Aktivitas Rutin Pengajian Ibu-ibu di Kampung Condrokusumo dalam Konteks Sosiologi Agama (Pandangan Emile Durkheim)

Assalamualaikum para blogger. kali ini saya akan memposting tugas dari mata kuliah Sosiologi Agama. tugas ini berisi tentang aktivitas pengajian ibu-ibu disekitar rumah kemudian di analisis  dalam pandangan Emile Durkheim. selamat membaca…

Pengajian merupakan salah satu bagian dari ibadah keagamaan yang dilakukan oleh orang muslim sebagai mana juga wajib dilakukan walaupun tidak sewajib ibadah utama. Dalam hal ini saya akan mengkaji bagaimana pengajian rutin ibu-ibu yang ada di sekitar tempat tinggal saya yaitu kampung Condrokusumo semarang dalam konteks sosiologi agama.

Lanjutkan membaca

Dipublikasi di Tugas Kuliah | Tinggalkan Komentar

Kemiskinan Masyarakat Pedesaan Sukoharjo

Assalamualaikum para blogger. kali ini saya akan memposting tugas dari mata kuliah Sosiologi Indonesia. tugas ini berisi tentang analisis pada kemiskinan Masyarakat Pedesaan Sukoharjo. Selamat membaca yaa…

Kemiskinan dipandang sebagai keadaan diri seseorang atau sekelompok orang yang mengalami kekurangan. Orang disebut miskin apabila orang tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar. Secara umum kemiskinan dapat dibedakan kedalam dua bentuk, pertama kemiskinan absolut, dan kedua, kemiskinan relatif.

Lanjutkan membaca

Dipublikasi di Tugas Kuliah | Tinggalkan Komentar

Analisis “Suku Terasing” di Tengah Kota

Assalamualaikum para blogger. kali ini saya akan memposting tugas dari mata kuliah Pengantar Antropologi. tugas ini berisi tentang analisis mengenai Suku terasing di Tengah Kota. Selamat membaca yaa..

Pendapat saya mengenai artikel “Suku Terasing” di Tengah Kota yaitu bagaimana pentingnya ilmu Antropologi untuk perkembangan penelitian dimasyarakat ,khususnya di Indonesia .seperti halnya dalam artikel tersebut masalah dapat dikemukakan oleh Semiarto seorang Dosen Netropologi yang sengaja melakukan Penelitian di kawasan Cibubur , Semiarto mengatakan bahwa “Banyak pendatang yang kemudian tidak dapat mengikuti standar hidup ditengah kota , mereka tidakpunya akses kemanapun menjadi terasing” namun bagi Semiarto fenomena itu adalah suatu kewajaran , kondisi masyarakat selalu berkembang demikian juga dengan ilmu pengetahuan.

Lanjutkan membaca

Dipublikasi di Tugas Kuliah | Tinggalkan Komentar

Lembaga Sosial PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga)

Assalamualaikum para blogger. kali ini saya akan memposting tugas dari mata kuliah Lembaga Sosial. tugas kali ini menmberikan penjelasan dan contoh mngenai lembaga sosial yang ada disekitar lingkungan kita. selamat membaca ya…

Sejarah

Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai gerak pembangunnmasyarakat bermula dari seminar Home Economic di Bogor th 1957. Sebagai tindak lanjut dar Seminar tersebut, pada susunan pelajaran pada Pendidikan Kesejahteraan Keluarga(PKK), Kementrian Pendidikan bersama kementrian-kementrian lainnya menyusun 10 segi kehidupan keluarga.

Lanjutkan membaca

Dipublikasi di Tugas Kuliah | Tinggalkan Komentar

Masyarakat Multikultural

Assalamualaikum para blogger. kali ini saya akan memposting tugas dari mata kuliah Studi Masyarakat Indonesia. Tugas ini menjelaskan tentang Masyarakat multikultural yang ada di Indonesia. selamat membaca yaa..

Masyarakat Multikultural dapat disebut juga dengan masyarakat Majemuk , karena masyarakat multikultural sudah pasti masyarakat majemuk namun sebenarnya masyarakat majemuk dan multikultural dapat dibedakan adapun penjelasannya. Secara singkat masyarakat majemuk adalah masyarakat yang memiliki berbagai latar belakang yang beragam baik itu suku, agama, ras, serta golongan yang saling berbeda antara satu dengan yang lain.masyarakat ini masih umum dengan masyarakat lain dengan berbagai realitas sosial, konflik dan pertentangan dalam kehidupan mereka .

Lanjutkan membaca

Dipublikasi di Tugas Kuliah | Tinggalkan Komentar

Pengaruh Globalisasi Terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Assalamualaikum para blogger. kali ini saya akan memposting tugas dari mata kuliah Sosiologi Indonesia. tugas ini menjelaskan mengenai pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa khususnya bangsa Indonesia. selamat membaca…

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Istilah daripada kata globalisasi memiliki sejarah yang sangat menarik.
Sekitar dua puluh dua tahun yang lalu kata itu hampir tak pernah dipergunakan dalam dunia akademis maupun dunia pers. Dari awalnya kata tersebut tak dikenal, tapi sekarang kata globalisasi sangat akrab di telinga kita, muncul dimana-mana, baik dalam dunia akademis, bisnis, pers maupun dalam setiap pidato-pidato yang di lontarkan oleh orang-orang di abad sekarang ini.

Lanjutkan membaca

Dipublikasi di Tugas Kuliah | Tinggalkan Komentar

Auguste Comte Versus Pitirim Sorokin serta Masalah Kemajemukan Budaya

Assalamualaikum para blogger. kali ini saya akan memposting tugas dari mata kuliah Teori Sosiologi Klasik. dimana tugas ini menjelaskan mengenai masalah kemajemukan budaya dari para tokoh Auguste Comte Versus Pitirim Sorokin. selamat membaca…

PERSPEKTIF POSOTIVIS COMTE TENTANG MASYARAKAT

Kaum positivis percaya bahwa masyarakat merupakan bagian dari alam dan bahwa metode penelitian empiris dapat digunakan untuk menemukan hokum- hukumnya. Kebanyakan kaum postivis berasal dari kelompok yang progresif yang bertekad mencampakkan tradisi irrasional dan memperbaharui masyarakat menjadi lebih irasional.

Comte melihat masyarakat sebagai suatu keseluruhan organik, yang kenyataannya lebih daripada sekedar jumlah bagian- bagian yang saling tergantung. Metode penelitian empiris harus digunakan denagn kenyataan bahwa masyarakat merupakan bagian dari alam seperti halnya gejala fisik.

Lanjutkan membaca

Dipublikasi di Tugas Kuliah | Tinggalkan Komentar

Resensi Film North Country

assalamualaikum para blogger. kali ini saya akan memposting tugas dari mata kuliah sosiologi gender. tugas ini berisi resensi dari film north country dimana kita harus menganalisis film tersebut dari sudut pandang sosiologi gender…

Firlm North Country merupakan film yang mengisahkan tentang seorang perempuan yang memperjuangkan haknya sebagai perempuan, seseorang itu bernama Josey Aimes, ia tinggal di sebuah negara di kawasan kutub yaitu Minnesota Utara.

Lanjutkan membaca

Dipublikasi di Tugas Kuliah | Tinggalkan Komentar

Kajian Etnografi

Assalamualaikum para blogger. kali ini saya akan memposting dari tugas Etnografi. tugas ini berisi penjelasan kajian etnografi. selamat membaca..

  1. Pengertian Etnografi dan yang dimaksud dengan etnografi klasik, etnografi modern, dan Etnografi Baru.

Etnografi berarti tulisan atau laporan tentang suatu suku Bangsa,yang ditulis oleh seorang ahli Antropolog atas hasil penelitian lapangan yang berbentuk uraian atau gambaran tentang bangsa-bangsa di suatu tempat dan di suatu waktu. Gambaran bangsa-bangsa tersebut meliputi adat istiadat, susunan masyarakat, bahasa, peralatan yang digunakan, aktivitas ekonominya dan gambaran fisik bangsa tersebut, misalnya warna kulit, tinggi badan, rambut, bentuk muka dan sebagainya.

Lanjutkan membaca

Dipublikasi di Tugas Kuliah | Tinggalkan Komentar

Resiprositas Sebanding dalam Tradisi “Nyumbang” Semarang Kota

Assalamualaikum para blogger. kali ini saya akan memposting dari tugas mata kuliah Antropologi Ekonomi yang membahas mengenai resiprositas sebanding dalam tradisi nyumbang di kota semarang. selamat membaca ..

Pendahuluan

Masyarakat merupakan sekelompok manusia yang hidup berkelompok dalam waktu yang lama. Di zaman yang sudah modern, banyak masyarakat yang bersifat individualistis. Dan dari sifat individualistis yang mereka miliki, didalamnya juga terdapat heterogenitas yang melekat pada mereka. Heterogenitas merupakan sebagian dari keanekaragaman yang terjadi pada masyarakat kota, hal ini tidak menyurutkan mereka untuk melakukan resiprositas.

Lanjutkan membaca

Dipublikasi di Tugas Kuliah | Tinggalkan Komentar