirnya multithread (dapat melakukan running program lebih dari satu pada waktu yang sama). Multithreading juga berarti komputer itu dengan pengolah lebih dari satu akan mengalami hasil Finder yang lebih baik. Keseluruhan tampilan dari Finder dirubah agar terlihat lebih tiga dimensi. Penampilan Finder juga dibuat banyak lebih customize.. Para pemakai Personal Web Sharing pribadi diijinkan ke halaman web lokal di komputer mereka.
Mac OS 8.1 adalah yang paling mempopulerkan HFS+. Versi pengembangan dari Hierarchical File System ini yang diperkenalkan dengan System 3 membebaskan banyak ruang beratus-ratus megabytes – Space harddisk lebih besar dari 1 GB.
     Mac OS 8.1 juga merupakan versi yang mendukung 68K Macs, semua versi yang hanya bisa berjalan ditipe komputer PowerPC.
      Mac OS 8.5 yang diperkenalkan Sherlock, merupakan program pencarian tingkat lanjut yang digunakan di lokal driver, server jaringan, dan Internet. Mac OS 8.5.1 telah melakukan pengembangan/update. Mac OS 8.6 menambahkan suatu Find dengan pilihan Content ke Sherlock, manajemen catu daya yang ditingkatkan, dukungan terhadap FireWire dan USB.
      Multiple Users ditambahkan pada Mac OS 9,9, dimana user yang diijinkan untuk log in mempunyai setting configurasi mereka sendiri. Appletalk over TCP/IP juga diterapkan. User bisa meng-update software di internet, dan menginformasikan ke pemakai lain tentang update yang terbaru.
       Mac OS 9.0.2 dan 9.0.3 dipaketkan dengan model yang khusus.
     Pada Mac OS 9.0.4 semua paket yang pernah ada disatukan lagi, versi lama kompatibel dengan versi Mac OS X Public Beta.
       Mac OS 9.1 (cukup stabil) dengan beberapa peningkatan dan penambahan menu Window. Mac OS 9.2 hanya tersedia sebagai pre-install system, mulai dengan “QuickSilver” PowerMac G4 yang dirilis di musim panas tahun 2001. Mac OS 9.2.1 dilepaskan segera setelah dimainteance dan di perbaharui, serta direkomendasikan untuk tampilan Classic di Mac OS X 10.1. Mac OS 9.2.2, versi terakhir, dirilis dipenghujung tahun 2001, dengan meningkatkan performa tampilan Classic.
     Mac OS X 10.0 dan 10.1 justru me-minim-kan Classic tersebut.
     Mac OS X (baca: Mac OS Ten), diluncurkan pada tahun 2000.
    Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001.
    Karakter “X” adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, dimana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8 dan Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf “X” yang terdengar seperti “ex”. Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis UNIX dengan akhiran “x” (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix).
      Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standard, dengan perbedaan bahwa versi Server mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi workgroup dalam komputer berskala besar. Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda.
     Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X masuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya model contoh bagi pengembang deskop lain. Mac OS ini di luncurkan sekitar bulan Mei 2005 dengan kode nama Tiger dan versi 10.4.
      Tahapan-tahapan OS X:
• Mac OS X Server 1.0 code name: Rhapsody, dirilis: Maret 1999.
• Mac OS X Public Beta code name: Kodiak, dirilis: September 2000.
• Mac OS X 10.0 (update 10.0.1-10.0.2-10.0.3-10.0.4) code name: Cheetah, dirilis: Maret 2001.
• Mac OS X 10.1 (update 10.1.1-10.1.2-10.1.3-10.1.4-10.1.5) code name: Puma, dirilis: Oktober 2001.
• Mac OS X Server 10.1 (update 10.1.1-10.1.2-10.1.3-10.1.4-10.1.5) code name: Puma, dirilis: November 2001.
• Mac OS X 10.2 (update 10.2.1-10.2.2-10.2.3-10.2.4-10.2.5-10.2.6-10.2.7-10.2.8) code name: Jaguar, dirilis: Agustus 2002.
• Mac OS X Server 10.2 (update 10.2.1-10.2.2-10.2.3-10.2.4-10.2.5-10.2.6-10.2.7-10.2.8), dirilis Agustus 2002.
• Mac OS X 10.3 (update 10.3.1-10.3.2-10.3.3-10.3.4-10.3.5-10.3.6-10.3.7-10.3.8-10.3.9) code name: Panther, dirilis Oktober 2003.
• Mac OS X Server 10.3 (update 10.3.1-10.3.2-10.3.3-10.3.4-10.3.5-10.3.6-10.3.7-10.3.8-10.3.9), dirilis Oktober 2003.
• Mac OS X 10.4 (update 10.4.1-10.4.2-10.4.3-10.4.4-10.4.5) code name: Tiger, dirilis: April 2005.
• Mac OS X Server 10.4 (update 10.4.1-10.4.2-10.4.3-10.4.4-10.4.5) dirilis: April 2005.
• Mac OS X 10.5 dirilis (hampir) bersamaan dengan Windows Vista
sumber : http://ameliamitha.blogspot.co.id/p/jenis-jenis-system-operasi-macintosh.html