Stadium General : “The Use of Schoolbook as An Educational Online Portal Utilized for Teaching, Learning, and Research”

        Pada hari Selasa tanggal 12 September 2017 pukul 09.00 WIB, saya mengikuti Stadium General di Gedung C7 Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Acara Stadium General tersebut merupakan acara  rutin tiap tahun yang diselenggarakan oleh jurusan Pendidikan Sosiologi Antropologi Universitas Negeri Semarang dalam penyambutan mahasiswa baru jurusan Sosioligi dan Antropologi. Pada kegiatan Stadium General tersebut menghadirkan seorang pembicara yang berasal dari  Philipina yaitu Prof. Luis Carmelo L Buenaventura, PhD dimana beliau merupakan seorang dosen jurusan Soisologi dan Antropologi di De La Salle University, Philipina dengan mengangkat tema yang sangat menarik yaitu  “The Use of Schoolbook as An Educational Online Portal Utilized for Teaching, Learning, and Research”.

            Prof Luis Carmelo L Buenaventura, Ph. D lebih suka dipanggil dengan sebutan Doc B oleh mahasiswa jurusan Soisologi dan Antropologi di De La Salle University yang dianggapnya lebih akrab daripada memanggil dengan sebutan Prof Luis yang dinilainya lebih formal. Doc B  juga dapat berbicara bahasa Indonesia dengan baik karena ternyata istrinya adalah orang Indonesia dan salah satu  alumni Universitas Negeri Semarang.

         Dalam acara Stadium General yang saya ikuti, Doc B membahas dan memapaparkan mengenai penggunaan Schoolbook portal online pendidikan yang digunakan untuk pengajaran, pembelajaran dan penelitian. Schoolbook merupakan sebuah aplikasi yang digunakan khususnya oleh para dosen dan mahasiswa di De La Salle University dengan tujuan mengurangi penggunaan kertas karena dengan penggunaan kertas secara berlebihan akan menimbulkan dampak yang berlebihan pula. Schoolbook juga memiliki tujuan yang baik yaitu untuk menjembatani kesenjangan keluarga di antara siswa, fakultas, dan staf. Schoolbook dibuat dengan menggunakan sistem seperti facebook, namun sistem ini lebih formal. Schoolbook berfungsi sebagai sistem manajemen pembelajaran dimana guru membuat kelas elektronik (E-class) untuk berbagi materi pembelajaran dan merancang kegiatan pembelajaran online. Adanya Schoolbook ini, pihak universitas bermaksud untuk membangun dan memelihara komunitas online pelajar seumur hidup.

            Menurut Doc B dalam E-Class ini ada kelas kebijakan dimana ada dua jenis mode pengiriman yang dapat digunakan dalam subjek apapun. pertama adalah mode kursus yaitu pembelajaran sebagaian besar dilakukan secara ttap muka antara dosen dan mahasiswa di dalam kelas. Schoolbook digunakan sebagai alat komunikasi dan pembagian sumber daya melalui penggunaan pengumuman atau fitur berita, perpesanan, obrolan atau penyerahan tugas. Semua fakultas harus menyediakan web kehadiran untuk semua mata pelajaran. Alternatif kelas juga dapat dilakukan dengan E-Class. Kemudian yang kedua yaitu pengiriman mode campuran. Dimana 50% digunakan untuk kegiatan pembelajaran secara online dan 50% digunakan untuk pembelajaran secara tatap muka antara dosen dan mahasiswa di dalam kelas.

       Schoolbook ini memiliki kelebihan bagi mahasiswa, dosen, dan orang tua. Kelebihan schoolbook  bagi dosen dan mahasiswa yaitu meningkatkan konsep belajar, meningkatkan pembelajaran dan klarifikasi dari konsep yang sudah dibahas di dalam kelas melalui komunikasi yang efektif antara guru dan siswa. Mahasiswa juga dapat merasakan adanya umpan balik oleh dosen  mengenai prestasi akademik. Kelebihan schoolbook bagi orang tua yaitu orang tua dapat mengewasi anak mereka dalam perkuliahan yang didasarkan pada penilaian online sehingga anak tidak dapat membohongi orang tuanya, baik itu dalam prestasi dan nilai akademik maupun kehadiran anaknya dalam perkuliahan tersebut.

           Selain memiliki beberapa kelebihan, schoolbook ini juga memiliki beberapa kekurangan antara lain: muculnya kemalasan dari mahasiswa yang kemudian mengerjakan tugas deadline, terdapat banyak alasan yang tidak berdasar seperti sinyal lemah, adanya kecenderungan besar untuk menjiplak tulisan orang lain, dan terlalu terbuka bagi mahasiswa karena orang tua dapat mengetahui nilainya.

          Dari tema yang diangkat dalam acara Stadium General tersebut, menurut saya sangat menarik sekali. Karena saya dapat mengetahui bahwa ternyata sudah ada sistem yang cukup canggih untuk menunjang proses pembelajaran dengan sistem yang cukup modern di era sekarang. Selain itu, adanya Schoolbok tersebut dapat memberikan inovasi di berbagai universitas untuk ikut menerapkan adanya E-Class.

           

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

Skip to toolbar