Globalisasi Nilai

Haii semua.. kali ini saya memposting tugas kuliah saya di semester 1 yaitu tugas Mata Kuliah Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi mengenai Globalisasi Nilai

                Adanya globalisasi sekarang membawa pengaruh besar dan begitu kuat. Pengaruh tersebut membuat banyak orang kehilangan kepribadian diri sebagai bangsa Indonesia, terutama bagi generasi muda yang sudah mulai muncul gejala-gejala hilangnya nilai-nilai yang ada dalam dirinya karena sekarang banyak anak muda yang lebih cenderung menjadi orang lain dari pada menjadi dirinya sendiri seperti halnya dalam berpakaian dan berpenampilan mereka cenderung lebih meniru cara berpakaian dan berpenampilan seperti orang-orang barat, dari hal itu bisa dilihat bahwa mereka lebih suka menjadi orang lain daripada menjadi dirinya sendiri, kemudian kurangnya sikap dan sopan santun terhadap orang lain, padahal dulu orang-orang Indonesia terkenal dengan sopan santun dan tutur kata bahasa yang baik. Namun kini, moral atau perilaku anak-anak di Indonesia sebagai penerus bangsa sangat memprihatinkan. Banyak sekali perilaku-perilaku menyimpang yang kian marak terjadi di Indonesia. Penyimpangan-penyimpangan tersebut sebagian besar dilakukan atau dialami oleh anak remaja. Penyimpangan yang dilakukan biasaya seperti, free sex, narkoba, dan lain-lain. Selain itu, muncul rasa ketidakpedulian terhadap orang lain dan terhadap nasib bangsa Indonesia.

         Globalisasi membawa pengaruh terhadap nilai dan moral bangsa Indonesia yang sesuai dengan pancasila. Kini masyarakat Indonesia memiliki pemahaman yang sangat berbeda jauh terhadap nilai-nilai pancasila. Sebagian banyak masyarakat Indonesia lebih memandang pancasila sebagai simbol dan lambing negara saja, karena sebagian dari mereka mulai melupakan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila itu sendiri. Dulu saja banyak anak-anak yang sudah hafal apa saja sila-sila pancasila namun kini umtuk menyebutkan sila ke-4 saja harus menyebutkan sila pertama terlebih dahulu.

              Selain itu, lunturnya nilai-nilai pancasila dalam kehidupan masyarakat juga terjadi pada para pemimpin bangsa Indonesia, dimana mereka memiliki sikap yang tidak sesuai dengan nila-nilai yang terkandung dalam pancasila. Pancasila pada masa itu hanya didengung-dengungkan, hanya sebagai wacana, hanya sebatas mata pelajaran, tetapi dalam praktek banyak terjadi pelanggaran, tindak pidana korupsi dan pelanggaran HAM, yang justru nyimpang dari nilai-nilai Pancasila. Pancasila hanya dijadikan sebagai alat kekuasaan. Padahal, selain pancasila sebagai dasar negara, pancasila juga dijadikan sebagai sumber hukum dan mengandung nilai-nilai yang sesuai dengan pribadi bangsa Indonesia.

            Masuknya arus globalisasi membuat banyak perubahan yang terjadi, bahkan sekarang batasan-batasan terhadap nilai dan norma kini seakan memudar. Jika kita tidak mampu memilih dan menyaring perubahan-perubahan yang terjadi  akibat arus globalisasi maka nilai dan moral bangsa Indonesia akan semakin rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco

Skip to toolbar