Arsip Bulanan: Agustus 2016

Tips Melatih Mental Agar Percaya Diri

melatih mental, percaya diriTips Melatih Mental Agar Tampil Percaya Diri | Banyak orang yang mencari cara, tips, solusi atau metode yang tepat dan dianggap sesuai dengan diri mereka agar bisa memiliki mental yang kuat dan kepercayaan diri yang baik, tapi hal itu sulit untuk ditemukan. Mungkin Anda akan bertanya. Kenapa ada orang yang secara mudah memiliki mental yang kuat serta rasa percaya diri yang tinggi, seingga tidak merasa takut untuk berbicara didepan orang banyak, tidak merasa khawatir jika gagal dan juga berani untuk melakukan sesuatu tanpa ada rasa takut?

Mental sendiri merupakan bentuk kepribadian yang kuat dari seseorang dalam memperlihatkan segala kemampuannya. Mental pada diri manusia memiliki semua dari unsur jiwa yang meliputi emosi, pikiran, sikap, perasaan dan segala bentuk perbuatan yang dimilikinya. Ketika seseorang memiliki mental yang kuat dan baik, maka dia akan memiliki kualitas hidup yang baik.

Sedangkan rasa percaya diri merupakan suatu bentuk keyakinan akan kemampuan yang dimilikinya sendiri, tanpa adanya rasa takut, khawatir maupun jenis tekanan perasaan lainnya. Coba Anda bayangkan, ketika Anda memiliki mental yang kuat dan rasa percaya diri yang baik, maka Anda akan memiliki energi, atau semangat tersendiri dalam mewujudkan impian dan cita-cita Anda dengan baik.

Namun, tidak semua orang bisa memiliki mental yang kuat dan rasa percaya diri yang baik. Bahkan, didunia ini semua orang pernah mengalami rendah diri atau perasaan untuk tidak percaya diri dan mengalami tekanan perasaan seperti gelisah, minder, grogi, dan yang lainnya. Hal yang wajar ketika Anda mengalami mental blok, atau tekanan perasaan ketika Anda baru pertama kali melakukan hal itu. Yang menjadi tidak wajar adalah ketika Anda merasakan berbagai macam tekanan atau mental Anda selalu lemah padahal tidak ada penyebab yang pasti. Atau Anda yang memiliki berbagai macam skill, bakat, kemampuan serta berwawasan tinggi merasa minder, takut untuk melakukan hal yang mudah bagi diri Anda.

Jika Anda masih kesulitan untuk mendapatkan sebuah metode atau solusi untuk meningkatkan rasa percaya diri dan mengatasi mental Anda yang masih lemah….maka disini Anda akan mendapatkan solusi yang tepat untuk Meningkatkan Percaya Diri dengan Cepat dan Mengatasi Mental yang Lemah …yaitu dengan MEDIA BRAINWAVE.

Sebelum saya jelaskan bagaimana media brainwave ini bekerja dan apa itu brainwave, kami akan memberikan Anda beberapa perbuatan, tipa atau cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda dan mengatasi mental Anda yang saat ini masih lemah.

Berikut Cara Untuk Mendapatkan Rasa Percaya Diri Anda Dengan Cepat dan Mudah

  • Kenali rasa ketidaknyamanan yang Anda rasakan saat ini dan buanglah rasa yang membuat Anda tidak nyaman itu.
  • Jadilah diri sendiri dan jangan mencoba untuk meniru orang lain, jika Anda tidak punya kemampuan untuk meniru.
  • Gali kemampuan yang Anda miliki
  • Biasakan untuk melatih mental Anda, terutama dalam berbicara dan berpendapat
  • Pengetahuan yang luas dengan sendirinya mampu untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda
  • Jangan pernah takut untuk mencoba
  • Saat pertama kali melakukan akan terasa sulit, namun kesulitan itulah yang akan membuat Anda lebih percaya diri
  • Tidak mencoba untuk diam ditempat, karena tindakan yang Anda lakukan merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi percaya diri Anda yang lemah
  • Berpenampilan rapi, menarik dan sopan

Memang untuk mencapai sebuah tujuan dalam berkehidupan itu tidak ada yang mudah, cepat dan langsung tercapai, dibutuhkan kerja keras, niat, usaha untuk mencapai semua itu. Begitu pula untukĀ  meningkatkan rasa percaya diri Anda dan mengatasi mental Anda yang lemah. Jika Anda sudah melakukan tindakan diatas dengan baik, maka secara bertahap Anda akan mempunyai kemampuan untuk bisa lebih percaya diri.

Sumber :

Manfaat Percaya Diri Kelak Di Dunia Kerja

manfaat peracaya diri, peran percaya diri, percaya diri dalam dunia kerjaManfaat percaya diri dunia kerja,- Ketika kita menjadi mahasiswa mungkin akan menganggap bahwa peran percaya diri sangatlah kecil sekali. Namun bila Anda sudah memasuki dunia kerja, mungkin barulah Anda tahu betapa besarnya manfaat percaya diri nanti.

Pada dunia kerja yang penuh akan rasa saing tersebut, rasa percaya diri dapat menjadi modal utama untuk mencapai sebuah kesuksesan. Menurut W.H. Miskell (1939), percaya diri adalah kepercayaan akan kemampuan sendiri yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki, serta dapat memanfaatkannya secara tepat.

Ketika percaya pada kemampuan kita yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki, kita menjadi berani mempergunakan dan menunjukkannya di tempat kerja.

Orang yang percaya diri dapat berkembang lebih baik daripada orang yang tidak percaya diri. Orang yang tidak percaya diri cenderung berpikiran negatif tentang kemampuannya, sehingga membuatnya tidak bisa mengembangkan potensi-potensi yang ada. Jadi orang yang percaya diri terlihat lebih unggul daripada orang yang tidak percaya diri, padahal belum tentu kemampuan yang dimilikinya lebih baik.

Apa yang membedakan orang yang percaya diri dengan yang tidak? Apa yang membuat rasa percaya diri bisa menjadi modal mencapai kesuksesan? Untuk menjawab hal tersebut, ada beberapa hal yang dapat kita perhatikan.

Peran Percaya Diri Dalam Dunia Kerja

1. Percaya diri dapat menumbuhkan motivasi

Motivasi yang kuat dibutuhkan untuk mencapai sebuah kesuksesan. Terkadang sebuah tujuan dan cara mencapainya sudah terlihat jelas, namun tersamarkan karena kurangnya motivasi.

Orang yang percaya diri memiliki motivasi yang kuat, sehingga mereka akan memperjuangkan tujuan atau target mereka dengan sungguh-sungguh karena yakin dapat mencapainya.

2. Percaya diri membuat orang berpikir positif

Walaupun gagal meraih tujuan atau target, orang yang percaya diri tidak mudah menyerah karena mereka dapat berpikir positif terhadap segala sesuatu yang mereka hadapi.

Gagal tidak membuat mereka menyalahkan diri sendiri dan menyerah karena mereka yakin akan kemampuan yang mereka miliki. Hal tersebut membuat mereka mampu bangkit lebih cepat dibandingkan orang yang tidak percaya diri ketika mengalami kegagalan.

3. Percaya diri dapat membangun hubungan sosial yang baik.

Orang yang percaya diri dapat berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya dengan baik, dan dengan yakin akan kemampuannya, mereka dapat meyakinkan orang lain terhadap kemampuan yang dimilikinya. Hubungan sosial yang baik membuat mereka lebih diakui dibandingkan dengan orang yang tidak percaya diri.

Kesuksesan identik dengan status sosial yang lebih tinggi. Status sosial adalah tempat atau posisi seseorang di masyarakat, dalam dunia kerja dapat dilihat dari jabatan yang dimiliki seseorang. Dengan lebih tingginya status sosial yang dipunyai seseorang, maka bisa dikatakan orang tersebut lebih sukses dari orang yang mempunyai status sosial di bawahnya.

Peluang untuk mendapat status sosial lebih tinggi akan lebih besar ketika kita mempunyai rasa percaya diri yang tinggi. Dengan percaya diri, kita membuka kesempatan orang lain untuk memberi kepercayaannya kepada kita, karena tidak akan ada orang yang percaya pada kita jika kita saja tidak percaya kepada diri sendiri.

Jadi, kesiapan Anda menjadi orang sukses dapat dilihat dari seberapa besar rasa percaya diri Anda untuk menjadi orang sukses. Jika sudah mempunyai rasa percaya diri yang tinggi, Anda sudah melakukan langkah pertama menuju kesuksesan!

Semoga kita semua setelah lulus dari perkuliahan mampu untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Ayo tingkatkan rasa percaya diri untuk menyongsong masa depan yang cerah.

Tips Tampil Percaya Diri Di Depan Umum

cara agar tampil percaya diri didepan umum, tips tampil percaya diri saat presentasi, tips tampil percaya diri didepan orang banyak, tips tampil percaya diri didepan umumTips Tampil Percaya Diri Di Depan Umum | Percaya diri bagi seorang mahasiswa sudah tentu sangat diperlukan sekali. Mahasiswa yang memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi akan mampu menjalani suasana kuliah dengan mudah dan benar. Seperti saat akan memberikan presentasi depan dosen, saat menjadi moderator dalam diskusi, dan masih banyak lagi lainnya.

Itulah mengapa saya katakan bahwa kemampuan untuk tampil percaya diri didepan umum paling tidak harus menjadi modal utama mahasiswa. Akan tetapi kenyataanya tidaklah demikian, karena masih banyak mahasiswa yang memiliki percaya diri yang rendah serta mental yang lemah.

Memang tidak mudah untuk tampil lebih percaya diri, namun dengan banyaknya pengetahuan dan wawasan yang kalian miliki, Saya yakin akan bisa mengontrol diri kalian untuk tampil percaya diri. Biasanya, orang perpendapat bahwa rasa percaya diri pada diri manusia itu identik dengan sifat sombong dan egois, padahal pendapat seperti itu salah besar.

Perlu kamu ketahui, seseorang dengan rasa percaya diri yang baik itu memiliki karakter yang baik, karena mereka memiliki kemampuan, wawasan dan pengetahuan yang luas. Beda halnya dengan seseorang yang hanya lebih pada cari perhatian dengan sok percaya diri, mereka terkadang tidak memiliki pengetahun dan wawasan yang luas, sehingga hal itu mereja lakukan hanya mencari status sosial saja.

Ciri-ciri Orang yang Memiliki Percaya Diri Tinggi

Berikut Karakteristik Orang yang Memiliki Rasa Percaya Diri dengan Baik:

  1. Selalu bersikap tenang dalam menghadapi sesuatu
  2. Mempunyai potensi dan kemampuan yang memadai
  3. Mampu menetralisasi ketegangan yang muncul di dalam berbagai situasi
  4. Mampu menyesuaikan diri dan berkomunikasi di berbagai situasi
  5. Memiliki kondisi mental dan fisik yang cukup menunjang penampilannya
  6. Memiliki kecerdasan yang cukup
  7. Memiliki tingkat pendidikan formal yang cukup
  8. Memiliki keahlian atau keterampilan lain yang menunjang kehidupannya.
  9. Memiliki kemampuan bersosialisasi
  10. Memiliki latar belakang pendidikan keluarga yang baik
  11. Memiliki pengalaman hidup yang menempa mentalnya menjadi kuat dan tahan di dalam menghadapi berbagai cobaan hidup
  12. Selalu bereaksi positif dalam menghadapi berbagai masalah, misalnya dengan tetap tegar, sabar, dan tabah dalam menghadapi persoalan hidup. Dengan ini, adanya masalah hidup yang berat justru semakin memperkuat rasa percaya diri seseorang.

Lalu sekarang bagaimanakah caranya agar kita mampu tampil percaya diri? Dalam meraih apa yang kita inginkan didunia ini memanglah tidak mudah, semua membutuhkan usaha, kerja kerasa, dan pantang menyerah dalam menggapainya.

Cara Tampil Percaya Diri Di Depan Umum

Berikut ini adalah usaha yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan rasa percaya diri yang tinggi dan mampu untuk tampil lebih percaya diri. Simak saja berikut ini.

  • Kenali rasa ketidaknyamanan yang Anda rasakan saat ini dan buanglah rasa yang membuat Anda tidak nyaman itu.
  • Jadilah diri sendiri dan jangan mencoba untuk meniru orang lain, jika Anda tidak punya kemampuan untuk meniru.
  • Gali kemampuan yang Anda miliki
  • Biasakan untuk melatih mental Anda, terutama dalam berbicara dan berpendapat
  • Pengetahuan yang luas dengan sendirinya mampu untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda
  • Jangan pernah takut untuk mencoba
  • Saat pertama kali melakukan akan terasa sulit, namun kesulitan itulah yang akan membuat Anda lebih percaya diri
  • Tidak mencoba untuk diam ditempat, karena tindakan yang Anda lakukan merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi percaya diri Anda yang lemah
  • Berpenampilan rapi, menarik dan sopan
  • Berperan aktif dalam sebuah organisasi.

Daftar Pustaka :