Social Sciences

we learn about you and we share it to you

Ulasan Akhir 10 Blog Sejawat

Dalam artikel ini penulis akan memaparkan beberapa ulasan dari penulis mengenai beberapa blog teman khususnya di jurusan Sosiologi dan Antropologi yang bertujuan untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Praktek Laboratorium. Berikut beberapa ulasan blog teman sejawat : Read more…

posted by Maharani Elma in Uncategorized and have No Comments

Materi Antropologi Kelas XII Bab 4 : Karya Ilmiah Dan Metode Penelitian Antropologi

Karangan-Ilmiah

a. Pengertian karya ilmiah

Menurut Eko Susilo (1995:11), karya ilmiah merupakan suatu karangan atau tulisan yang diperoleh dari keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, dan penelitian dalam bidang tertentu yang disusun berdasarkan metode tertentu dan sistematis dengan menggunakan bahasa penulisan yang santun, serta isinya dapat dipetanggungjawabkan kebenarannya dan keilmiahannya.

Karya dapat disebut ilmiah apabila dalam prosesnya menggunakan metode ilmiah dan dibentuk dengan tujuan sebagai berikut :

Read more…

posted by Maharani Elma in Antropologi SMA and have No Comments

Materi Antropologi SMA Kelas XII Bab 3 : Relativitas, Ketahanan, Inovasi Dan Asimilasi Budaya

http://blog.unnes.ac.id/liasuprapti/wp-content/uploads/sites/611/2015/12/relativitas.jpg

Relativitas budaya

Secara epistemologis, relativisme budaya merupakan tanggapan terhadap etnosentrisme barat untuk mencegahnya agar tidak menimbulkan rasisme. Rasisme secara sederhana dapat diartikan sebagai kebencian suatu sukubangsa terhadap suku bangsa yang lain. Budaya antara daerah yang satu dengan lainnya itu berbeda dan tidak dapat dipandang sebelah. apa yang menurut masyarakat di suatu daerah baik belum tentu baik juga untuk masyarakatdi daerah lain. Maka dari itu terbentuklah nilai-nilai budaya yang bersifat relatif.

Read more…

posted by Maharani Elma in Antropologi SMA and have No Comments

Materi Antropologi Kelas XII Bab 2 : Proses Globalisasi Dan Strategi Mempertahankan Dan Memperkuat Nilai-Nilai Budaya Indonesia

Globalisasi

Pengertian
1. Globalisasi
Globalisasi berasal dari kata globalisasi yang berasal dari kata “global” yang artinya universal. Globalisasi merupakan suatu proses antar individu, antar kelompok, dan antar negara yang saling berinteraksi, bergantung, dan saling memengaruhi satu sama lain dengan batas negara. Sedangkan menurut para ahli, pngertian globalisasi adalah sebagai berikut :
a. Achmad Suparman, globalisasi merupakan suatu proses (benda atau perilaku) dari setiap individu yang tidak memiliki batas wilayah.
b. Emmanuel Ritcher, globalisasi merupakan sebuah jaringan kerja global yang secara bersamaan menyatukn masyarakat yang berada di penjuru dunia untuk saling ketergantungan dan mempersatukan dunia.

Read more…

posted by Maharani Elma in Antropologi SMA and have No Comments

Materi Antropologi Kelas XII Bab 1 : Kesetaraan Dan Hubungannya Dengan Perubahan Sosial Budaya

SET

1. Kesetaraan
Pada dasarnya kesetaraan sama halnya dengan kesederajatan. Kesetaraan sendiri berasal dari kata setara atau sederajat. Sehingga segala sesuatu yang sederajat tidak menunjukkan adanya tingkatan yang lebih rendah atau yang lebih tinggi. Kesetaraan dapat dilihat dari dua aspek, yaitu manusia dan sosialnya. Kesetaraan manusia merupakan kesetaraan yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa. Manusia diciptakan dengan tingkat atau kedudukan yang sama. Hal ini dikarenakan manusia merupakan makhluk yang mulia dan tinggi derajatnya dibandingkan dengan makhluk yang lain. Sedangkan kesetaran sosial merupakan kesetaraan yang bersifat personal. Di dalam masyarakat seseorang memiliki status yang sama, baik dalam mengajukan pendapat, kebebasan berbicara, memperoleh hak suara, mendapatkan perlindungan hukum yang sama, mendapatkan keamanan, dan lain sebagainya.

Read more…

posted by Maharani Elma in Antropologi SMA and have No Comments

Materi Antropologi Kelas XI Bab 5 : Metode Etnografi Dan Manfaatnya dalam Mencari Solusi Berbagai Permasalahan Sosial-Budaya

BB

Apakah anda tahu, apa itu etnografi??
Etnografi ditinjau secara harfiah berarti tulisan atau laporan tentang suatu suku bangsa, yang ditulis oleh seorang Antropolog atas hasil penelitian lapangan (fieldwork) selama sekian bulan atau sekian tahun. Penelitian Antropologis untuk menghasilkan laporan tersebut begitu khas, sehingga kemudian istilah etnografi juga digunakan untuk mengacu pada metode penelitian untuk menghasilkan laporan tersebut.
Istilah etnografi berasal dari kata ethnos yang berarti bangsa dan graphy yang berarti tulisan. Jadi, pengertian etnografi adalah deskripsi tentang bangsa-bangsa. Beberapa pendapat ahli antropologi mengenai pengertian etnografi sebagai berikut.

Read more…

posted by Maharani Elma in Antropologi SMA and have No Comments

Materi Antropologi Kelas XI Bab 4 : Perubahan Budaya dan Melemahnya Nilai-Nilai Tradisional

SW

Kebudayaan dan masyarakata adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Kebudayaan dihasilkan oleh masyarakat dan tidak ada masyarakat yang tidak berbudaya. Dengan kata lain, budaya ada karena adanya masyarakat dan dalam masyarakat pasti berbudaya. Setiap masyarakat tentunya akan mengalami perubahan, bahkan masyarakat yang kita anggap sebagai masyarakat yang tradisional dan stagnan sesungguhnya telah melalui tahap-tahap perubahan dalam kebudayaan yang mereka miliki. Perubahan budaya menekankan pada perubahan sistem nilai yang mengatur tingkah laku masyarakat. Perubahan kebudayaan di dalam masyarakat dipengaruhi oleh banyak factor, dan setiap masyarakat memiliki proses yang berbeda-beda dalam melalui perubahan kebudayaan. Perubahan kebudayaan di dalam masyarakat tentunya memiliki dampak negatif dan positif. Dibawah ini akan diuraikan tentang perubahan budaya dan melemahnya nilai-nilai tradisional.

Read more…

posted by Maharani Elma in Antropologi SMA and have No Comments

Materi Antropologi Kelas XI Bab 3 : Persamaan dan Perbedaan Budaya, Bahasa, Dialek, Tradisi Lisan yang Ada di Masyarakat Setempat

CEEEE

Manusia diciptakna Tuhan sebgai makhluk yang paling sempurna dan keistimewaan yang lain adalah sebagai makhluk social, dimana selalu berinteraksi dengan manusia yang lainnya, dalam kehidupannya manusia menggunakan suatu bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi. Hamper disetiap daerah memiliki bahasa masing-masing. Setiap daerah di Indonesia tentunya memiliki cirri khas bahasa, dan dialeknya. Bahkan untuk masyarakat juga memiliki tradisi lisan untuk dapat melanggengkan kebudayaannya. Dengan adanya perbedaan bahasa, dialek, dan tradisi lisan yang bisa dijadikan sarana belajar dan menghargai antara satu masyarakat dengan masyarakat lainnya di Indonesia. Dengan adanya bahasa kita juga dapat mengetahui perbedaan kondisi social budaya di suatu masyarakat.

Read more…

posted by Maharani Elma in Antropologi SMA and have No Comments
Lewat ke baris perkakas