RSS

Agustus 13th, 2016 - 10:21 am § in kesehatan

Menjaga Kesehatan Bagi Web Developer

Hidup sebagai web developer bisa jadi rumit. Ketika sebagian besar waktu Anda dihabiskan dengan duduk di depan komputer dan membuat landing page dengan Elementor Pro murah, kebiasaan baik seperti makan bergizi, mengikuti rutinitas kebugaran, dan bahkan menjaga kesehatan mental Anda bisa hilang.

Namun, berusaha untuk makan dengan baik, tetap bugar, dan mempraktikkan perawatan diri dapat meningkatkan kualitas hidup Anda, baik di tempat kerja maupun di luar. Anda mungkin juga akan melihat manfaat yang memengaruhi pekerjaan Anda, seperti peningkatan fokus dan motivasi.

Dalam postingan ini, kami akan membahas beberapa tantangan untuk tetap sehat saat Anda bekerja dalam pengembangan web. Kemudian kami akan membagikan enam kiat utama untuk meningkatkan kesehatan Anda. Ayo mulai!

Tetap Sehat sebagai Web Developer

Ada banyak aspek dalam bekerja sebagai web developer yang menjadikannya sangat menantang untuk tetap sehat. Meskipun pekerjaan web developer sudah semakin mudah dengan adanya Elementor Pro Murah, masih perlu waktu berjam-jam duduk di depan komputer.

Banyaknya waktu yang dihabiskan di depan komputer dapat memengaruhi penglihatan dan pola tidur Anda. Ini juga dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk, yang dapat menyebabkan sakit punggung dan leher.

Pengembangan web bahkan dapat mempersulit pemeliharaan kesehatan mental Anda. Wirausaha dan jam kerja yang panjang dan menuntut dapat menyebabkan risiko depresi, kecemasan, dan kelelahan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, memperhatikan kesehatan fisik dan mental Anda adalah kunci saat Anda bekerja dalam pengembangan web.

Cara Tetap Sehat sebagai Web Developer

Setiap orang berbeda, yang berarti bahwa nasihat tentang kesehatan bukanlah satu ukuran untuk semua. Jika Anda mengalami masalah, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan mental (karena kami bukan keduanya).

Namun, sementara itu, tips dan trik di bawah ini dapat membantu Anda mulai membentuk kebiasaan yang lebih sehat.

#1. Gunakan Perencanaan Makanan untuk Meningkatkan Nutrisi

Banyak dari kita menjalani hari-hari kita makan apa pun yang kedengarannya enak, atau mencoba menyatukan ‘makanan’ sembarangan dari barang-barang acak yang kita ambil di toko bahan makanan. Tanpa perencanaan makan, hampir tidak mungkin untuk melacak apa yang Anda makan setiap hari.

Meskipun Anda dapat menemukan rencana makan online untuk diikuti, itu semudah membuatnya sendiri dari awal. Dengan begitu, Anda dapat menerapkan makanan yang Anda sukai sehingga berpegang teguh pada rencana Anda tidak terasa seperti tugas atau hukuman.

Oleh karena itu, pertimbangkan untuk menjadwalkan beberapa waktu dalam seminggu Anda untuk merencanakan makan, berbelanja bahan makanan, dan menyiapkan makanan. Anda dapat mencatat rencana makan Anda di atas kertas, di kalender, atau menggunakan alat apa pun yang Anda suka.

Untuk memulai, cukup catat apa yang akan Anda makan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam setiap hari. Anda bahkan dapat merencanakan makanan ringan Anda jika Anda mau. Pastikan saja nutrisi Anda sepanjang minggu seimbang – harus ada variasi dalam diet Anda, dan harus mencakup banyak makanan sehat.

#2. Jadwalkan Rutinitas Kebugaran Anda Agar Sesuai dengan Gaya Hidup Anda

Pengembangan web dapat menuntut waktu Anda. Sangat mudah untuk percaya bahwa Anda tidak memiliki ruang dalam jadwal Anda untuk berolahraga. Namun, biasanya ada lebih banyak waktu dalam sehari daripada yang Anda kira.

Menjadwalkan olahraga Anda dapat membuat Anda lebih mungkin muncul untuk mereka. Pertama, Anda perlu mencari waktu yang relatif nyaman bagi Anda. Misalnya, mungkin ada gym di dekat kantor Anda tempat Anda dapat berhenti dalam perjalanan ke atau dari kantor.

Mungkin Anda ingin berolahraga dan mengatasinya di pagi hari, atau Anda lebih memilih malam hari. Apa pun waktu yang Anda pilih, yang terpenting adalah mematuhinya. Berolahraga pada waktu yang sama setiap hari lebih efektif daripada berolahraga secara sporadis.

Memasukkan berbagai jenis kebugaran ke dalam jadwal Anda juga dapat membantu. Anda mungkin berencana untuk berlari pada hari Rabu dan melakukan perjalanan ke gym pada hari Jumat, misalnya. Ini lebih baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan menjaga rutinitas Anda tidak terlalu membosankan.

Terakhir, jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana dengan rutinitas kebugaran Anda atau Anda hanya membutuhkan akuntabilitas tambahan, pertimbangkan untuk menyewa pelatih pribadi. Hanya beberapa sesi dengan seorang profesional dapat membantu mengarahkan Anda ke arah yang benar. Selain itu, kemungkinan besar Anda akan muncul jika tahu ada seseorang yang menunggu Anda.

#3. Praktek Perawatan Diri untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Depresi dan kecemasan bisa melemahkan, dan berdampak pada pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda. Oleh karena itu, menerapkan rutinitas perawatan diri adalah kuncinya.

Pertama, pastikan untuk menetapkan batasan yang jelas di sekitar waktu Anda. Sangat mudah terbawa suasana dengan memeriksa email kerja Anda di luar jam kerja, atau mengambil proyek tambahan saat Anda sudah terlalu banyak bekerja. Berkomitmen untuk mempertahankan pekerjaan dan kehidupan pribadi yang terpisah akan memberi Anda kesempatan untuk bersantai.

Ini juga membantu untuk membuat dan menjaga hubungan yang berharga. Baik itu teman, orang terdekat, atau anggota keluarga, penting untuk memiliki seseorang yang dapat Anda ajak bicara tentang apa pun yang mungkin mengganggu Anda, terkait pekerjaan atau tidak.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa berinteraksi dengan orang lain secara teratur dapat mengurangi stres dan kecemasan. Menghabiskan waktu dengan orang lain dengan cara tertentu setidaknya sekali seminggu tidak hanya menghibur tetapi juga baik untuk pikiran Anda.

Terakhir, pertimbangkan untuk memulai praktik meditasi. Walaupun kelihatannya murahan, meditasi dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan Anda juga. Beristirahat lima belas menit selama hari kerja Anda untuk bermeditasi dapat membantu Anda kembali ke tengah, dan mengakhiri hari dengan kuat.

#4. Jauhkan Makanan dari Meja Anda untuk Menghindari Ngemil

Baik Anda bekerja dari rumah, di kantor, di kedai kopi, atau bahkan di ruang kerja bersama, Anda dapat dengan mudah membiasakan diri untuk ngemil secara teratur. Saat makanan mudah didapat, Anda akan sulit untuk tidak memakannya, terutama jika Anda terganggu oleh pekerjaan.

Solusi paling sederhana adalah menjauhkan makanan dari tempat kerja Anda. Anda bisa mulai dengan membersihkan laci makanan ringan di meja Anda. Jika Anda suka bekerja di kedai kopi, tinggalkan kartu kredit Anda di rumah dan bawalah cukup uang tunai untuk satu atau dua minuman.

Jika Anda benar-benar menjadi lapar di siang hari dan tidak hanya makan karena bosan atau kemudahan akses, rencanakan kapan Anda akan memiliki waktu camilan dan apa yang akan Anda makan. Lebih disukai yang melibatkan sesuatu yang sehat, seperti sepotong buah atau kacang-kacangan.

Ini akan membantu Anda menghindari ngemil lebih dari yang seharusnya, dan mencegah Anda makan tanpa berpikir. Makan di meja Anda juga dapat menurunkan produktivitas, jadi dengan sengaja makan di luar waktu makan adalah kuncinya.

#5. Lakukan Screen Break untuk Mengurangi Ketegangan dan Mengurangi Ketegangan Mata

Sebagai pengembang, Anda mungkin menghabiskan setidaknya delapan jam sehari untuk menatap komputer – lebih, karena Anda mungkin juga menggunakan layar di luar pekerjaan. Mengambil jeda layar sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

Pertama, jeda layar dapat membantu meminimalkan kemungkinan kerusakan penglihatan. ‘Computer Vision Syndrome’ atau ‘Digital Eye Strain’ dapat menyebabkan penglihatan kabur, mata kering, sakit kepala, dan nyeri leher dan bahu.

Sangat penting untuk mengambil istirahat secara teratur sepanjang hari untuk menghindari gejala ini dan efek jangka panjang lainnya. Setiap 20 menit atau lebih, lihat ke atas dari layar Anda dan fokus pada sesuatu di kejauhan selama sekitar 20 detik.

Selain itu, sebaiknya luangkan waktu 15 menit untuk setiap dua jam waktu pemakaian perangkat. Ini adalah kesempatan bagus untuk bangkit dan meregangkan tubuh atau berjalan-jalan sedikit. Istirahat singkat ini juga dapat membantu mencegah ketegangan menumpuk di leher dan bahu Anda.

#6. Pergi Berlibur atau Keluar untuk Mengisi Ulang

Di AS, kebanyakan orang tidak mengambil semua hari libur mereka, bahkan ketika mereka mendapat cuti. Kecenderungan kita untuk bekerja berlebihan dapat memiliki efek negatif yang serius pada kesehatan fisik dan mental kita, sehingga mengambil cuti menjadi suatu keharusan.

Tidak ada salahnya mengambil semua hari libur yang Anda berikan – untuk itulah mereka! Jika Anda seorang pekerja lepas atau tidak mendapatkan bayaran, masih ideal untuk memasukkan waktu liburan ke dalam jadwal dan anggaran Anda.

Liburan telah terbukti menurunkan risiko serangan jantung dan stroke, serta meningkatkan kesehatan mental dan produktivitas. Dalam jangka panjang, mengambil cuti dapat membantu meningkatkan karir Anda dengan membuat Anda tetap sehat, daripada membuat Anda mundur.

Penelitian juga menunjukkan bahwa waktu yang dihabiskan di luar dapat membantu mengisi ulang baterai Anda. Waktu di alam dapat meningkatkan daya ingat jangka pendek, mengurangi kelelahan, dan peradangan, meningkatkan kreativitas dan fokus Anda, serta memiliki manfaat kesehatan lainnya.

Anda mungkin menghabiskan hari-hari liburan Anda dengan bepergian ke Taman Nasional atau lokasi serupa. Atau Anda bisa meluangkan waktu selama akhir pekan untuk keluar dan berjalan-jalan sebentar. Menghabiskan waktu di luar ruangan adalah cara terbaik untuk menjauh dari layar Anda dan meningkatkan kesehatan Anda.


Maret 13th, 2016 - 1:08 pm § in kesehatan

Cara Detoksifikasi Tubuh dan Turun Berat Badan

Kita telah terpapar pada semakin banyak bahan kimia dalam persediaan makanan kita, udara yang kita hirup, dan melalui banyak barang umum yang kita gunakan setiap hari, termasuk kosmetik dan pembersih rumah tangga. Di antara efek yang berpotensi merugikan, bahan kimia ini dapat menumpuk di sistem kit[...]


Januari 11th, 2016 - 12:38 pm § in kesehatan

Gejala Umum Gangguan Bipolar

Kita semua mengalami pasang surut, tetapi dengan gangguan bipolar (dulu dikenal sebagai depresi manik atau gangguan manik-depresif), puncak dan lembah ini lebih parah. Gangguan bipolar menyebabkan perubahan serius dalam suasana hati, energi, pemikiran, dan perilaku — dari puncak mania di satu ekst[...]


Desember 31st, 2015 - 2:02 am § in umum

Ulasan Akhir 10 Blog Sejawat

Blog No.1 Nama Pemilik Blog : Sudi Didi Wahyono Alamat Blog              : http://blog.unnes.ac.id/didicilacap/ Keunggulan              : Tampilan blog sudah menarik dan sudah terdapat profile pemilik blog Kelemahan               : Pada link blog teman atau bu[...]


Desember 23rd, 2015 - 2:00 pm § in Sosiologi SMA/MA

Materi Kelas XI: Integrasi dan Reintegrasi Sosial sebagai Upaya Pemecahan Masalah Konflik dan Kekerasan

  Integrasi berasal dari bahasa inggris “integration” yang berarti kesempurnaan atau keseluruhan. Integrasi sosial dimaknai sebagai proses penyesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memilki keserasian fun[...]


Desember 23rd, 2015 - 12:58 pm § in Sosiologi SMA/MA

Materi Kelas X: Fungsi Sosiologi dalam Mengenali Gejala Sosial di Masyarakat

     Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan, sebab tersusun secara sistematis, rasional, dan mempergunakan metode-metode yang akurat. Sebagai ilmu pengetahuan murni, sosiologi bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan ilmu pengetahuan tentang masyarakat. Sementara itu sebagai ilmu pengetahuan te[...]


Desember 23rd, 2015 - 12:14 pm § in Sosiologi SMA/MA

Materi Kelas X: Individu, Kelompok dan Hubungan Sosial

    Dalam sosiologi, individu merupakan unit terkecil pembentuk masyarakat. Hal ini berarti individu juga bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisah lagi menjadi bagian yang terkecil. Sebagai contoh, suatu keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Ayah merupakan individu d[...]